BINUS UNIVERSITY

    Tips Aman Beraktivitas di Tempat Umum saat Pandemi Covid-19

    Dunia sedang dilanda pandemi virus corona yang mengakibatkan penyakit covid-19, tak terkecuali Indonesia. Sayangnya, hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit yang terbilang membahayakan ini. Vaksin menjadi satu-satunya cara pencegahan penularan, tetapi hingga kini masih belum diketahui kapan tersedia dan mulai bisa digunakan. 

    Efeknya, sudah pasti. Bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Mengurangi aktivitas di luar rumah demi menjaga dan melindungi diri dari paparan. Pasalnya, tidak hanya rentan menyerang lansia, terkadang penularan virus ini pun bisa terjadi pada remaja dan usia dewasa produktif, meski tubuh tidak menunjukkan gejala, dan inilah kelompok yang perlu kamu waspadai. 

    Tips Aman Beraktivitas di Tempat Umum

    Jawa Timur, termasuk Malang, menjadi area yang termasuk dalam zona merah. Artinya, penularan virus corona di Malang bisa dikatakan tinggi. Meski begitu, masyarakat terkadang tetap harus beraktivitas, begitu pula dengan kegiatan belajar mengajar, seperti kuliah. Beberapa dosen memutuskan untuk tetap mengadakan kelas, sisanya tetap mengikuti sistem pembelajaran secara daring. 

    Nah, agar kamu tetap terlindungi dan aman dari penularan virus corona, ikuti tips berikut ketika kamu harus beraktivitas di lingkungan kampus dan tempat umum.

    • Selalu Pakai Masker

    Kuliah

    Penularan virus corona terjadi secara cepat melalui batuk atau bersin bahkan sentuhan dari pengidap ke orang yang sehat. Oleh karena menyerang saluran pernapasan bagian atas dengan gejala yang sangat mirip flu, maka sebaiknya kamu selalu memakai masker ketika hendak beraktivitas di kampus maupun di tempat umum. 

    Bagi orang yang jarang memakai masker, aktivitas ini sudah pasti akan terasa kurang nyaman. Namun, masker menjadi alat pelindung terbaik yang bisa kamu gunakan untuk melindungi diri dari paparan. Pastikan kamu memakai masker dengan benar ya, yaitu menutup area hidung dan mulut, karena virus akan sangat mudah masuk melalui rongga hidung.

    • Hindari Keramaian dan Menjaga Jarak

    Kuliah

    Memang, tidak lengkap rasanya jika ke tempat umum atau kampus tanpa berkumpul dan bercengkerama dengan teman, terlebih jika kamu termasuk mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kampus. Namun, demi menjaga kesehatan dan terhindar dari penularan virus corona, sebaiknya hindari kegiatan yang melibatkan banyak orang.

    Pasalnya, kamu tidak tahu apakah temanmu termasuk orang tanpa gejala, atau mungkin baru saja bepergian ke daerah yang turut termasuk zona merah. Mungkin juga salah satu temanmu baru saja berinteraksi dengan orang yang dinyatakan positif covid-19. Sampai vaksin tersedia, hindari kegiatan kampus yang ramai dan melibatkan banyak orang, dan pastikan kamu selalu menjaga jarak aman, setidaknya satu sampai dua meter.

    • Cuci Tangan dan Bawa Hand Sanitizer

    Kuliah

    Tips berikut ini juga tidak kalah pentingnya. Mencuci tangan setiap kamu selesai beraktivitas, setelah menggunakan toilet, dan sebelum makan. Penularan virus bukan hanya terjadi melalui udara, tetapi juga sentuhan. Ini artinya, semua benda yang berada di sekitarmu di kampus sangat mungkin menjadi media penularan.

    Jadi, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan, menggunakan sabun dan air mengalir lebih diutamakan. Jika kamu tidak bisa menemukan sabun atau air mengalir, kamu bisa melakukan antisipasi dengan membawa hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Pun, Sesampainya di rumah atau kost, segeralah mandi dan berganti pakaian. 

    • Bawa Perlengkapan Makan dan Minum Sendiri

    Kuliah

    Tidak boleh ketinggalan, pastikan kamu membawa perlengkapan makan seperti sendok dan garpu serta botol minum sendiri. Mungkin terbilang merepotkan, terlebih bagi mahasiswa laki-laki yang tidak menyukai semua hal yang rumit. Namun, membawa perlengkapan makan dan minum sendiri akan membantu menghindarkan kamu dari menyentuh benda-benda yang mungkin berpotensi menularkan virus.  

    Kamu perlu tahu, meski dilakukan secara daring, kuliah di BINUS UNIVERSITY tetap memastikan semua mahasiswanya mendapatkan materi pembelajaran yang sama seperti ketika bertatap muka di kelas. Inilah yang membuat BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia. Terlebih, kurikulum pembelajaran di BINUS UNIVERSITY memiliki standar internasional guna mempersiapkan alumni terbaik untuk menghadapi persaingan global.