Salah satu program unggulan yang dimiliki BINUS UNIVERSITY adalah program enrichment (2+1)+1, yaitu 2 tahun kuliah, 1 tahun mobility program dan 1 tahun magang di perusahaan atau instansi pemerintahan. Melalui metode magang ini, BINUSIAN diharapkan dapat menekuni bidang impiannya dengan terjun langsung di lapangan. 

Sesuai program tersebut, Lisa Indraputri, Jurusan Computer Science di BINUS UNIVERSITY menjalani masa magang selama 1 tahun (2019–2020). Ia memilih magang di perusahaan fintech DANA yang telah memperoleh izin beroperasi sejak 5 Desember 2018. Lisa ditempatkan di divisi Frontend (H5 Team). 

Proses Rekrutmen

BINUS UNIVERSITY

“Saya difasilitasi oleh BINUS UNIVERSITY untuk mengirimkan CV dan data selama perkuliahan (transkrip nilai) ke DANA. Pihak kampus memang telah bekerja sama dengan DANA untuk menjalankan program (2+1)+1. Itulah sebabnya status pengajuan hingga penerimaan internship dapat dipantau prosesnya dengan lebih mudah,” jelas Lisa. 

Tidak lama setelah pengajuan internship, Lisa menerima email dari DANA. Isinya adalah instruksi untuk mengerjakan beberapa logic test (HackerRank). Setelah mengerjakan tes tersebut, Lisa kembali menerima email yang memberitahu tentang kelanjutan proses rekrutmen.  

Karena lolos, ia diminta melanjutkan ke tahap interview (User dan HR). Ini merupakan proses akhir rekrutmen untuk kebutuhan internship di DANA. Jika semua berjalan lancar, calon pemagang akan diundang untuk memulai masa magang di DANA.

Disambut Hangat

Magang dalam rangka Program (2+1)+1 berbeda dengan metode magang biasanya. Di sini, perusahaan tempat magang akan memberikan job description seperti layaknya mata kuliah di kampus dengan total 32 SKS. 

Lisa mengatakan, job description yang ia terima bergantung pada project yang sedang dikerjakan. Secara garis besar, ia bertugas mengembangkan dan melakukan maintain fitur-fitur DANA dari sisi UI dan UX. Tujuannya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi user

Terkait itu, Lisa mengatakan ada tantangan tersendiri yang dihadapinya. Paling utama adalah kekurangan pengetahuan terkait pengembangan teknologi yang digunakan. “Teknologi terus berkembang dan kita sebagai engineer harus bisa mengikuti perkembangannya. Saya merasa sangat beruntung karena tergabung dalam tim yang selalu mendukung dan berbagi pengalaman mengenai pengembangan teknologi”.

“Saya disambut hangat oleh keluarga DANA, khususnya H5 Team. Walaupun belum begitu mengenal culture dan environment di DANA, saya bisa merasakan semangat positif yang dibangun, yaitu sharing is caring”.

Persiapan Masuk Dunia Kerja

Selain itu, Lisa juga mendapatkan banyak ilmu sesuai jurusannya selama magang. Pasalnya, DANA memberikan kesempatan padanya untuk mengerjakan beberapa proyek dengan teknologi pengembangan yang beragam. Beruntung, ia dapat mengikuti beberapa training yang diselenggarakan oleh tim HR sehingga kemampuannya makin terasah dengan kuat.

Melalui program ini, Lisa menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY. Meskipun lulus berstatus fresh graduate, pengalamannya selama internship bisa dimanfaatkan menjadi modal sukses berkarier. Ada banyak hal yang dipelajarinya, mulai dari skill yang bersifat teknis hingga kemampuan berinteraksi dengan rekan kerja.

BINUS memandang perlu para alumninya memiliki keunggulan berupa pengalaman kerja, bukan hanya ilmu berupa teori yang dipelajari dari bangku kuliah. Pengalaman tersebut memperkaya seorang mahasiswa sehingga siap untuk ditempatkan di dunia kerja yang sesungguhnya. Seperti diketahui, dunia kerja tidak sesantai masa-masa belajar di kampus. Ada tuntutan kinerja yang harus dipenuhi oleh karyawan.

Adanya kerjasama yang dijalin dengan sejumlah perusahaan merupakan bukti nyata keseriusan kampus ini dalam menyalurkan mahasiswa yang ingin magang. Bukan hanya itu, jika mahasiswa dinilai cukup mampu menyesuaikan diri dengan load pekerjaan, perusahaan tempat magang bisa saja merekrut mahasiswa menjadi calon karyawan.

Karena menjalani program tersebut, lulusan BINUS UNIVERSITY memiliki keunggulan dibandingkan lulusan perguruan tinggi lain. Jadi, tak perlu ragu jika sedang menentukan tempat melanjutkan pendidikan setelah SMA. Kuliah di BINUS saja!