Program (2+1)+1 merupakan salah satu program unggulan yang dihadirkan BINUS UNIVERSITY dengan tujuan mengasah keterampilan mahasiswanya. Untuk BINUS Kota Malang, program ini meliputi kesempatan berkuliah di kampus pusat Jakarta. Tak hanya mendapatkan pengalaman akademis yang berkualitas, mahasiswa yang turut serta juga dapat merasakan bagaimana serunya tinggal di ibu kota.

Fauzan Zahran—yang lebih akrab dipanggil Ozan—adalah salah seorang mahasiswa BINUS UNIVERSITY Malang yang mengikuti program tersebut. Mahasiswa Desain Komunikasi Visual New Media ini pun menceritakan pengalaman pribadi dan harapannya terhadap program (2+1)+1.

Pengalaman

Alasan Fauzan Zahran Mengikuti Program (2+1)+1

Ketika pertama kali mendengar Program (2+1)+1 BINUS yang mengharuskannya melanjutkan studi di Jakarta, Fauzan Zahran merasa ragu untuk ikut berpartisipasi. Pasalnya, ia merasa sudah cukup nyaman berkuliah di Malang. Lagi pula, biaya di kota besar sekelas Jakarta terbilang lebih tinggi dibandingkan kota kelahirannya. Ibunya pun menyetujui hal ini pada awalnya.

Namun, sang ibu pulalah yang akhirnya mendukung dan menyemangati Ozan agar hijrah ke Jakarta untuk mengikuti program (2+1)+1. Keyakinan tersebut berawal ketika ibunda Ozan menghadiri parents meeting tentang keuntungan dan keunggulan program mobility bagi mahasiswa Malang yang melanjutkan studi di Jakarta. Pengalaman belajar di luar kota dengan kurikulum terbaik serta keterampilan unggulan menjadi alasan yang cukup meyakinkan sang ibu untuk menyuruh Ozan turut serta dalam program ini.

Berbekal dukungan ibunda, arahan dosen, serta saran dari beberapa teman dekatnya, Fauzan Zahran resmi bertolak ke Jakarta. Di kampus barunya, ia kembali memilih peminatan DKV New Media dengan harapan bisa mempelajari technical skill sesuai kaidah desain.

Pengalaman Berkesan Fauzan Zahran di Jakarta

Secara jujur Ozan mengungkapkan jika ia belum pernah membayangkan apa yang akan dia lakukan di Jakarta. Pikirnya, ia hanya akan kuliah dengan suasana berbeda layaknya kultur pendidikan di kota metropolitan. 

Namun, anggapan awal tersebut ternyata berkembang menjadi pengalaman paling berkesan—bahkan lebih luas dari dugaannya. Partisipasinya dalam program (2+1)+1 BINUS UNIVERSITY membuat Ozan bisa belajar banyak hal bagi kehidupan akademis sekaligus perjalanan hidupnya. 

  • Academic Life 

Salah satu manfaat yang dirasakan Ozan setelah mulai kuliah di Jakarta adalah kesempatan gemilang untuk mendalami ilmu desain langsung dari para dosen ahli. Ozan menemukan jika dosen-dosen di BINUS UNIVERSITY Jakarta memiliki expertise yang benar-benar unggul sehingga membuatnya lebih fokus belajar dan lebih semangat dalam mempelajari ilmu desain. 

Selain itu, fasilitas terbaik yang dihadirkan di kampus pusat juga membuat suasana belajarnya lebih nyaman dan menyenangkan. Ia pun menyimpulkan jika dua hal tersebut—kualitas dosen dan kelengkapan fasilitas—memberikan dampak positif yang besar bagi kehidupan akademisnya. 

  • Life Lessons

Tak hanya dalam bidang perkuliahan, program (2+1)+1 BINUS juga memberikan pengajaran baru bagi perjalanan hidup Fauzan Zahran. Setelah bertahan hidup di ibu kota, Ozan merasa ia bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri dan dewasa dengan mengurangi rasa ketergantungan pada teman maupun orang tua.  

Stereotip tentang kota metropolitan yang cenderung negatif serta biaya hidup yang dianggap relatif tinggi nyatanya tidak lagi dihiraukan oleh Ozan. Ia justru berpikiran bahwa program ini memberikan motivasi untuk keluar dari zona nyaman di kota kelahiran dan tempat tinggalnya. Bahkan, kini Ozan menganggap Jakarta sebagai salah satu zona nyaman baginya untuk tinggal dan belajar. 

Harapan Fauzan Zahran Saat Mengikuti Program Ini

Sebagai partisipan program mobility (2+1)+1 yang sudah merasakan langsung manfaat dan pengalaman berharganya, Fauzan Zahran menyimpan banyak harapan bagi program ini. Meski ia sudah memiliki bayangan akan seperti apa setelah lulus nanti, program mobility diharapkan bisa memberikan arahan lebih pasti bagi masa depannya kelak. 

Ozan juga berharap lebih banyak orang—terutama adik tingkatnya di Malang—yang berpartisipasi dalam program (2+1)+1 BINUS UNIVERSITY pada tahun-tahun mendatang. Sekali lagi, ia memastikan jika program ini tidak hanya memberikan keuntungan secara akademis, tetapi juga menghadirkan pelajaran hidup yang bermakna dan bermanfaat.

Dari pengalaman Fauzan Zahran di atas, kamu pun diharapkan bisa termotivasi untuk mengikuti program (2+1)+1 yang sarat manfaat. Dengan begitu, masa perkuliahanmu di kampus bergengsi sekelas BINUS UNIVERSITY akan terasa lebih bermakna.