Memilih jurusan ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tidak bisa dilakukan secara asal. Pasalnya, pilihanmu akan menjadi dasar untuk menentukan ke mana kamu akan melangkah untuk mengukir masa depan setelah lulus dan menjadi alumni nanti. Sudah tentu, kamu harus memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang karier yang jelas agar lebih mudah mencari pekerjaan setelahnya.

Nah, Finance menjadi salah satu jurusan kuliah yang tinggi peminat dan dianggap memiliki gambaran karier yang jelas. Tidak heran, karena setiap perusahaan membutuhkan manajemen keuangan yang kuat demi menjaga stabilitas dan keberlangsungan. Sebagai ahli keuangan, sudah pasti kamu nanti tidak hanya berkutat dengan mengatur uang perusahaan, tetapi juga membantu memberi masukan tentang keuangan perusahaan kepada jajaran direksi. 

Prospek Karier untuk Para Alumni Finance

Alumni

Perbankan menjadi salah satu bidang perusahaan yang banyak diincar oleh para alumni jurusan Finance. Namun, sebenarnya, peluang karier yang bisa kamu tuju tidak hanya sebatas pada perbankan. Masih banyak sekali sektor usaha yang bisa kamu tuju, berikut beberapa pilihannya untukmu:

  • Auditor

Sebagai seorang Auditor di dalam perusahaan, kamu memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengendalikan keuangan internal perusahaan, sehingga tidak terjadi kecurangan. Setiap harinya, kamu akan bergelut dengan berbagai dokumen dan laporan keuangan perusahaan, melakukan pemeriksaan dengan teliti apakah seluruh kegiatan operasional perusahaan telah berjalan dengan benar.

  • Analisis Keuangan

Para alumni Finance juga bisa mencoba peruntungan karier sebagai analis keuangan atau Financial Analyst. Seperti namanya, kamu bertugas sebagai analis keuangan suatu perusahaan dengan melihat dari berbagai aspek, termasuk status keuangan perusahaan, tren pasar, hingga hasil yang diprediksi terhadap jenis transaksi tertentu. 

Tidak hanya itu, kamu pun harus mengamati perubahan kondisi ekonomi, baik mikro maupun makro. Tujuannya adalah membuat perkiraan terhadap perubahan pada tren bisnis juga seberapa kuat finansial sebuah sektor industri. Tidak lupa, kamu juga wajib memberikan rekomendasi terkait tindakan yang bisa mendukung perkembangan bisnis perusahaan. 

  • Pialang

Dikenal juga sebagai makelar saham, pialang merupakan orang yang telah memiliki lisensi untuk melakukan transaksi saham di bursa efek. Pialang bertugas sebagai penghubung dan penasihat bagi investor ketika melakukan jual beli saham, mata uang asing, atau obligasi di pasar modal. Semua masukan yang diberikan jelas tidak asal, karena seorang pialang harus melakukan riset dan analisis terkait aktivitas ekonomi dan pasar modal terlebih dahulu.

  • Analis atau Manajemen Risiko

Semua perusahaan tentu akan berhadapan dengan hal-hal yang tidak terduga nantinya, seperti penggelapan dana, bencana alam, kehilangan pelanggan atau staf terbaik, hingga kebocoran dokumen penting. Sudah tentu, semua risiko tersebut akan berujung pada kerugian perusahaan. 

Inilah mengapa dibutuhkan seorang analis risiko, sehingga kemungkinan terjadinya risiko tadi bisa dikurangi. Seorang analis risiko juga bertugas untuk menetapkan kebijakan yang harus dilakukan guna mengatasi dampak faktor risiko dan melakukan evaluasi risiko atau analisis bagaimana cara perusahaan menghadapi risiko sebelumnya. 

  • Perencana Keuangan 

Tidak hanya sebagai analisis keuangan perusahaan, sebagai lulusan Finance, kamu juga memiliki peluang untuk menjadi seorang perencana keuangan atau Financial Planner. Profesi ini menuntut kamu untuk bisa memberikan perencanaan keuangan yang tepat kepada klien atau perusahaan, seperti kapan harus menabung dan berinvestasi serta mengelola aset dan kekayaan perusahaan. 

Nah, itu tadi beberapa profesi yang bisa kamu coba sebagai alumni jurusan Finance. Tidak hanya berbekal teori, kamu juga harus memiliki keterampilan yang kuat dalam bidang finansial, dan BINUS UNIVERSITY menjadi tempat kuliah yang tepat untuk mengasah semua keterampilan finansial yang kamu butuhkan. 

Tidak hanya mendapatkan akreditasi oleh akuntansi profesional dan berafiliasi dengan badan keuangan seperti CFA, kurikulum dari BINUS UNIVERSITY memberikan kesempatan magang kepada para mahasiswa selama satu tahun. Tujuannya sudah pasti untuk memudahkan para alumni bergabung dalam bursa kerja dan mendapatkan pekerjaan impian nantinya.