Jurusan dengan double degree atau gelar ganda kerap menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin menekuni lebih dari satu bidang, tetapi tidak ingin menempuh waktu lama untuk berkuliah. Hal ini yang menjadi alasan mengapa banyak universitas yang membuka jurusan dengan double degree, BINUS UNIVERSITY salah satunya.

Sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia, BINUS memang senantiasa berupaya menawarkan inovasi pendidikan yang visioner. Program double degree merupakan salah satu upaya BINUS UNIVERSITY dalam menghasilkan lulusan berkualitas. Jika tertarik mengambil program ini, kamu bisa memilih jurusan kuliah Information System and Accounting. 

Jurusan ini merupakan perpaduan dari ilmu Sistem Informasi (dan kaitannya dengan dunia keuangan) serta Akuntansi. Jadi, pembelajarannya pun tidak jauh dari dua hal tersebut. 

Mengenal Jurusan Information System and Accounting

jurusan kuliah

Untuk menghadapi perkembangan zaman yang cukup pesat, dibutuhkan kompetensi khusus di bidang teknologi agar tidak tertinggal. Ini yang menjadi dasar BINUS UNIVERSITY dalam memformulasikan sistem pendidikan inovatif sehingga lulusannya dijamin berkualitas dan siap kerja.

Disadari atau tidak, dunia bisnis zaman sekarang cukup kompetitif, apalagi saat isu Revolusi 4.0 mencuat. Seorang pebisnis pasti dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai. Berdasarkan hal tersebut, BINUS UNIVERSITY menyimpulkan bahwa kemampuan Akuntasi dan Teknologi Informasi sangat dibutuhkan.

Hal ini pula yang menjadi alasan dibukanya program double degree Accounting and Information System BINUS UNIVERSITY. Lalu, apa keistimewaan jurusan kuliah ini dibanding jurusan lain yang ada di BINUS?

Mengapa Accounting and Information System?

jurusan kuliah

Berdasarkan survei, sekitar 48% lulusan program double degree ini langsung bekerja begitu mereka lulus. Sekitar 42% bekerja sebagai karyawan di perusahaan lokal, nasional, ataupun mutinasional, sisanya membuka perusahaan milik mereka sendiri. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa jurusan kuliah Accounting and Information System bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Lulusan jurusan ini dapat diterima di berbagai industri termasuk bursa perdagangan, industri, atau bahkan organisasi nonprofit.
  2. Lulusan Accounting and Information System tidak hanya berkompetensi di bidang keuangan, tetapi juga cukup melek teknologi sehingga memiliki daya saing cukup tinggi di era globalisasi.
  3. Lulusan jurusan ini dibekali berbagai soft skill bermanfaat bagi dunia bisnis seperti, pemrograman, Brevet, hingga perpajakan.

Selain itu lulusan BINUS pasti telah mengikuti program 2+1+1, yaitu 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS lain, dan 1 tahun enrichment program. Jadi secara mental, mereka pasti telah teruji dan terbukti siap kerja begitu dinyatakan lulus dari pendidikan double degree.

Kompetensi yang Dimiliki Lulusan Accounting and Information System

jurusan kuliah

Sebagaimana jurusan lainnya, program double degree ini juga memiliki target yang ingin dicapai melalui kompetensi yang dimiliki lulusannya. Tujuannya tentu saja agar target pembelajaran tercapai dengan baik sesuai dengan visi misi BINUS UNIVERSITY dan demi menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi.

Di antara kompetensi yang diharapkan ada pada lulusan jurusan kuliah Accounting and Information System adalah:

  1. Lulusan akan memiliki kemampuan menganalisa kebutuhan bisnis melalui CFIS atau Corporate Financial Information System.
  2. Lulusan mampu membuat proposal proses bisnis keuangan di industri tertentu.
  3. Lulusan mampu membuat sistem yang sesuai dengan tujuan organisasi.
  4. Lulusan mampu menganalisa informasi dan proses bisnis.
  5. Lulusan mampu melakukan audit, dan menganalisa mulai dari kondisi keuangan, performa, perencanaan, hingga membuat keputusan yang menguntungkan bagi perusahaan.
  6. Lulusan mampu menyusun laporan keuangan berdasarkan standar dan susunan yang dapat diterima.

Jadi, selain belajar segala hal tentang keuangan, mahasiswa jurusan kuliah Accounting and Information System juga akan belajar bagaimana sistem administrasi perkantoran dalam kaitannya dengan teknologi dan aplikasi. Inilah mengapa lulusan jurusan ini banyak yang direkrut oleh perusahaan besar.

Tertarik untuk belajar di Accounting and Information System BINUS UNIVERSITY?