Bagi masyarakat dengan jiwa sosial dan kepedulian tinggi, membangun bangsa bisa dilakukan melalui berbagai strategi. BINUS UNIVERSITY pun punya cara sendiri dalam merealisasikan hal ini. Salah satunya adalah dengan program nonprofit TFI yang berfokus pada pendidikan dan pengembangan komunitas.

Sekilas tentang TFI BINUS UNIVERSITY 

Membangun Bangsa

Dibentuk secara resmi pada tanggal 8 Mei 2011, Teach for Indonesia (TFI) merupakan salah satu komunitas mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang menjalankan misi sosial. Seperti namanya, organisasi yang bersifat sukarela ini bergerak di bidang Pengajaran dan Pendidikan. Fokus utamanya adalah memberikan kontribusi bagi daerah-daerah di Indonesia yang masih memerlukan pembinaan edukatif.

TFI memahami jika pendidikan dan pengembangan komunitas merupakan hal penting yang tak dapat dipisahkan untuk pembangunan bangsa. Keduanya harus dapat diakses oleh semua orang tanpa kecuali.

Oleh karena itu, komunitas bentukan TFI berusaha untuk mengoptimalkan setiap potensi yang dimiliki dalam menjalankan berbagai program pendidikan dan pengembangan. Beberapa program unggulan yang dihadirkan meliputi workshop, tutorial, pemberian beasiswa, pelatihan bersertifikasi, dan sejumlah kegiatan lainnya. 

Visi dan Misi 

TFI BINUS UNIVERSITY memiliki visi untuk membangun bangsa lewat komunitas volunteer di bidang sosial dan pendidikan. Komunitas ini juga berperan sebagai sarana yang mewadahi berbagai kegiatan sosial.

Salah satu tujuan intinya adalah meningkatkan jiwa sosial dan semangat pelayanan bagi sukarelawan. TFI BINUS UNIVERSITY akan memastikan seluruh kontribusinya dihadirkan secara aktif, solid, dan berintegritas sehingga dapat meningkatkan kualitas masyarakat sasaran.

Untuk mewujudkan visi dan tujuan tersebut, TFI BINUS berusaha menjalankan sejumlah misi berikut:

  • Volunteering (Sukarela): Mengajak anggota komunitas untuk menumbuhkan jiwa sukarelawan agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan sosial yang sarat manfaat bagi masyarakat.
  • Social Awareness (Kesadaran Sosial): Meningkatkan kesadaran sosial anggotanya agar dapat peduli terhadap lingkungan maupun sesama masyarakat.
  • Solidarity (Solidaritas): Memperlakukan seluruh anggota dari setiap lapisan sebagai suatu keluarga dan kesatuan.
  • Networking (Pengembangan Jaringan): Menciptakan komunitas yang dapat mengembangkan jaringan untuk membangun dan menjaga kerja sama dengan seluruh anggota dan pihak yang terlibat di dalamnya, baik pihak internal maupun eksternal.  

Keunggulan Program 

Sebagai organisasi nonprofit, Teach for Indonesia menjalankan program donasi dan sukarela dengan mengedepankan sejumlah prinsip utama: Sustainable, Community Development and Mentoring, dan Transparency.

Prinsip sustainable dijalankan sebagai komitmen dalam membangun bangsa lewat berbagai program dan aktivitas pendidikan. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa tidak semua orang di Indonesia bisa mendapatkan pendidikan formal yang layak dan sesuai standar. Solusinya, komunitas TFI menghadirkan program community care serta sederet pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka yang membutuhkan.

Sementara itu, dalam Community Development and Mentoring, TFI melibatkan prinsip-prinsip pendidikan untuk membangun sekaligus melatih komunitas. Realisasi program ini berangkat dari keyakinan bahwa pendidikan merupakan suatu fondasi penting yang dibutuhkan dalam menciptakan komunitas berkualitas.

Prinsip ketiga yang menjadi keunggulan program-program TFI adalah transparency. Hal ini berhubungan erat dengan kepercayaan yang diberikan kepada komunitas sosial nonprofit. Setiap donasi dan kontribusi yang diterima TFI akan selalu dihadirkan secara transparan. Seluruh anggota komunitas maupun pihak internal yang ikut terlibat pun bisa selalu memantau penyaluran donasinya.

Kontribusi yang Dihadirkan

Untuk mencapai misi membangun bangsa melalui berbagai program unggulannya, TFI mengajak seluruh pihak untuk ikut berkontribusi. Selain bisa menjadi bagian dari salah satu komunitas keren di BINUS UNIVERSITY, kamu juga bisa berperan sebagai donatur maupun sukarelawan. 

Donatur dalam hal ini bisa berupa perseorangan atau perwakilan perusahaan. Bentuk donasi yang dapat diberikan meliputi dana bantuan serta barang-barang seperti, buku, mainan anak, pakaian layak pakai, dan perlengkapan rumah tangga yang banyak diperlukan.

Sementara itu, jika ingin menjadi sukarelawan, kamu bisa berperan secara produktif sebagai tim pengajar. TFI menghadirkan sejumlah rumah belajar bagi siswa SD dan SMP untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan pengetahuan umum lainnya. Selain di bidang pendidikan, peran sukarelawan juga dibutuhkan dalam pemberian bantuan bencana, layanan masyarakat, dan penyumbang ide untuk berbagai program sosial.

Dengan visi, misi, dan keunggulan berbagai programnya, Teach for Indonesia tergolong solusi efektif yang bisa turut membangun bangsa di tengah banyaknya problematika sosial seperti sekarang. Jadi, siapkah kamu menjadi bagian dari salah satu komunitas unggulan BINUS UNIVERSITY ini?