Bagi Binusian, BINUSMAYA begitu akrab membantu jalannya kuliah sehari-hari. BINUSMAYA merupakan suatu platform online learning yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa, dosen, dan bagian kampus BINUS lainnya (seperti Student Service Center dan Lecturer Service Center).

Binusmaya berbentuk Learning Management System (LMS) yang memang khusus dibangun dan dikembangkan oleh BINUS UNIVERSITY demi mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi lewat Multi Channel Learning (MCL). Selain dapat diakses melalui browser, kamu juga bisa mengunduh aplikasi BINUSMAYA di Play Store dan App Store. 

Lalu, bagaimana BINUSMAYA bisa membuat kegiatan kuliah di BINUS UNIVERSITY lebih mudah? Berikut 5 alasan utamanya.

BINUS UNIVERSITY

  • Menampilkan semua jadwal perkuliahan

Sudah jadi rahasia umum di kalangan mahasiswa bahwa jadwal perkuliahan bisa berubah sewaktu-waktu. Terbayang ya betapa lelahnya sudah jauh-jauh ke kampus ternyata tidak jadi masuk kelas karena ada perubahan jadwal mendadak. Bukan hanya mengubah suasana hati, tetapi juga buang waktu dan tenaga.

Nah, dengan BINUSMAYA hal seperti ini tidak akan terjadi. Kamu cukup mengaktifkan push notification jika pakai aplikasi atau cek email agar dapat melihat update terkini soal perkuliahan. Bahkan, kamu juga bisa mengetahui sejauh mana kelas telah berlangsung.   

Jadwal UTS dan UAS biasanya sudah terdaftar pula di BINUSMAYA. Maka, mengecek BINUSMAYA setiap hari penting agar perkuliahan kamu bisa berjalan lancar tanpa hambatan. 

  • Membantu kamu mengakses materi perkuliahan 

Dalam metode perkuliahan konvensional, materi dari dosen hanya bisa kamu dapat dengan menghadiri kelas langsung. Itu pun belum tentu dosen memberikan soft copy materi. Kalau kamu tidak ke kampus karena sakit misalnya, mau tak mau kamu harus meminjam catatan dari teman.

Dengan BINUSMAYA, kamu dapat mengakses materi perkuliahan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dosen akan mengunggah bahan perkuliahan di BINUSMAYA, baik materi pokok maupun tambahan. Jadi, kamu dapat mempelajarinya lebih dulu atau mengaksesnya kemudian.  

  • Membantu kamu mengecek dan mengumpulkan tugas kuliah

Keuntungan berkuliah di zaman serba digital seperti sekarang adalah kamu tidak harus selalu repot mengumpulkan tugas dalam bentuk fisik. Apalagi, saat masa pandemi ketika semua kegiatan kampus berlangsung secara daring. Otomatis tugas pun cukup dikirim via email atau langsung upload ke LMS. 

BINUSMAYA sudah menyediakan semua fitur tersebut. Kamu bisa melihat secara real time kapan dosen mengunggah tugas, deadline pengumpulan, serta cara mengumpulkannya. Di mana pun kamu berada, bisa menyelesaikan tugas dan mengirim ke dosen segera. Praktis!

  • Mempermudah urusan administrasi dari mana saja

Harus mengurus pembayaran, izin magang, ambil sertifikat, urus beasiswa, sampai cek nilai UAS? Saat belum kenal LMS, kamu harus datang ke kampus untuk mengurus semua satu per satu. Kadang butuh waktu berhari-hari sampai akhirnya kamu memperoleh dokumen yang diperlukan.

Hal itu tidak berlaku bagi BINUSIAN. Cukup masuk ke BINUSMAYA dengan akun masing-masing, segala urusan administrasi bisa kamu proses dari rumah. Dengan mengisi data sesuai yang dibutuhkan, pihak kampus akan memproses permintaan tersebut. Lalu, kamu tinggal datang ke kampus saat dokumen siap.

  • Dapat berdiskusi secara interaktif melalui forum diskusi

Kendala perkuliahan jarak jauh adalah sulitnya berkomunikasi dan mendiskusikan materi yang diberikan dosen secara interaktif, baik dengan dosen maupun teman sekelas. Membahas tugas atau bahan perkuliahan melalui aplikasi kirim pesan juga ada batasan. 

BINUSMAYA memfasilitasi kebutuhan berdiskusi tersebut dengan menyediakan forum diskusi. Dosen bisa membuat grup diskusi dan mahasiswa juga dapat membuat post baru yang membahas materi kuliah. Bahkan, jika kamu sudah update aplikasi BINUSMAYA, bisa lho melakukan video conference langsung dari aplikasi sehingga kelas kuliah online pun terasa lebih ‘hidup.’

Itulah 5 alasan mengapa BINUSMAYA bisa membuat kuliah kamu lebih mudah. Kuliah online di masa pandemi pun tidak terasa berbeda jauh karena kamu sudah terbiasa melakukannya lewat BINUSMAYA. Saat teknologi datang untuk alasan kepraktisan, maka memanfaatkan secara optimal adalah langkah paling bijak. Sudah buka BINUSMAYA kamu hari ini?