BINUS UNIVERSITY

    Mobility Program, Kesempatan Emas Kenisha Perdalam Wawasan Interior Design

    BINUS UNIVERSITY tidak hanya menawarkan sistem belajar biasa di kelas, namun juga kesempatan untuk menambah pengalaman mahasiswa. Program (2+1) + 1 merupakan insiatif BINUS UNIVERSITY untuk mendidik sekaligus menambah pengalaman siswa agar siap memasuki berbagai lingkungan setelah lulus. 

    Mahasiswa yang telah melaluinya mengaku mendapat pengalaman berharga. Salah satunya adalah Kenisha Elice Setiawan, mahasiswa asal Bandung yang mengambil jurusan desain interior (interior design). Baginya, mengikuti program (2+1) + 1 berperan besar dalam mengembangkan wawasan akademik maupun soft skills.

    Pengalaman Kenisha

    Program

    Program (2+1) + 1 BINUS UNIVERSITY mencakup dua tahun belajar di kampus asal, setahun di cabang kampus lain, dan setahun pengayaan (enrichment). Kenisha menjalaninya dengan kuliah di Bandung selama dua tahun sebelum pindah ke kampus BINUS UNIVERSITY di Kemanggisan, Jabodetabek, dan belajar di sana selama setahun.

    Kenisha, yang mengambil Prodi Commercial and Hospitality Design, tidak hanya belajar di kelas-kelas yang sesuai bidangnya. Selama belajar di kampus Kemanggisan, Kenisha bertemu dengan banyak dosen dan pakar desain yang berbagi pengalaman berharga, baik di konteks perkuliahan maupun program luar kelas.

    Program (2+1) + 1 BINUS UNIVERSITY juga mengajak Kenisha memahami dunia desain profesional di kota berbeda. Hal ini memberi lebih banyak sudut pandang akan ekspektasi dunia kerja setelah lulus. Jangka waktu kuliah di kampus lain yang hanya setahun juga memudahkan Kenisha meminta izin pada orang tuanya.

    Manfaat Program BINUS UNIVERSITY untuk Kenisha

    Program

    Apa saja manfaat yang diperoleh Kenisha dari pengalamannya mengikuti program BINUS UNIVERSITY?

    Berikut inti dari penuturannya:

    • Perubahan Suasana Kuliah

    Suasana kuliah di kota yang sama bisa terasa monoton setelah beberapa waktu. Mengikuti perkuliahan di kampus yang sama tetapi di kota berbeda bisa menyegarkan kognisi dan mental sehingga menambah manfaat bagi perkembangan pribadi. 

    • Bertemu Wajah Baru

    Kenisha menikmati pengalamannya kuliah di kota lain karena bisa bertemu teman-teman baru. Kenisha juga bertemu dosen, pakar desain, bahkan koneksi baru yang kelak bermanfaat bagi perkembangan kariernya.

    • Menambah Kredit Akademik

    Mengikuti program (2+1) + 1 BINUS UNIVERSITY memberi Kenisha tambahan kredit bagi rekaman akademisnya. Faktor pengalaman, pengayaan, serta pengetahuan baru memberi kelebihan ekstra bagi Kenisha untuk menonjolkan kualitasnya sebagai mahasiswa.

    • Menambah Perspektif Baru dalam Bidang Ilmu

    Sebagai mahasiswa jurusan studi Commercial and Hospitality Design, Kenisha harus banyak belajar tentang perilaku dan perspektif masyarakat agar bisa membuat desain paling ideal. Belajar di kota berbeda dengan lebih banyak pakar tidak hanya menambah wawasannya, namun juga memberi perspektif berbeda dalam memahami berbagai unsur desain untuk ruang publik. Kenisha bisa mempraktikkannya saat harus mengerjakan proyek untuk beragam klien.

    • Menambah Pengalaman Profesional

    Kenisha mendapat tambahan kegiatan pengayaan (enrichment) selama setahun berupa kegiatan magang. Selain menambah pengetahuan dan keahlian praktis, Kenisha jadi lebih siap menghadapi ekspektasi dunia kerja serta keharusan berkomunikasi dengan para profesional demi mewujudkan karier.

    Pengayaan untuk Mahasiswa

    Program

    Magang di perusahaan bukan satu-satunya kegiatan pengayaan yang disediakan BINUS UNIVERSITY untuk (2+1) + 1. Mahasiswa mendapat beberapa pilihan kegiatan, misalnya:

    • Kuliah di Luar Negeri

    BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan beberapa kampus luar negeri untuk melakukan program pertukaran pelajar. Program belajar ini tersedia selama setahun dan bertujuan menambah perspektif serta wawasan mahasiswa yang berminat berkarier di ajang internasional.

    • Membangun Bisnis

    Mahasiswa bisa menjajal bisnis (start-up) dengan bimbingan dosen sesuai bidangnya. Selain menyusun program pembentukan bisnis, mahasiswa juga bisa mendapat akses ke sumber-sumber modal.

    • Penelitian

    Mahasiswa yang tertarik dengan aspek penelitian bisa mengambil program riset selama dua semester. Hal ini termasuk bimbingan soal metode dan ide untuk inovasi.

    • Kegiatan Komunitas

    Mahasiswa yang tertarik bekerja sama dengan masyarakat bisa mengikuti program sosial dari kampus, misalnya Teach for Indonesia.

    Program (2+1) + 1 BINUS UNIVERSITY memberi manfaat akademis dan personal bagi Kenisha. Hal ini tentu berlaku bagi mahasiswa lain yang tertarik mengambil program serupa, terutama jika ingin berkarier sambil meningkatkan kemampuan riset atau pengalaman aktivitas sosial.