Kecanggihan teknologi dapat memberi kemudahan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk di dunia kerja. Salah satu buktinya adalah pemanfaatan big data oleh berbagai perusahaan besar. Big data merupakan sekumpulan data yang berukuran sangat besar dan kompleks yang dapat dianalisis untuk bisa memperoleh insight bisnis berharga. 

Hanya saja, pemrosesan big data tidak bisa dilakukan dengan metode tradisional. Apalagi, data yang terangkum dalam big data tidak seragam, tetapi dapat terbagi menjadi 3 jenis, yakni: 

Data Science

  1. Terstruktur

Data terstruktur adalah jenis data yang sudah diatur dengan baik sehingga dapat diproses dan dianalisis secara efektif. Data jenis ini memiliki format penulisan yang jelas dan dapat dipahami dengan mudah oleh mesin pencari. 

  1. Tidak terstruktur

Big data juga mencakup data tidak terstruktur yang punya format beragam dan merupakan data mentah. Karena datanya terdiri dari berbagai jenis format, seperti teks, video, gambar, dan lain sebagainya, perlu tahap pemrosesan khusus untuk bisa menganalisisnya. 

  1. Semiterstruktur

Ada pula data semiterstruktur yang bentuknya tidak sekompleks seperti data tidak terstruktur. Lewat pemanfaatan tagging metadata, jenis data semiterstruktur dapat diolah dan analisis sehingga mampu menghasilkan informasi yang berguna. 

  • Peran Data Science dalam Pengolahan Big Data

Data Science

Keberadaan jenis data yang heterogen membuat big data tak bisa secara langsung menghasilkan informasi penting. Data science adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang cara pemrosesan big data. Dengan mempelajari data science, kamu bisa data berukuran masif dan memanfaatkannya sesuai dengan tingkat kebutuhan. 

Karena kemampuannya yang krusial tersebut, data scientist merupakan tenaga yang sangat diperlukan oleh startup dan perusahaan besar saat ini. Bekal pengetahuan tentang data science dapat kamu manfaatkan untuk bergabung dengan perusahaan multinasional seperti GoJek, Grab, Amazon, Tokopedia, Apple, Google, dan lain sebagainya. 

Menariknya lagi, kuliah jurusan data science tidak hanya memberi kamu peluang kerja yang sangat luas dan menjanjikan. Kamu juga berpotensi memperoleh gaji tinggi dengan kemampuan yang dimiliki. Riset PHI-Integration mengungkapkan kalau fresh graduate data scientist bisa membawa pulang gaji mencapai angka Rp12 – 15 juta per bulan. 

  • Kemampuan yang Wajib Dimiliki Data Scientist

Data Science

Kalau kamu ingin meraih kesuksesan karier sebagai seorang data scientist, ada 5 kemampuan esensial yang wajib dikuasai, yaitu: 

  • Machine learning

Pemahaman terhadap algoritma machine learning merupakan kemampuan penting dari seorang data scientist. Dalam sebuah platform, machine learning memiliki fungsi tak sekadar menggunakan data, tetapi juga mempelajari dan memprediksinya. 

  • Database

Saat berhadapan dengan big data, kamu akan menemukan pemakaian database dengan ukuran yang sangat besar. Oleh karenanya, kamu perlu membekali diri dengan kemampuan pengolahan data memakai query SQL kalau ingin menjadi data scientist. Selain itu, kamu juga perlu melatih diri agar punya kemampuan berpikir logis yang baik. 

  • Bahasa pemrograman

Kemampuan teknis berupa bahasa pemrograman tak boleh dilewatkan. Apalagi, dalam proses awal pengolahan big data, kamu perlu mengubah beragam jenis data sehingga dapat dipahami oleh program komputer. Tak sekadar pengetahuan tentang bahasa pemrograman, tetapi kamu juga harus mampu membangun kode yang memberi solusi praktis dan cepat. 

  • Kemampuan memproses data tidak terstruktur

Keahlian dalam memproses data tidak terstruktur merupakan kemampuan kunci yang harus dipunyai setiap data scientist. Kemampuan tersebut membuat kamu dapat mengolah beragam jenis data sehingga dapat disimpan secara teratur dan kemudian bisa diolah dengan mudah. 

  • Pemahaman fungsi analisis

Kemampuan dalam melakukan analisis juga tak boleh dilewatkan. Oleh karenanya, kamu jangan hanya terpaku pada pemahaman tentang teknologi. Namun, bekali dirimu dengan pengetahuan tentang analisis data, termasuk di antaranya adalah penerapan statistik untuk data science, teorema bayes, analitik prediktif, dan semacamnya. 

Bekal kemampuan menjadi seorang data scientist berkualitas dapat kamu peroleh ketika berkuliah di perguruan tinggi yang bagus. BINUS UNIVERSITY adalah pilihan kampus terbaik yang dapat menunjang impianmu menjadi data scientist. Di sini, kamu tidak hanya memperoleh dukungan beragam perangkat teknologi canggih. Namun, ekosistem yang ada juga bakal membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan.