Beasiswa BINUS UNIVERSITY tidak hanya untuk siswa berprestasi akademik, tetapi juga nonakademik. Pengalaman Intan Fenadi, atlet renang berprestasi yang mendapat beasiswa, bisa menjadi contoh untuk calon mahasiswa yang ingin masuk BINUS UNIVERSITY lewat prestasi olahraga atau seni.

Bagaimana caranya? Simak cerita Intan berikut ini.

Pengalaman Intan 

Pengalaman

Intan Fenadi menorehkan namanya di dunia renang setelah memenangkan kompetisi antar siswa. Salah satu prestasinya adalah juara pertama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat SMA di Aceh. Perenang muda dengan spesialisasi gaya bebas tersebut berhasil melampaui tantangan berat untuk meraih juara pertama di jarak 100 meter.

Pengalaman Intan Fenadi dalam dunia renang sudah terbentuk sejak dirinya masih kecil. Intan bergabung dengan Klub Renang Telaga Biru di kampung halamannya, Bali, saat masih di Sekolah Dasar. Menurutnya, klub renang merupakan tempat yang cocok untuk mengasah keahlian demi menempuh dunia olahraga profesional.

Prestasi Intan Fenadi dalam dunia renang tidak hanya membuatnya populer di dunia atletik. Berbagai penghargaan yang diperolehnya membuatnya mampu mendaftar ke BINUS UNIVERSITY lewat jalur beasiswa khusus nonakademik.

Kisah Pendaftaran Beasiswa Intan

Intan tertarik pada BINUS UNIVERSITY karena kampus tersebut memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung kegiatan dan prestasi mahasiswa. Intan mendapat informasi tentang beasiswa khusus jalur nonakademik, Widia Scholarship, saat sedang mencari cara mendaftar ke BINUS UNIVERSITY.

Intan memanfaatkan pengalaman dan prestasinya untuk mendaftar ke BINUS UNIVERSITY. Ketika mendaftar secara daring, Intan menyertakan daftar penghargaan yang dimilikinya sebagai pertimbangan. Hal itu ternyata memberinya kesempatan mendapat beasiswa penuh untuk empat tahun masa belajar di program studi Komunikasi.

Intan berharap beasiswa tersebut memberinya kesempatan untuk berkiprah di bidang yang disukainya. Tujuannya saat ini adalah lulus tepat waktu dengan nilai yang baik serta memberi inspirasi bagi calon mahasiswa yang ingin mencoba jalur masuk universitas sepertinya.

Apa Itu Widia Scholarship?

Pengalaman

Widia Scholarship adalah salah satu dari beberapa program beasiswa BINUS UNIVERSITY. Tidak seperti beasiswa lainnya, beasiswa ini menekankan pengalaman dan prestasi mahasiswa dari segi nonakademik. Calon mahasiswa bisa masuk dengan menyertakan daftar prestasi baik di bidang olahraga maupun seni.

Ada beberapa kategori calon mahasiswa yang bisa mendaftar masuk BINUS UNIVERSITY lewat jalur pengalaman nonakademik, yaitu:

  • Pemenang dan finalis kompetisi, olimpiade, atau kejuaraan internasional 
  • Pemenang dan finalis kompetisi, olimpiade, atau kejuaraan tingkat nasional
  • Wakil resmi Indonesia dalam suatu ajang atau acara

Selain memiliki pengalaman, calon mahasiswa harus lulus Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS) serta menyertakan bukti prestasi seperti fotokopi piagam, sertifikat, dan penghargaan. Beberapa program studi juga memiliki persyaratan khusus, misalnya membuat video narasi untuk prodi Komunikasi seperti yang dilakukan Intan.

Ketika sudah menerima beasiswa, mahasiswa akan mendapat keringanan dalam berbagai pembiayaan. Selain gratis biaya sumbangan, SKS, dan BP3, mahasiswa juga tidak perlu membayar uang seragam, laboratorium, serta perkakas pendukung kegiatan belajar di kampus.

Kewajiban Mahasiswa Penerima Beasiswa

Apakah mahasiswa penerima beasiswa wajib mengikuti program tertentu di kampus?

Ya, mahasiswa penerima Widia Scholarship dianggap memiliki keistimewaan sehingga wajib mengikuti beberapa aktivitas, seperti:

  • Pelatihan Soft Skills

BINUS UNIVERSITY memiliki pelatihan soft skills seperti manajemen dan kepemimpinan. Hal ini wajib bagi penerima beasiswa untuk membentuk lulusan berkualitas.

  • Wakil Kampus dalam Kompetisi

Penerima beasiswa bidang nonakademik akan menjadi wakil resmi BINUS UNIVERSITY dalam ajang terkait prestasinya. Akan tetapi, hal ini minimal untuk ajang tingkat nasional.

  • Aktif dalam Kegiatan Kampus

Penerima beasiswa wajib mengikuti UKM di BINUS UNIVERSITY terkait bidangnya. Selain itu, mereka juga harus menjadi anggota Tim Promosi, Asisten Laboratorium, atau Buddy Coordinator dalam berbagai ajang atau kegiatan kampus terkait.

Ingin punya pengalaman berharga seperti Intan Fenadi? Kumpulkan prestasi dan gunakan sebagai referensi untuk mendaftar masuk BINUS UNIVERSITY lewat Widia Scholarship, dan dapatkan kesempatan belajar di salah satu kampus terbaik di Indonesia!