BINUS UNIVERSITY

    Mengenal Sourdough, Alternatif Sehat dan Nikmat untuk Para Pecinta Roti

    Di zaman sekarang ini, banyak orang yang sudah mulai mementingkan kesehatan sehingga kebanyakan dari mereka ingin mencoba mengganti beberapa makanan berat ataupun ringan dengan makanan yang memiliki komposisi lebih sehat. Salah satu makanan umum dan favorit kebanyakan orang di Indonesia adalah roti, namun tanpa disangka mengonsumsi roti terlalu banyak dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu alternatif dari tepung putih yang biasa kita santap adalah sourdough, yang kaya akan mineral dan protein. Sourdough sendiri sebenarnya adalah sejenis roti yang dibuat dengan menggunakan tepung dan air yang telah difermentasikan. Roti jenis ini dikenal dengan roti paling sehat dibandingkan dengan jenis roti lainnya karena dapat mengontrol gula darah, mudah dicerna, membantu menurunkan berat badan, menyehatkan pencernaan, dan menguatkan kekebalan tubuh. Walaupun terlihat kompleks, namun roti jenis ini tetap bisa dibuat dan diolah di rumah masing-masing. Memahami potensi sourdough sebagai salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia secara luas, Program Studi Business Hotel Management BINUS UNIVERSITY mengadakan talkshow pada Rabu 7 April 2021 dengan mengusung tema German Bread Master: Sourdough Philosophy.

    Talkshow ini dipandu oleh 2 orang moderator yaitu Bapak Agung Gita Subakti, CHE., PhD dan Angela, BINUSIAN Prodi Business Hotel Management BINUS UNIVERSITY. Selain mengusung tema talkshow, acara ini juga memperlihatkan bahan dan perlengkapan serta pembuatan sourdough dengan dibawakan oleh seorang Chef Afi Situmeang yang bekerja di Manufactum GmbH, Munchen, Germany sebagai Alchemist Baker. Beliau memiliki pengalaman di bidang bakery selama lebih dari 20 tahun. Acara ini dibuka dengan sambutan dari moderator serta opening speech dari Dr. Arif Zulkarnain., CHE selaku Head of Business Hotel Management BINUS UNIVERSITY. Beliau berterima kasih kepada Chef Afi Situmeang atas ketersediannya dan kehadirannya pada acara yang diadakan oleh BINUS UNIVERSITY.

    “Hopefully this event can run smoothly dan terima kasih kepada para mahasiswa yang sudah join acara hari ini. Semoga acara ini bisa bermanfaat dan sukses terus untuk para mahasiswa” Ungkap Dr. Arif Zulkarnain., CHE,

    Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan aturan talkshow dan CV narasumber. Tidak luput juga, Chef Arif Zulkarnain memberikan ucapan terima kasih karena telah diundang menjadi narasumber pada acara tersebut.

    Sebelum memulai workshop, Chef Arif Zulkarnain memberikan informasi yang menarik yaitu mengenai sejarah dari ragi. Kemudian dilanjutkan dengan workshop yang diselingi oleh QnA, tidak dipungkiri antusiasme peserta cukup tinggi sehingga pertanyaan yang dilontarkan pun cukup banyak. Acara pun berakhir dengan ditutup oleh moderator serta pesan dan harapan dari Chef Arif Zulkarnain kepada para peserta untuk selalu giat belajar dan pantang menyerah dalam menggapai setiap mimpi yang dimiliki dalam dunia kuliner dan perhotelan.