Program (2+1)+1 merupakan salah satu kegiatan yang sudah menjadi ciri khas di BINUS Malang dan Bandung. Kegiatan ini menawarkan kesempatan bagi mahasiswa di dua kota tersebut untuk tinggal dan melanjutkan studi di Kota Jakarta. Selain mendapatkan pengalaman baru saat berkuliah, wawasan serta penerapan ilmu yang diminati pun akan kian bertambah.

Akrab disapa Jessica, Elizabeth Jessica Muliadi merupakan salah seorang mahasiswi di BINUS Malang yang pernah terlibat langsung menjadi partisipan (2+1)+1. Ia membagi pengalaman dan harapannya saat hijrah dari Malang ke Jakarta untuk menjalani kegiatan yang sarat manfaat ini.

Motivasi Jessica Mengikuti Program (2+1)+1

Pada awalnya, Jessica mengaku belum terlalu tertarik dengan program (2+1)+1 yang ditawarkan kampusnya. Teman-teman lain dalam satu jurusan pun tidak berminat ikut, sehingga motivasinya untuk menyambung studi di kampus BINUS Jakarta kian berkurang. Jessica bahkan sempat berpikir bahwa ia bisa mendalami ilmu desain dengan mencari sendiri tanpa perlu jauh-jauh pergi ke Jakarta. 

Namun, karena merasa dirinya mampu secara finansial dan dapat memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan, Jessica menganggap kesempatan ini sebagai suatu hal yang tak boleh disia-siakan. Ia juga beranggapan bahwa Jakarta sebagai kota besar pasti memiliki perkembangan yang lebih maju dan pesat dalam berbagai bidang, termasuk bidang desain interior yang digelutinya.

Selain merasa tawaran tersebut sayang bila dilewatkan, Jessica akhirnya mengikuti program ini karena didorong sejumlah motivasi pribadi. Ia yang berniat mengambil internship di Jakarta menganggap (2+1)+1 sebagai kegiatan untuk mencuri start. Dengan begitu, ia bisa memahami situasi, mengerti pola pergaulan, dan membentuk koneksi sebelum masa magangnya dimulai.

Makna Program (2+1)+1 bagi Jessica

Program

Saat mengikuti program (2+1)+1 di Jakarta, Jessica Muliadi memilih peminatan Interior Design karena menganggap Furniture Design tidak terlalu sesuai dengan passion yang dimilikinya. Meski demikian, ia tetap dapat mendalami ilmu tentang desain saat menjalani perkuliahan di ibu kota.

Lebih dari itu, Jessica memaknai program ini sebagai kesempatan dalam hidupnya yang bisa memberikan segudang manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang ia rasakan setelah mengikuti (2+1)+1 yang ditawarkan BINUS Malang:

  • Mengenal mahasiswa lain dalam kegiatan yang sama. Hal ini bahkan sudah ia rasakan ketika mengikuti acara gathering di minggu pertama masuk kampus. 
  • Menciptakan hubungan erat dengan mahasiswa lintas jurusan yang bisa saling respek dan saling membantu satu sama lain.
  • Memberikan pengalaman baru dengan mengikuti perkuliahan di luar kota.
  • Melatih diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih kuat, mandiri, dan mudah beradaptasi.
  • Meningkatkan pemikiran dan pemahamannya tentang ilmu desain, terutama peminatan desain interior yang dipilihnya.
  • Membuatnya bisa melihat segala sesuatu dari banyak sisi dan semua sudut pandang, sehingga menajamkan keterampilannya dalam pemecahan masalah (problem solving).

Dengan sederet manfaat tersebut, Jessica merasa beruntung bisa memperoleh kesempatan untuk menjadi bagian dari program (2+1)+1 BINUS. Tak banyak kesulitan yang ia hadapi saat kegiatan ini berlangsung, apalagi dosen pembimbing akademik serta teman-temannya di BINUS Malang selalu peduli dan siap membantu dirinya yang tengah melanjutkan studi di ibu kota.

Harapan Jessica bagi Program (2+1)+1 BINUS Malang

Meski telah menganggap (2+1)+1 dan mobility sebagai salah satu program unggulan di kampusnya, Jessica Muliadi tetap menyimpan sejumlah harapan agar program tersebut dapat berjalan dengan lebih tepat sasaran.

Jessica berharap jika pihak kampus—khususnya BINUS Malang tempat ia berkuliah—bisa memberikan pembinaan dan koordinasi yang lebih baik lagi sebelum ia berangkat ke Jakarta. Dengan begitu, ia akan memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang bisa diandalkan saat sudah berada di ibu kota. Hal ini tidak hanya berlaku bagi bidang akademis, tetapi juga untuk menciptakan koneksi dengan partisipan dari jurusan lain.

Selain itu, Jessica berharap jika program ini akan terus diminati dan dapat diikuti lebih banyak partisipan di tahun-tahun mendatang. Ia juga menegaskan bahwa peluang berkuliah di kampus lain bukan hal yang bisa didapatkan semua orang. Ketika kesempatan tersebut datang, setiap orang sudah harus siap mengambil bagian.

Jadi, pastikan kamu pun sudah menyiapkan diri untuk berpartisipasi dan mengambil manfaat dari program BINUS UNIVERSITY ini.