Beasiswa menjadi andalan siswa berprestasi untuk menempuh pendidikan terbaik di BINUS UNIVERSITY. Salah satu siswa beruntung tersebut adalah Silvia Ratih, atlet bulu tangkis yang keahliannya berhasil membawanya ke ajang nasional bergengsi di usia sangat muda. Prestasinya pun menjadi batu loncatan untuk menempuh pendidikan bermutu lewat beasiswa seperti idamannya.

Penasaran bagaimana Silvia meraih beasiswa lewat prestasinya? Inilah kisahnya.

Prestasi Silvia

BINUS UNIVERSITY

Silvia Ratih menorehkan namanya pada ajang bergengsi untuk pertama kali di rangkaian pertandingan Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) tahun 2019. Atlet kelahiran Jakarta tahun 2001 tersebut berlatih di bawah naungan EXIST Jakarta sebelum menyabet gelar pertama pada pertandingan ganda campuran di Djarum Sirnas Sulawesi Selatan.

Dalam beberapa pertandingan di Djarum Sirnas, Silvia terkenal dengan serangan-serangannya yang kuat, membuat lawan sulit mengembalikannya. Silvia bahkan berhasil masuk ke daftar peringkat delapan besar lewat kemenangannya dalam tim ganda campuran pada Djarum Sirnas Premier di Jakarta, bersanding dengan Muhammad Yusuf.

Prestasi Silvia, ditambah dengan karakteristik seperti ketekunan, pantang menyerah, dan motivasi tinggi, membuatnya ideal sebagai kandidat beasiswa BINUS UNIVERSITY.

Beasiswa Kuliah Manajemen untuk Silvia Ratih

BINUS UNIVERSITY

Prestasi Silvia Ratih memberinya kesempatan untuk mendapatkan Widia Scholarship, program beasiswa BINUS UNIVERSITY bagi calon mahasiswa yang telah meraih prestasi baik bidang olahraga maupun akademik. Silvia memilih jurusan Manajemen sebagai program studinya dengan beasiswa yang menutupi 100 persen biaya kuliah.

Mengapa memilih Manajemen? Menurut Silvia, Manajemen merupakan jurusan dengan prospek luas yang memungkinkannya berkarier dalam berbagai bidang setelah lulus, mulai dari staf eksekutif hingga konsultan. Silvia juga tertarik menjelajahi kemungkinan membuka bisnis sendiri di masa depan. Program Manajemen di BINUS UNIVERSITY terkenal karena menanamkan kurikulum terkait kewirausahaan (entrepreneurship), sesuatu yang menyiapkan alumni untuk menghadapi tren bisnis masa depan.

Silvia juga tertarik dengan soft skills yang menjadi bagian dari kurikulum Manajemen. Beberapa di antaranya adalah kemampuan berpikir kreatif dan inovatif, ketekunan, jiwa kepemimpinan, serta kemampuan untuk membangun jejaring (network). Silvia mengaku bersyukur karena mendapat beasiswa penuh sehingga berkesempatan mendapat semua keuntungan ini selama periode belajar tanpa membayar mahal.

Widia Scholarship dan Prestasi Silvia

Silvia mendapat beasiswa BINUS UNIVERSITY yang bernama Widia Scholarship, beasiswa khusus calon mahasiswa berprestasi. Silvia mendapat kesempatan menerimanya karena berhasil memasuki ajang nasional Djarum Sirnas dan menunjukkan prestasi cukup bagus. Hal ini sesuai dengan semangat Widia Scholarship yang dirancang untuk calon mahasiswa berprestasi.

Beasiswa ini membebaskan penerimanya dari pembayaran untuk semester 1 dan 2, tetapi bisa berlanjut menjadi beasiswa penuh untuk delapan semester jika mahasiswa menunjukkan prestasi. Ada dua macam Widia Scholarship, yaitu:

  • Beasiswa Akademik

Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa dengan prestasi akademik memuaskan. Selain mendapat IPS 3,5 setiap semester, mahasiswa juga wajib menjadi tutor untuk program Learning Community selama periode pemberian beasiswa.

  • Beasiswa Non-akademik

Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa yang meraih prestasi gemilang dalam bidang seni atau olahraga. Selain mendapat IPS 3,0 setiap semester, mahasiswa yang mengikuti program beasiswa ini wajib mewakili universitas dalam ajang olahraga atau seni terkait, paling tidak dalam kompetisi tingkat nasional.

Selain kedua perbedaan di atas, setiap penerima Widia Scholarship wajib mengikuti pelatihan soft skills seperti keterampilan manajemen dan kepemimpinan. Seperti penjelasan Silvia, pelatihan tersebut bertujuan membentuk mahasiswa berkualitas yang siap memasuki dunia kerja atau wirausaha. Penerima beasiswa juga harus menjadi Lab Assistant, Freshman Leader, atau Promotion Team (pilih salah satu).

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa?

Silvia mendorong calon mahasiswa untuk meraih kesempatan beasiswa lewat dukungan prestasi. Proses pendaftaran daring memudahkan calon mahasiswa untuk mengirimkan dokumen penting demi meraih beasiswa. Widia Scholarship hanyalah salah satu dari kumpulan program beasiswa yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY demi menambah kesempatan bagi masyarakat untuk mendapat pendidikan bermutu.