Pernah dengar tentang Global Class BINUS UNIVERSITY? 

Sedikit berbeda dari kelas reguler, Global Class merupakan sebuah program yang ditawarkan kepada mahasiswa BINUS pilihan. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013, Global Class mempertegas komitmen BINUS sebagai universitas kelas dunia, terutama dalam menciptakan lulusan yang punya daya saing tinggi di kancah internasional. 

Dari sisi penyelenggaraan program, Global Class punya sederet keunikan yang membuatnya menonjol dibandingkan kelas reguler BINUS. Jika kamu masih belum terbayang seperti apa Global Class berikut proses perkuliahannya, ulasan berikut ini bakal membantu. 

Mayoritas kelas berlangsung dalam bahasa Inggris

Kelas Dunia

Mahasiswa akan memperoleh pengalaman berbeda dibandingkan kelas reguler. Salah satu ciri khasnya adalah penyelenggaraan 90% kelas berlangsung dalam bahasa Inggris, termasuk pada penulisan skripsi atau tugas akhir. 

Jika kamu merasa kemampuan bahasa Inggris belum lancar, tenang saja. BINUS menyelenggarakan program Pre-University untuk memfasilitasi kesiapan mahasiswa yang masuk program Global Class. 

Metode pembelajaran komprehensif

Demi menciptakan lulusan yang mempunyai mindset global didukung keterampilan mumpuni, Global Class mengaplikasikan metode pembelajaran komprehensif. Mahasiswa didorong untuk mengasah rasa ingin tahu, berinisiatif, berefleksi, serta melatih pengambilan keputusan dalam situasi global. Mahasiswa juga ditantang untuk memahami isu terkini dengan memperhatikan konteks multikultural. 

Dengan metode belajar demikian, tentu dibutuhkan mahasiswa yang mempunyai karakteristik kuat. Secara umum, mahasiswa Global Class mempunyai pemahaman lebih baik terhadap materi kuliah, rasa percaya diri lebih tinggi, serta kemampuan bahasa Inggris yang istimewa. 

Kemudian, mereka bisa disebut sebagai pembelajar otodidak. Bisa dilihat bagaimana mereka memiliki motivasi dan kemauan yang kuat, lebih fokus, dan lebih mandiri. Tak heran jika tipikal pembelajar seperti ini bisa mencapai hasil lebih baik dan mampu mengikuti metode pembelajaran yang kompleks dalam program Global Class. 

Tersedia untuk tiga program studi

Saat ini Global Class terbuka bagi mahasiswa yang menjalani kuliah dalam program studi, yaitu Computer Science, International Business Management, dan International Relations. 

Computer Science

Program studi ini fokus pada pengembangan software kreatif sebagai solusi atas permasalahan industri. Apalagi, Computer Science jadi salah satu kendaraan penting dalam pengembangan dunia ICT Indonesia. 

Di Global Class, program studi Computer Science menekankan pentingnya proses, teknik, dan alat untuk pengembangan sistem berbasis komputer sehingga bisa mencetak lulusan yang mampu berinovasi tinggi dan memiliki kualifikasi internasional, 

International Relations 

Global Class International Relations merupakan sebuah inisiatif yang dibangun untuk membawa pengajaran dan kurikulum Indonesia ke level internasional. Mahasiswa akan mempelajari isu kontemporer dunia secara kritis, mampu menyampaikan perspektif teoritis yang kompleks, disertai kemampuan analisis yang mendalam. 

Lulusan Global Class International Relations akan mengantongi keterampilan menulis analisis yang tajam dan berwawasan luas. Mereka juga akan memiliki pemahaman lebih mendalam mengenai politik, ekonomi, dan masyarakat internasional dari segala sisi.

International Business Management

Global Class International Business Management  fokus pada upaya pengembangan keterampilan intelektual dan profesional yang dibutuhkan mahasiswa untuk berkompetisi di masa depan. Program ini akan membawa mahasiswa mempelajari bisnis internasional dari tiga sudut pandang: akademik, praktikal, dan internasional.

Maka, memiliki keterampilan berpikir kritis, membaca kritis, penulisan akademik di atas rata-rata, akan mengimbangi dasar-dasar teoritis yang dimiliki mahasiswa dalam program studi ini. Tentu hal tersebut akan membuat mereka lebih siap berkompetisi dan punya daya saing tinggi di kancah internasional.

Satu semester belajar di luar negeri

Jika di program studi lain, belajar di luar negeri atau study abroad menjadi opsional, di Global Class justru wajib dilakukan. Selama satu semester pada tahun ketiga masa studi, mahasiswa Global Class akan menjalani perkuliahan di luar negeri. Mereka akan ditempatkan di berbagai perguruan tinggi yang bekerja sama dengan BINUS. 

Untuk mempersiapkan diri sebelum belajar di luar negeri, Global Class akan menyelenggarakan rangkaian workshop bagi mahasiswa. Biasanya kegiatan ini berlangsung setiap semester dan hadir dalam berbagai topik menarik. Dengan bekal yang cukup, mahasiswa Global Class bisa menunjukkan kinerja maksimal saat kuliah di luar negeri.

Kelas kecil dengan dukungan mentoring dan konseling

Dalam satu angkatan Global Class, jumlah mahasiswa sekitar 30 orang saja. Kelas kecil ini membantu para dosen membangun relasi lebih personal dengan mahasiswa. Dengan demikian proses mentoring dan konseling dapat berjalan baik. Potensi mahasiswa pun dapat terbaca dan dikembangkan secara maksimal sehingga kualitas lulusan juga meningkat.

Itulah serba-serbi Global Class BINUS yang wajib kamu tahu. Siapkah kamu menjadi bagian dari BINUS UNIVERSITY, perguruan tinggi kelas dunia?