Senin, 5 April 2021 – Organisasi kemahasiswaan dalam suatu kampus merupakan sebuah wadah yang penting bagi para mahasiswa/i. Organisasi kemahasiswaan, seperti Unit Kegiatan dan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan penyeimbang antara kemampuan teknis dan softskills yang tentunya sangat dibutuhkan di dunia kerja. BINUS UNIVERSITY, sebagai salah perguruan tinggi yang mendukung tumbuh kembang softskills mahasiswa, hadir dengan 104 Organisasi Kemahasiswaan dengan pilihan minat dan bakat yang luas. Hari ini (5/4), BINUS UNIVERSITY kembali mengadakan Acara Pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan untuk Periode 2021/2022.

Bapak Rektor Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M hadir untuk melantik seluruh Ketua Organisasi Kemahasiswaan yang baru di GOR Alam Sutera. Acara ini turut dihadiri oleh Bapak Johan, S.Kom., M.M, selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development,  para ketua organisasi kemahasiswaan BINUS UNIVERSITY yang langsung hadir di GOR Alam Sutera dan pimpinan-pimpinan BINUS UNIVERSITY melalui onsite dan Zoom. Acara dihadiri juga dari berbagai mahasiswa dari berbagai kampus BINUS UNIVERSITY. Pelantikan Ketua Organisasi Kemahasiswaan (OK) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Dikarenakan pandemi Covid-19, tahun ini acara kembali diadakan secara online.

Bapak Johan turut memberikan pesan semangat dalam sambutannya memberikan sambutan yang memotivasi dan menyemangati para Ketua OK 2021-2022.

“Pesan saya ada 3, anda harus Berani. Pertama adalah harus berani maju, yang kedua anda harus berani berubah, dan yang ketiga anda harus berani berinovasi. Dengan tiga keberanian ini, saya yakin anda bisa memimpin dengan baik dan organisasi kemahasiswaan BINUS akan mencapai lebih banyak lagi prestasi-prestasi di kemudian hari.” ujar bapak Johan.

Bapak Johan juga mengingatkan bahwa Ketua 2020-2021 bukanlah “mantan ketua”, tapi Ketua 2020-2021, yang artinya mereka diharapkan terus berkontribusi dan terus berinovasi. Setelah sambutan dari Bapak Johan, diputarlah video dari SCAC dengan judul Sahabat Sejati. Video diambil secara online dari rumah masing-masing dan terlihat harmonis. Dari 104 calon Ketua Organisasi Kemahasiswaan 2021-2022, terdiri dari 52 Wanita dan 52 Pria. Dari Greater Jakarta ada 39 wanita dan 33 pria, Bandung 9 wanita dan 9 pria, Malang 4 wanita dan 10 pria. Ketua 2021-2022 ini berasal dari 38 HMJ dan 66 UKM, serta dari 10 fakultas di BINUS UNIVERSITY.

Pada saat pelantikan, dimulai dengan pembacaan surat keputusan resmi dari rector oleh host, yang menyatakan bahwa nama-nama dalam daftar ketua organisasi 2021-2022 resmi diangkat, bertanggung jawab, berdedikasi atas organisasi dan bahwa ketua OK wajib melaporkan seluruh kegiatan organisasi selama menjabat. Lalu nama tiap ketua disebutkan satu persatu dengan OK terkait.

Para ketua OK 2021-2022 satu per satu maju mengambil pin, dan berjalan ke arah Pak Rektor untuk peresmian. Para Ketua OK 2021-2022 memakai pin sendiri dan dengan demikian mereka telah resmi dilantik. Ketua 2021-2022 juga melakukan pembacaan janji Ketua OK BINUS UNIVERSITY yang dipimpn oleh Anisa Fitri Ataya dari ukm BVoice Radio. Pak Rektor pun juga memberikan selamat kepada ketua 2020-2021 yang telah bekerja keras selama pandemic dengan berbagai inovasi, memberi selamat kepada Ketua 2021-2022, memberikan motivasi dan harapan kepada para ketua 2021-2022, agar bisa dan semangat dalam menjalani tugasnya di tengah pandemic ini.

“… doa yang tulus dari BINUS UNIVERSITY, fakultas dan jurusan, dansemua binusian leader kepada anda semua, para ketua dan pengurus, doa dipanjatkan kepada Tuhan dimohonkan supaya mengiringi perjalanan anda, memimpin organisasi kemahasiswaaan ini dengan biak, selamat, prestasi dan sesuai dengan semua yang diharapkan oleh para Binusian.” Doa Pak Rektor.

Acara diakhiri dengan ucapan selamat dari berbagai pimpinan BINUS dan dosen, serta penampilan dari UKM band dan UKM Stamanara. Melalui event Pelantikan ini, diharapkan para Ketua dan Pengurus OK Periode 2021/2022 dapat terus melahirkan semangat dan prestasi baru di masa yang penuh tantangan ini. Selamat menjabat seluruh Ketua OK BINUS UNIVERSITY 2021-2022!