Sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia, BINUS UNIVERSITY memiliki banyak program pembelajaran, termasuk Business Hotel Management atau Manajemen Bisnis Perhotelan. Bidang kuliah ini memiliki tujuan utama untuk menghasilkan alumni profesional yang berbekal ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang bisnis perhotelan. 

Nah, bidang studi Business Hotel Management BINUS UNIVERSITY memiliki dua cabang ilmu peminatan, yaitu Hotel Business atau Bisnis Perhotelan dan Culinary Art atau Tata Boga. Masing-masing tentu memiliki kurikulum yang berbeda. Bagi kamu yang gemar memasak, peminatan Culinary Art sudah pasti menjadi pilihan jurusan yang tepat. Sebenarnya, apa saja sih materi yang dipelajari dalam jurusan Tata Boga ini?

Kurikulum yang Diajarkan pada Cabang Ilmu Kuliner

Program

Secara garis besar, tujuan dari cabang ilmu Tata Boga pada program Business Hotel Management BINUS UNIVERSITY memiliki tujuan untuk membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan bidang kuliner atau masakan, termasuk produksi makanan, semua hal tentang kue dan roti, manajemen perhotelan dan bisnis. 

Kurikulum pendidikan cabang ilmu Tata Boga di BINUS UNIVERSITY dirancang dengan menerapkan masakan lokal khas Indonesia dan masakan Perancis sebagai ilmu dasarnya. Kamu juga akan berkesempatan untuk magang di hotel bintang lima baik di dalam maupun di luar negeri. Nah, ini dia materi yang akan kamu pelajari:

  • Pengenalan Kuliner

Kamu akan belajar segala ilmu kuliner secara umum. Melalui program Tata Boga di BINUS UNIVERSITY, kamu diajari pengenalan produksi makanan, bagaimana bekerja di dapur, pengenalan kue dan roti dasar dan lanjutan, belajar berbagai macam menu masakan asli Indonesia, mengetahui tentang nutrisi pada makanan, hingga mempelajari segala menu masakan Barat dan Perancis. 

  • Operasional Perhotelan

Selanjutnya, kamu akan dibekali dengan ilmu dan keterampilan yang berkaitan dengan operasional perhotelan. Kurikulum ini mencakup layanan makanan dan minuman, ilmu pengantar pariwisata, ilmu pengantar perhotelan, kebersihan tempat kerja dan keamanan perhotelan, ilmu perilaku konsumen, pengawasan operasional hotel, layanan restoran, dan kuliner untuk acara bisnis.

  • Pengetahuan Perhotelan

Program Business Hotel Management cabang ilmu Tata Boga di BINUS UNIVERSITY juga membekali kamu berbagai ilmu dan keterampilan seputar pengetahuan perhotelan. Materi pembelajaran untuk kurikulum ini mencakup pengantar pariwisata, ilmu pengantar perhotelan, keselamatan dan kebersihan di tempat kerja, keamanan perhotelan, perilaku konsumen dalam perhotelan, pengawasan operasional hotel, dan perhotelan untuk acara bisnis.

  • Manajerial Perhotelan

Terakhir adalah manajerial perhotelan. Kurikulumnya mencakup ilmu dan keterampilan tentang manajemen keuangan dalam bidang perhotelan, perilaku organisasi dalam perhotelan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen fasilitas, manajemen keuangan, manajemen pelayanan, manajemen strategis, dan kewirausahaan.

Jadi, tidak hanya bidang ekonomi saja yang belajar tentang manajemen dan keuangan serta kewirausahaan, ya. Jurusan Business Hotel Management di BINUS UNIVERSITY pun dibekali ilmu dan skill yang sama, agar nantinya kamu bisa menjadi alumni yang mengerti seputar manajerial meski bekerja di hotel atau restoran atau bahkan membuka usahamu sendiri. 

Prospek Karier untuk Alumni Tata Boga

Program

Tidak hanya kancah nasional, sebagai alumni Business Hotel Management bidang Tata Boga kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk berkarir di kancah internasional. Pilihan karir yang bisa kamu jajal dengan kualifikasi perhotelan di antaranya:

  • Bagian Produksi Makanan (Masakan dan Kue)

Pilihan teratas sudah pasti menjadi Chef. Tidak hanya untuk urusan masakan sehari-hari, sebagai lulusan Tata Boga, kamu bisa meniti karier sebagai Chef de Cuisine atau pimpinan di dapur sebuah restoran. Tugasnya mulai dari pembuatan menu masakan, persiapan, proses, hingga menyajikan makanan. 

Pilihan lainnya yang tidak terbatas pada Chef adalah sebagai Chef de Partie (ahli makanan tertentu), Demi Chef, Pastry Chef atau Pattisier, Chef on Board, Celebrity Chef, Manajer Katering, sampai Kitchen Manager.

  • Bagian Pelayanan Makanan dan Minuman

Kamu punya cita-cita jadi seorang Barista atau Bartender? Ternyata keduanya menjadi pilihan karier untuk jurusan Tata Boga. Manajer Restoran, Manager Bar, hingga Manajer Cafe juga bisa menjadi alternatif kariermu di bidang ini. 

  • Manajerial 

Terakhir adalah di posisi manajerial, seperti menjadi Asisten Manajer Eksekutif, Manajer Umum, Direktur, hingga Owner.

Sekarang, ingin bisa sukses di bidang kuliner tidak lagi hal yang sulit, bukan? Program Business Hotel Management BINUS UNIVERSITY punya jawabannya buatmu.