Sebagai salah satu universitas swasta ternama di Indonesia, BINUS UNIVERSITY memiliki komitmen untuk membangun bangsa dan komunitas global melalui pendidikan dan teknologi. Komitmen ini tercermin dari nilai-nilai yang ada pada universitas, yaitu Striving for Excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, dan Teamwork atau disingkat dengan SPIRIT. 

Tidak hanya memiliki filosofi dan nilai yang sangat kuat, BINUS UNIVERSITY pun memiliki visi untuk menjadi universitas kelas dunia dengan misi berkontribusi kepada komunitas global melalui penyelenggaraan pendidikan kelas dunia. Tidak heran jika kampus ini berhasil menciptakan para Binusian yang begitu terampil dan mampu bersaing di dunia kerja.

Secara keseluruhan, ada delapan kampus BINUS UNIVERSITY yang bisa kamu jumpai. Enam kampus berada di Jakarta, satu di Bandung, dan satu kampus di Malang. Kampus Bandung menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin belajar teknologi kreatif, sementara kampus Malang menjadi pusat teknologi digital dan kewirausahaan atau entrepreneurship.

Kampus Jakarta sendiri memiliki enam lokasi yang berbeda. Ada Kampus Syahdan dan Kijang yang berada di daerah Kemanggisan, Kampus Anggrek di kawan Kebon Jeruk Jakarta Barat, Kampus JWC di kawasan Senayan, Kampus Alam Sutera dan Bekasi. Masing-masing kampus sudah pasti ditunjang dengan fasilitas yang sangat mumpuni. 

BINUS UNIVERSITY

Layanan Student Registration and Service Centre (SRSC) di Kampus Anggrek

Demi memenuhi sebuah kebutuhan dan memudahkan para Binusian, kampus BINUS UNIVERISTY memberikan berbagai fasilitas penunjang. Tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga di bidang non-akademik. Salah satnya adalah unit pendukung Sumber Daya Operasional dan Manajemen (Operations and Resource Management).

Unit pendukung ini terbagi menjadi beberapa cabang, yaitu Student Registration and Service Centre (SRSC), Academic Operation Center (AOC), Software Laboratory Center (SLC), dan Library and Knowledge Center (LKC). Semuanya fasilitas pendukung ini bisa kamu temukan di BINUS UNIVERSITY Kampus Anggrek di Jakarta Barat. 

Student Registration and Service Centre (SRSC) atau Pusat Layanan dan Pendaftaran Mahasiswa sendiri terbagi lagi menjadi tiga subbagian, yaitu Student Services atau Layanan Mahasiswa, Student Financial Services atau Layanan Keuangan Mahasiswa, dan Registration Administration atau Administrasi Pendaftaran.

Masing-masing subbagian dari layanan SRSC BINUS UNIVERSITY memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda untuk memenuhi semua kebutuhan Binusian terkait urusan akademik atau perkuliahan. Berikut penjabarannya:

  • Student Services (Layanan Mahasiswa)

Subbagian ini memberikan pelayanan kepada Binusian terkait kebutuhan administrasi, seperti informasi seputar pendaftaran, pengajuan cuti untuk Binusian yang terpaksa mengambil cuti karena berbagai kepentingan, dan layanan untuk kebutuhan dokumen akademik, seperti KMK dan surat untuk melakukan survei serta magang. 

Semua layanan ini dilakukan di ruang SRSC BINUS UNIVERSITY di Kampus Anggrek. Namun, Binusian juga bisa mengakses segala informasi mengenai layanan ini melalui internet di BINUS Maya dengan mengakses https://binusmaya.binus.ac.id/. 

  • Student Financial Services (Layanan Keuangan Mahasiswa)

Selanjutnya adalah subbagian Layanan Keuangan Mahasiswa. Tugasnya tentu saja menangani dan memberikan informasi seputar keuangan, seperti informasi terkait biaya perkuliahan, sistem autodebet untuk membayar biaya kuliah, beasiswa untuk para Binusian, dan biaya untuk langganan cyber@acces di BINUS UNIVERSITY.

  • Registration Administration (Administrasi Registrasi)

Subbagian terakhir adalah Administras Registrasi. Bagian ini bertanggung jawab terhadap penyusunan jadwal akademik, ujian tengah dan akhir semester, kerja magang, dan ujian tesis untuk Binusian yang melanjutkan studi pascasarjana. 

Itu tadi tiga subbagian yang dimiliki oleh Layanan SRSC BINUS UNIVERSITY. Jadi, para Binusian yang membutuhkan informasi seputar pembayaran uang kuliah, jadwal perkuliahan, magang, atau administrasi, cukup mendatangi ruang SRSC di Kampung Anggrek. 

Tidak hanya memberikan kemudahan untuk urusan administrasi dan registrasi para Binusian, BINUS UNIVERSITY juga memiliki program pembelajaran 2+1+1 yang terbilang unik. Para Binusian bisa menempuh pendidikan perkuliahan di Kampus BINUS UNIVERSITY asal selama dua tahun. 

Menarikya, Binusian bisa melanjutkan studi di Kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain selama satu tahun berikutnya, dan memilih program enrichment pada satu tahun terakhir. Jadi, sudah pasti Binusian akan mendapatkan pengalaman kuliah yang tak terlupakan, ya!