Pernahkah kamu mendengar psikologi terapan?

Istilah tersebut merujuk pada pemakaian metode maupun temuan ilmiah yang berdasarkan prinsip psikologi. Tujuannya tak lain untuk memberi solusi praktis atas permasalahan yang dihadapi manusia, baik dari segi perilaku maupun pengalaman.

Bisa dibilang hampir semua sendi kehidupan manusia dapat dikaji secara psikologis. Sebut saja, kesehatan mental, hukum, desain produk, pendidikan, serta kesehatan. Sementara itu, bidang psikologi terapan yang sering dipelajari di program studi Psikologi, antara lain psikologi industri dan organisasi, psikologi klinis, psikologi hukum, psikologi konseling, psikologi forensik, dan psikologi olahraga.

Jika kamu berminat berkuliah di Psikologi BINUS UNIVERSITY, Psikologi Terapan jadi fokus utama. Artinya, pemahaman dan keterampilan mahasiswa akan diperkuat guna mengaplikasikan psikologi dalam beragam situasi. Penyusunan program Peminatan akan membantu memuluskan langkah tersebut agar mahasiswa berkesempatan mengembangkan diri di area psikologi sesuai minatnya.

Tiga Peminatan Psikologi BINUS UNIVERSITY

Program

Sedikit berbeda dengan jurusan serupa di universitas lain, mahasiswa Psikologi BINUS sudah mengikuti peminatan sejak semester V. Hal tersebut sejalan dengan arah pengembangan jurusan, yakni Psikologi Intervensi dan Kerekayasaan atau Intervention and Engineering Psychology. 

Dari peminatan yang ada, mahasiswa diharapkan mampu menciptakan dan mengembangkan rangkaian intervensi psikologi nonklinis. Tujuan akhir yang hendak dicapai adalah untuk mempertajam kinerja manusia, sekaligus sebagai alternatif solusi dalam upaya pemecahan masalah sosial.

Nah, ada tiga peminatan yang akan kamu jumpai di jurusan Psikologi BINUS UNIVERSITY.

  • Psikologi Komunitas

Sesuai namanya, peminatan ini akan memfokuskan kamu pada pembuatan intervensi sosial. Merupakan salah satu cabang dari Psikologi Sosial, Psikologi Komunitas membawamu belajar memahami konteks dan sejauh mana ruang lingkup intervensi sosial. 

Beberapa mata kuliah yang harus kamu tempuh, antara lain Pengantar Psikologi Perkotaan, Psikologi Kebijakan Publik, Psikologi Perkotaan, dan Psikologi Indijinus. Keempat mata kuliah tersebut bakal kamu ambil di semester V.

Menginjak semester VII, kamu akan magang alias internship di LSM atau institusi pemerintahan. Di sini, kamu bisa mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan saat menyusun intervensi sosial di tempat magang. Setelah kegiatan magang selesai, kamu bisa membuat rencana penelitian untuk skripsi berdasarkan intervensi sosial tersebut.

Peminatan pada Psikologi Komunitas dapat membawamu pada beberapa prospek karier. Selain dosen dan peneliti, kamu juga bisa bekerja sebagai jurnalis, aktivis LSM, maupun aparatur sipil negara.

  • Psikologi Industri dan Organisasi

Tertarik bergerak di bidang industri dan organisasi? Maka, peminatan Psikologi Industri dan Organisasi atau PIO adalah pilihan tepat. Melalui peminatan ini, kamu akan membuat program pelatihan dan pengembangan (training and development) setelah mampu memahami konteks dan cakupan organisasi. 

Kamu wajib lulus mata kuliah ini: Psikologi Kekinerjaan Manusia, Human Resource Function & Information System, Perilaku Konsumen, serta Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan. Jadi, kamu bisa menyusun pelatihan dan pengembangan yang tepat berdasarkan kebutuhan suatu organisasi.

Saat semester VII, kamu akan magang di perusahaan. Sama seperti peminatan Psikologi Komunitas, kamu harus menyiapkan pelatihan dan pengembangan yang bisa diterapkan di perusahaan tempat magang. Nantinya, data tersebut dapat jadi modal kamu untuk menyusun rancangan penelitian sebagai syarat kelulusan di semester akhir.

Prospek karier PIO memang terbuka lebar, khususnya di perusahaan. Kamu bisa menekuni bidang SDM, trainer pelatihan dan pengembangan, konsultan karier, headhunter, hingga market researcher. 

  • Psikologi Pendidikan

Tentu saja peminatan ini berkaitan erat dengan dunia sekolah. Desain Instruksi Pembelajaran jadi target intervensi yang perlu kamu siapkan di semester VI. Syaratnya, kamu harus lebih dulu lulus mata kuliah berikut: Psikologi Kreativitas & Keberbakatan, Psikologi Pendidikan Kebutuhan Khusus, Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, dan Psikologi Inteligensi.

Dengan demikian, desain instruksi pembelajaran yang kamu susun menyasar pada pengembangan kreativitas, anak usia dini, dan individu dengan kebutuhan khusus. Tentu saja pada semester VII kamu akan magang di lembaga pendidikan formal atau nonformal. Bahkan, desain instruksi pembelajaran yang telah kamu susun bisa dikembangkan menjadi rencana penelitian bakal skripsi nantinya. 

Peminatan Psikologi Pendidikan menghadirkan prospek karier dalam lingkup sekolah dan institusi pendidikan lainnya. Contoh, kamu bisa bekerja sebagai guru bimbingan konseling, konsultan karier, maupun konsultan pendidikan di bimbingan belajar. 

Uraian mengenai program Peminatan tadi dapat memberi referensi bagaimana kegiatan perkuliahan di jurusan Psikologi BINUS UNIVERSITY, khususnya pada tahun ketiga dan keempat. Kamu pun bisa membayangkan apa tujuan utama yang ingin dicapai dengan berkuliah di Psikologi BINUS. 

Jadi, sudah tahu akan mengambil peminatan yang mana?