BINUS UNIVERSITY

    Simak! Ini 5 Soft Skill yang harus Dimiliki Para Calon Entrepreneur

    Bertujuan mencetak lulusan yang kreatif dan inovatif dalam berbisnis, program studi Business Creation BINUS UNIVERSITY menerapkan kurikulum berkualitas dengan porsi teori dan praktik yang berimbang. Proses pembelajarannya diimbangi pula oleh pengembangan sejumlah soft skill unggulan untuk mempersiapkan lulusan yang mampu bersaing di dunia bisnis saat ini dan masa depan. 

    Sekilas tentang Business Creation BINUS

    Soft Skill

    Business Creation merupakan salah satu jurusan terfavorit di BINUS UNIVERSITY. Diperkenalkan pada tahun 2014 silam, program studi ini tergolong baru jika dibandingkan dengan jurusan bisnis lain yang dimiliki BINUS UNIVERSITY. Meski demikian, kualitas dan popularitasnya sudah tak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan Akreditasi A (Unggul) yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

    Visi utama dari program studi Business Creation adalah mencetak lulusan yang akan menjadi calon pengusaha inovatif dan kreatif. Mahasiswanya dibina agar dapat memulai, menjalankan, sekaligus mengembangkan bisnis baru atau start-up setelah lulus nanti. Pembinaan ini tidak hanya didapatkan melalui perkuliahan konvensional, tetapi juga dari keterlibatan sejumlah pengusaha berpengalaman yang berperan sebagai mentor secara langsung.

    Prospek Lulusan: Soft Skill yang Diunggulkan

    Soft Skill

    Di samping proses perkuliahan yang melibatkan para pengusaha sukses sebagai mentor, Business Creation BINUS UNIVERSITY juga menanamkan sejumlah soft skill unggulan bagi mahasiswanya. Pengembangan sejumlah keterampilan nonteknis berikut membuat lulusan program studi ini memiliki potensi mumpuni untuk mengembangkan bisnis sendiri.

    • Creative Thinking

    Keberadaan industri 4.0 sebagai sektor usaha yang tengah berkembang saat ini menuntut calon pengusaha untuk bisa berpikir kreatif dalam menciptakan ide bisnis sekaligus mengembangkannya. Oleh karena itu, salah satu keterampilan utama yang menjadi fokus dalam pembelajaran Business Creation adalah creative thinking skill. Keterampilan ini diharapkan bisa menjadi modal penting bagi lulusan yang bercita-cita menjadi seorang entrepreneur.

    • Entrepreneurial Skills

    Soft skill penting lainnya yang akan dimiliki oleh lulusan Business Creation adalah entrepreneurial skill. Poin tersebut merupakan satu set keterampilan yang secara umum terdiri dari keterampilan teknis, manajemen, dan personal. Entrepreneurial skills juga akan melatih calon entrepreneur agar bisa berinovasi, berani mengambil risiko, serta mampu menentukan perencanaan dan strategi yang tepat untuk mencapai target usahanya. 

    • Global Mindset

    BINUS UNIVERSITY dikenal sebagai perguruan tinggi berkelas dunia. Jadi, bukan hal mengherankan jika global mindset turut ditanamkan dalam pembelajaran setiap jurusan di universitas ini. Hal yang sama juga berlaku bagi jurusan Business Creation. Mahasiswanya dituntut untuk dapat melibatkan pola pikir global dalam pengembangan konsep usahanya. Dengan begitu, lulusan yang tercetak akan mampu bersaing di sektor bisnis internasional.

    • Problem Solving

    Seorang pengusaha harus memiliki keterampilan problem solving agar siap menghadapi berbagai persoalan yang muncul saat mengembangkan usahanya. Keterampilan tersebut akan kian dibutuhkan ketika kamu merintis start-up atau jenis usaha baru dari awal. Untuk melatih kemampuanmu dalam memecahkan masalah dan mencari solusi efektif terkait pengembangan bisnis, soft skill ini turut ditanamkan selama masa perkuliahan.

    • Ethics

    Keterampilan nonteknis lain yang tak boleh dilewatkan adalah ethics. Mencetak deretan pengusaha sukses memang menjadi salah satu visi utama yang ditargetkan oleh program Business Creation. Namun, ada pula hal lain yang dianggap lebih penting dari itu, yakni pengusaha beretika yang menyadari kewajiban moral dan bisa mengembangkan bisnis secara profesional.

    Agar bisa mencetak lulusan yang berkarier di dunia usaha, program Business Creation membekali mahasiswanya dengan sejumlah soft skill di atas. Keterampilan nonteknis yang disandingkan dengan pemahaman teori bisnis dan penerapan praktiknya membuat lulusan program studi ini punya kesempatan lebih besar untuk menjadi pebisnis andal.

    Lulusannya pun memiliki cakupan peluang karier yang luas, mulai dari entrepreneur dan intrapreneur hingga konsultan dan perencana bisnis. Jika kamu menganggap bisnis sebagai sebuah passion, melanjutkan studi di program Business Creation adalah pilihan paling tepat untuk pengembangan diri dan potensimu.