Penerapan PSBB selama pandemi COVID-19 berlangsung buat kamu serba salah. Mau pulang kampung juga tidak bisa, ke kampus jelas tidak mungkin, keluar kos paling untuk beli makan atau belanja kebutuhan saja. Sedihnya lagi, kita sama-sama tidak tahu sampai kapan semua ini terjadi.

Jadwal kuliah online memang cukup mengisi hari-harimu. Namun, karena kelas dilangsungkan jarak jauh, kamu punya lebih banyak waktu luang. Tidak perlu repot bangun pagi-pagi untuk berangkat ke kampus. Tinggal mengenakan pakaian rapi, buka laptop, kelas mulai, beres.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan di waktu luang? Kamu bisa kok tetap produktif meski hanya berdiam di kos. Daripada jadi kaum rebahan, coba deh lakukan lima kegiatan seru berikut yang bisa mengasah soft skill kamu. 

Kuliah

  • Daur ulang pakaian yang tidak terpakai

Sewaktu beres-beres lemari, boleh jadi kamu menemukan banyak sekali pakaian sempit atau lusuh yang sudah tidak dipakai. Kadang pakaian bekas begini berujung jadi keset atau lap saja. Namun, kalau jumlahnya cukup banyak atau motif dan warnanya terlalu bagus, sayang juga ya. 

Berbekal bahan tersebut dan sedikit kemampuan menjahit, kamu bisa memanfaatkannya kembali menjadi pakaian baru. Daur ulang pakaian tidak terpakai sedang jadi tren demi menggalakkan sustainable fashion yang lebih ramah lingkungan. Contoh, celana jeans berubah jadi tas serut, kaos jadi tank top, atau masker kain. Tinggal ikuti tutorial yang bisa kamu intip di YouTube saja. 

  • Eksperimen di dapur

Jika kos kamu ada dapur plus peralatan masak, boleh juga bereksperimen di dapur. Zaman sekarang banyak sekali resep praktis yang bisa kamu buat hanya dengan memakai alat seadanya, sebut saja rice cooker. Kamu bisa memasak hampir semua jenis makanan dengan alat penanak nasi ini, seperti nasi hainan, sup, mie rebus, hingga memanggang kue. 

Pilihan lain, kamu dapat coba-coba resep yang sedang viral beberapa waktu belakangan. Bermodalkan bahan masakan yang murah dan terjangkau, kamu bisa berkreasi masakan ala restoran atau kafe di mal. Memasak sendiri di kos jelas lebih hemat daripada pesan antar. Siapa tahu hasil eksperimen di dapur ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan?

  • Gabung kelas olahraga online

Berhubung pusat olahraga tidak bisa beroperasi selama pandemi, kegiatan olah tubuh pun beralih ke online. Coba kamu telusuri di internet, ada banyak sekali kelas olahraga online yang bisa kamu pilih. Dari yoga, zumba, pilates, hingga virtual run, semua bisa kamu ikuti.

Tinggal di kos saja jelas bukan alasan untuk tidak menggerakkan tubuh, apalagi jika kamu tipe orang yang lebih giat berolahraga bersama teman. Walau hanya bertemu di dunia maya, semangatnya tetap sama. Ajak juga teman-teman untuk mendaftar kelas serupa. Badan langsing itu bonus, paling penting adalah tubuhmu selalu sehat dan bugar.

  • Belajar melukis

Butuh kegiatan menyenangkan sekaligus menenangkan di tengah padatnya jadwal kuliah online? Belajar melukis layak masuk dalam daftar kegiatan yang bisa menambah soft skill kamu. Pilih dulu mana alat yang ingin kamu eksplorasi, mulai dari sketsa pensil, krayon, pensil warna, cat air, cat minyak, cat akrilik, sampai cat gouache. 

Lalu, cari tutorial melukis untuk pemula di YouTube. Ikuti juga akun media sosial mereka yang senang melukis sebagai sumber inspirasi. Melukis bisa untuk siapa saja, bukan soal bakat semata. Sekali menggoreskan kuas, dijamin kamu sulit berhenti dan penasaran ingin menuntaskannya. Makin banyak latihan, makin bagus pula gambarmu. Boleh jadi kamu malah bisa membuka pesanan lukisan setelah ini.

  • Daftar webinar dan workshop online

Berkat kecanggihan teknologi, kamu bisa menikmati berbagai webinar dan workshop online dari kamar kos. Banyak pihak mengalihkan kegiatan yang biasa dilakukan offline menjadi kegiatan online, termasuk berbagai event menarik yang selama ini sulit kamu jangkau karena perbedaan lokasi. Contoh, mahasiswa BINUS @Bandung sekarang juga bisa ikut meramaikan event yang diselenggarakan BINUS @Greater Jakarta atau BINUS @Malang. 

Lewat webinar dan workshop online, kamu bisa meningkatkan keterampilan di berbagai bidang. Pilih mana yang sesuai minat dan hobi, maupun menunjang perkuliahan, seperti presentation skills, communication skills, penulisan riset dan makalah, hingga kelas bahasa asing.

Tidak ada lagi alasan untuk berdiam diri meski di kos saja. Kamu bisa melakukan lima kegiatan tadi di sela jadwal kuliah online dengan mudah. Selalu cek Binusmaya untuk mengantongi informasi, materi pembelajaran, dan diskusi terbaru seputar perkuliahan Berkuliah online di kos saja tetap bisa produktif jika kamu tahu kegiatan seru dan menyenangkan untuk dilakukan. Setuju?