Jurusan yang berkaitan dengan information technology (IT) menjadi program kuliah favorit. Apalagi, jurusan kuliah ini menawarkan prospek kerja menjanjikan dan bergaji besar. Saat memilih berkuliah IT, kamu pun bisa menjumpai banyak pilihan jurusan, termasuk di antaranya adalah computer science atau ilmu komputer.

Popularitas jurusan computer science memang sangat tinggi. Hanya saja, tidak semua orang memahami apa saja yang bakal dipelajari selama berkuliah di sini. Selain itu, tak sedikit pula masyarakat awam yang kebingungan dalam membedakan program studi computer science dengan jurusan IT lainnya, seperti teknik informatika dan sistem informasi. 

  • Perbedaan Jurusan Computer Science, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi

Computer Science

Ketiga jurusan kuliah di bidang IT, computer science, teknik informatika, dan sistem informasi punya kurikulum pembelajarannya masing-masing. Kamu pun bakal mendapati kalau ilmu yang dipelajari di ketiganya berbeda satu sama lain. 

  • #1. Computer Science

Mahasiswa jurusan computer science bakal mengedepankan pembelajaran berkaitan dengan ilmu komputer. Di sini, kamu bisa memperoleh banyak pengetahuan berkaitan dengan konsep dasar pengembangan aplikasi, teori jaringan, algoritma pemrograman, dan lain sebagainya. Tak sekadar teori, mahasiswa jurusan ilmu komputer juga bakal memperoleh kesempatan praktik belajar tentang bahasa pemrograman. 

  • #2. Teknik Informatika

Mereka yang berkuliah di jurusan teknik informatika bakal memperoleh kurikulum pembelajaran yang berbeda cukup kontras dengan computer science. Di sini, kamu akan didorong untuk memperbanyak praktik dibandingkan belajar teori. Oleh karenanya, tidak heran kalau tugas akhir yang dikerjakan oleh mahasiswa teknik informatika selalu berkaitan dengan pembuatan aplikasi. 

  • #3. Sistem Informasi

Sementara itu, mahasiswa jurusan sistem informasi tidak akan terlalu memfokuskan pembelajaran pada kemampuan teknis di bidang IT. Selain belajar IT, kamu juga akan memperoleh materi berkaitan dengan manajemen dan bisnis. Dengan skema pembelajaran seperti itu, jurusan sistem informasi kerap disebut sebagai jembatan yang menghubungkan antara dunia bisnis dan IT. 

  • Peluang Kerja Alumni Computer Science

Computer Science

Seperti halnya lulusan jurusan IT lain, para alumni computer science merupakan tenaga kerja yang banyak dicari perusahaan. Apalagi, era industri 4.0 mengharuskan setiap organisasi, baik perusahaan swasta, BUMN, ataupun instansi pemerintah dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi. 

Pilihan karier yang bisa dijalani oleh lulusan computer science juga sangat variatif, di antaranya adalah: 

  • #1. Web developer

Seorang web developer bertugas untuk merancang, mengembangkan, atau memodifikasi sebuah website. Selain itu, kamu juga perlu melakukan analisis tingkat kebutuhan pengguna berkaitan dengan fitur kerja, kapasitas, ataupun penerapan konten website

  • #2. Developer aplikasi

Peluang kerja selanjutnya adalah bekerja sebagai developer aplikasi. Saat memilih pekerjaan ini, kamu perlu melakukan perancangan, pengembangan, ataupun modifikasi aplikasi komputer. 

  • #3. Full stack developer

Full stack developer merupakan tenaga programmer yang punya keahlian komplet. Kamu tidak hanya harus bertanggung jawab pada desain tampilan luar website. Namun, kamu juga perlu menangani jeroan website, termasuk di antaranya adalah pengembangan fitur dan perancangan database

  • #4. Front end developer

Seorang front end developer adalah tenaga programmer yang bertanggung jawab dalam membangun tampilan luar sebuah website. Kamu pun perlu mendesain tampilannya sehingga terlihat atraktif dan membuat pengunjung website merasa nyaman. Biasanya, seorang front end developer bakal berkolaborasi secara intensif dengan seorang desainer website

  • #5. Back end developer

Rekomendasi karier lulusan jurusan kuliah ilmu komputer selanjutnya adalah back end developer. Saat meniti karier sebagai back end developer, kamu akan memperoleh tanggung jawab dalam pengembangan aplikasi berbasis web. Tak lupa, kamu juga akan dibebani tugas berkaitan dengan perancangan database website

Itulah informasi yang cukup lengkap tentang apa saja yang bisa kamu dapatkan selama berkuliah di jurusan computer science. Jurusan kuliah ini terbukti memiliki prospek yang tak kalah menjanjikan dibandingkan teknik informatika dan sistem informasi, kan? 

Untuk memaksimalkan peluang mendapatkan kerja computer science, kamu perlu memilih tempat kuliah yang tepat. Solusinya, kamu bisa berkuliah di BINUS University yang tidak hanya dikenal sebagai kampus teknologi terbaik. Namun, BINUS juga menjadi tempat berkumpulnya para calon entrepreneur sukses Indonesia.