Menggabungkan pemikiran creative dan bidang entrepreneurship, program studi Creativepreneurship di BINUS UNIVERSITY bertujuan mencetak calon pengusaha penuh inovasi yang bergerak di bidang industri kreatif. Proses perkuliahannya pun melibatkan sejumlah aktivitas dan teknik pembelajaran terbaik untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa di bidang terkait. Hasilnya, jurusan ini mampu menghadirkan peluang karier dan usaha dalam cakupan yang luas. 

Sekilas tentang Creativepreneurship BINUS

Binus

Creativepreneurship merupakan program studi Kewirausahaan yang dihadirkan di Kampus BINUS Bandung. Lokasinya sendiri berada di Jalan Pasir Kaliki No. 25-27, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Mulai diperkenalkan pada tahun 2017, jurusan jenjang Strata 1 ini memiliki visi untuk mempersiapkan pengusaha muda bergelar S.Bns. yang mampu bekerja secara profesional dalam mengembangkan usaha kreatif.

Untuk bisa mewujudkan visi tersebut, Creativepreneurship menerapkan teknik pembelajaran kelas dunia. Beberapa strategi yang diterapkan dalam sesi perkuliahan meliputi Experiential Learning dan Entrepreneurship Living Laboratory.

Selain itu, kamu juga akan dibina untuk mengembangkan usaha sendiri melalui pelatihan Mentoring, Investor Pitch, Market Testing, hingga strategi Flipped-Classroom. Seluruhnya akan membantumu menggali potensi yang dimiliki sekaligus mengembangkan kompetensi yang diperlukan oleh pengusaha di bidang industri kreatif.

Kompetensi yang Dikembangkan

Binus

Selama masa perkuliahan di program studi Creativepreneurship BINUS, kamu dapat mengembangkan sejumlah kompetensi berikut:

  1. Entrepreneurial Skills, termasuk keterampilan menemukan ide dan mengembangkan peluang bisnis, strategi analisis pasar, risiko, dan persaingan, perumusan model dan rencana bisnis, serta langkah merintis bisnis baru (start-up).
  2. Pengelolaan Bisnis, meliputi pembahasan dan penerapan berbagai teori ekonomi, finansial, manajemen bisnis, strategi pemasaran, hingga operasional usaha.
  3. Kewirausahaan untuk Menciptakan Lapangan Kerja, tujuannya memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan usaha.
  4. Integrasi Information and Communication Technology (ICT) dalam Dunia Bisnis, bertujuan mencetak pengusaha yang dapat menerapkan prinsip-prinsip ICT untuk menjalankan bisnis digital di pasar berskala global.
  5. Critical Thinking and Innovative Design, dua soft skill inti yang dibutuhkan seorang entrepreneur untuk menghasilkan ide bisnis yang inovatif sekaligus pemikiran peluang pasar yang menjanjikan.

Prospek Karier  

Binus

Creativepreneurship BINUS tak hanya menghadirkan kompetensi unggulan sebagai modal memulai usaha. Program studi ini juga menawarkan berbagai jenjang karier menjanjikan yang dibutuhkan di era industri 4.0 seperti saat ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Creativepreneur

Creativepreneur atau pelaku usaha kreatif adalah bidang usaha yang saat ini tengah banyak digemari para pengusaha muda. Seperti namanya, profesi ini bergantung pada kreativitas seorang pengusaha dalam menciptakan inovasi bisnis yang bisa menjadi solusi kehidupan modern saat ini.

  • Sociopreneur

Tak hanya berfokus pada keuntungan semata, seorang sociopreneur menjalankan usaha dengan tujuan menyejahterakan banyak pihak. Kontribusi sosial yang diberikan melalui usaha ini bisa diterapkan pada bidang pendidikan, kesehatan, bahkan pelestarian lingkungan.

  • eCommerce Specialist

Layanan ecommerce yang kian berkembang membutuhkan tenaga ahli untuk mengelola bisnis digital secara profesional. Di sinilah seorang ecommerce specialist bisa menerapkan keahliannya. Kompetensi yang didapatkan di program studi Creativepreneurship dapat pula diterapkan dalam strategi penjualan digital di aplikasi maupun situs web.

  • Business Planner & Developer

Lulusan Creativepreneurship juga bisa menerapkan ilmunya dengan berprofesi sebagai business planner and developer. Profesi ini melibatkan soft skill dan sejumlah keterampilan tambahan lain dalam perencanaan dan pengembangan usaha, baik usaha yang baru dirintis maupun usaha lama yang menginginkan transformasi.

  • Business Consultant

Konsultan bisnis berperan memberikan anjuran dan bimbingan bagi individu atau perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya. Profesi ini juga banyak dicari, terutama jika tenaga ahli yang menjalankannya memiliki kompetensi dan keterampilan mumpuni.

Dengan berbagai keunggulan kompetensi dan prospek karier yang ditawarkan, Creativepreneurship BINUS pantas dijadikan salah satu pilihan utama untuk jenjang pendidikan tinggi. Program ini juga dianggap sebagai pilihan tepat bagi kamu yang ingin mempelajari ilmu kewirausahaan secara lebih dalam. Kompetensi yang didapatkan selama masa perkuliahan nantinya bisa kamu terapkan dalam pengembangan usaha yang memberi kontribusi bagi sesama.