BINUS UNIVERSITY

    Mau Jadi Jurnalis Andal? Ketahui Teknik dan Keterampilan dalam Reportase

    Salah satu bidang karier yang ditawarkan di dunia Mass Communication adalah Jurnalis sebagai seorang Reporter, dan teknik reportase menjadi salah satu hal dasar yang wajib dikuasai. Selama proses reportase, banyak hal yang perlu dipahami, dan Jurnalis harus mampu menciptakan alur wawancara yang nyaman, sehingga narasumber lebih terbuka saat memberikan informasi. 

    Tidak hanya itu, Jurnalis juga harus bisa memastikan bahwa hasil wawancara yang dilakukan memiliki informasi yang akurat dan mendalam. Inilah mengapa, seorang Jurnalis harus mempelajari bagaimana teknik dan keterampilan reportase yang tepat agar bisa menjadi seorang Jurnalis andal. 

    Teknik dalam Reportase yang Perlu Diketahui

    Keterampilan

    Lalu, apa saja teknik dalam reportase yang perlu diketahui oleh seorang Jurnalis? Berikut beberapa di antaranya:

    • Melakukan Riset yang Mendalam

    Sebelum reportase, seorang Reporter sudah pasti harus melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu. Topik menjadi hal pertama yang perlu ditelaah. Setidaknya, kamu harus menguasai topik yang nantinya akan disampaikan pada masyarakat. Lakukan analisis pada pembahasan tersebut, seperti misalnya aktualitas atau kebenarannya, dampaknya, atau orang-orang yang terlibat di dalamnya. 

    Jika kamu yakin topik ini menarik dijadikan berita, selanjutnya carilah siapa saja pihak yang bisa kamu jadikan narasumber guna memperdalam dan melengkapi analisis yang sudah kamu lakukan. Dengan begitu, berita yang kamu sampaikan akan lebih akurat.

    • Tentukan Angle dan Buat Daftar Pertanyaan

    Sebuah reportase akan sia-sia jika publik tidak tertarik dan tidak mau membacanya, sehingga kamu harus bisa menentukan sudut pandang yang mungkin disukai atau penting bagi publik. Lalu, buatlah daftar pertanyaan sebelum kamu melakukan reportase, sehingga wawancara yang kamu lakukan sesuai dengan sudut pandang yang kamu pilih.

    Buat daftar pertanyaan dengan memasukkan unsur 5W (what, when, who, why, where) dan 1H (how). Namun, jika di lapangan kamu menemukan hal menarik lain untuk ditanyakan, jangan ragu untuk menanyakannya, sehingga informasi yang kamu butuhkan dari narasumber semakin lengkap. 

    • Mintalah Narasumber Berbicara Perlahan

    Agar tidak ada informasi yang tertinggal, mintalah narasumber untuk berbicara lebih pelan dan jelas. Ketika reportase, kamu mungkin akan menemukan narasumber yang berbicara dengan sangat pelan dan lambat, tetapi bisa juga sebaliknya. Atau, bawalah alat perekam setiap kali kamu wawancara, sehingga kamu bisa mendapatkan semua informasinya dengan jelas dan lengkap. 

    • Lakukan Klarifikasi

    Selanjutnya, jangan lupa lakukan klarifikasi supaya apa yang kamu tangkap dengan apa yang dimaksud oleh narasumber telah sesuai. Pastikan pula nama dan jabatan dari narasumber sudah jelas dan benar guna mengurangi kesalahan tulis saat berita sepenuhnya dipublikasikan pada masyarakat. 

    Keterampilan yang Dibutuhkan dalam Reportase

    Keterampilan

    Setelah mengetahui teknik dalam reportase, sekarang kamu perlu menguasai berbagai keterampilan berikut:

    • Menulis

    Menulis adalah skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang Reporter, terlebih yang berkecimpung dalam media online atau cetak. Meski begitu, kemampuan ini tidak sebatas pada menulis informasi dengan benar, tetapi juga menarik. Caranya, tentu saja dengan memosisikan dirimu sebagai pembaca.

    • Keingintahuan

    Pekerjaanmu tidak sebatas pada data, pengarahan dari editor atau pemimpin redaksi, atau wawancara. Kamu harus memiliki keingintahuan yang besar, dan ini menjadi kunci terbaik ketika kamu melakukan wawancara. Rasa ingin tahu akan membuat berita yang kamu sampaikan menjadi lebih menarik dan padat informasi.

    • Komunikasi

    Tidak kalah pentingnya adalah keterampilan berkomunikasi. Kamu akan bertemu dan berhadapan dengan orang-orang baru setiap wawancara, sehingga kemampuan kamu berkomunikasi pun harus mumpuni. Baik komunikasi verbal maupun nonverbal harus dikuasai dengan baik oleh seorang Reporter.

    Selain itu, seorang Reporter juga harus memiliki kemampuan melakukan riset sebelum wawancara atau reportase, sehingga informasi yang kamu dapatkan akan lebih dalam dan akurat. Artinya, kamu harus selalu peka terhadap perkembangan dan perubahan informasi. 

    Nah, melalui program Mass Communication, BINUS UNIVERSITY akan memberikan kamu bekal ilmu teknik sekaligus keterampilan dalam menjadi seorang Reporter atau Jurnalis yang andal. Setiap mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan untuk menjadi seorang profesional yang sukses dalam dunia penyiaran.