Kartu Tanda Mahasiswa alias KTM merupakan kartu yang wajib ada dalam tas kuliah kamu sehari-hari. Bukan hanya berfungsi sebagai identitas diri, KTM juga mempermudah kamu melakukan berbagai aktivitas di kampus. Bahkan, lupa bawa kartu ‘sakti’ ini hampir pasti jadi drama  yang paling ingin kamu hindari.

Sama halnya dengan arti BINUSIAN Card bagi mahasiswa BINUS UNIVERSITY. Apa itu BINUSIAN Card? Kartu identitas Binusian merupakan fungsi awal dari dibuatnya kartu ini. Kamu juga dapat memanfaatkan kepemilikan kartu itu untuk memperoleh diskon di merchant yang menjalin kerja sama dengan BINUS. 

Sejak tahun 2008, BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) untuk penyematan teknologi Flazz Card dalam BINUSIAN Card. Sejak saat itu, BINUSIAN Card menjadi kartu andalan semua komunitas di bawah payung BINA NUSANTARA Group, termasuk mahasiswa, siswa, staf, dosen, guru, dan alumni.

Teknologi chip dan Radio Frequenct Identification (RFID) jadi pembeda BINUSIAN Card. Berbeda dengan kartu kredit atau debit, otorisasi transaksi kartu ini langsung bekerja pada chip itu sendiri. Itulah mengapa alat pembayaran multifungsi jadi fitur utama kepemilikan kartu ini. 

Lantas, apa saja keuntungan memiliki BINUSIAN Card? Yuk, simak penjelasan berikut.

Mahasiswa

  • Mengisi daftar hadir kuliah tanpa tanda tangan

Ya, kamu tidak perlu repot-repot menandatangani daftar hadir kuliah. Cukup lakukan tapping pada mesin presensi di kelas. Otomatis kehadiran dan waktu kedatangan kamu sudah tercatat. Dosen pun tinggal memverifikasi apakah pemilik kartu tersebut benar hadir secara fisik ataupun tidak. Lebih praktis dan cepat!

  • Membuat kamu leluasa beraktivitas di lingkungan kampus

Semua kegiatan dalam kampus BINUS UNIVERSITY sudah terintegrasi dalam satu sistem akses keamanan. BINUSIAN Card membantu kamu mengakses berbagai ruangan di kampus dengan mudah. Sebut saja, saat hendak memarkirkan kendaraan, masuk ke ruang kuliah, perpustakaan, dan lab praktikum, hingga ruang Lecturer Service Center dan Student Service Center. 

Tanpa BINUSIAN Card, hampir pasti ruang gerakmu akan terbatas. Repot lho mau ke sana sini, tetapi kamu harus minta tolong teman atau petugas keamanan membukakan pintu supaya bisa masuk. Maka, mengalungkan BINUSIAN Card jadi salah satu aturan wajib yang harus dijalani semua orang dalam komunitas BINUS.

  • Menyelesaikan pembayaran dengan cepat, mudah, dan praktis

Sama seperti akses ruangan, semua urusan finansial dalam kampus sudah terintegrasi pula dalam BINUSIAN Card. Misalnya, di kantin kamu bebas membeli makanan dan minuman tanpa perlu mengeluarkan uang tunai. Proses transaksi dapat selesai beberapa detik saja.  Kamu cukup menaruh kartu pada mesin reader, tanpa perlu input PIN.

Jadi, kamu tidak usah repot bawa uang tunai dengan jumlah besar di dompet. Apalagi, semua proses pembayaran contactless alias minim kontak. Dengan maksimum saldo Rp1 juta, BINUSIAN Card membantu kamu menyelesaikan pembayaran secara cepat, mudah, dan praktis. 

  • Memperoleh diskon di merchant yang telah bekerja sama

Siapa yang tidak suka diskon? Bagi mahasiswa seperti kamu, potongan harga bisa bernilai banyak. Terlebih jika diskon tersebut bisa membantumu memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti belanja perlengkapan kuliah, makanan dan minuman favorit, sampai keperluan kos. 

BINUSIAN Card bekerja sama dengan berbagai merchant sehingga kamu bisa mendapat diskon saat berbelanja. Tinggal cek saja mana merchant toko buku, pusat perbelanjaan, dan restoran. Tentu ini membantumu menghemat pengeluaran harian.

  • Alat pembayaran tol, parkir, dan transportasi umum

Demi mempermudah mobilitas, kamu tentu perlu naik turun kendaraan, baik transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Di sinilah BINUSIAN Card hadir sebagai alat pembayaran dalam bentuk e-money. Kamu dapat memakainya untuk membayar parkir, naik TransJakarta, MRT, atau commuter line, dan membayar tol. Hanya dengan memastikan saldo BINUSIAN Card terisi penuh, kamu siap berkeliling kota dengan praktis!

Demikian 5 keuntungan BINUSIAN Card yang bisa kamu nikmati sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY. Jadi, selalu pastikan BINUSIAN Card ada di dalam tas sebelum berangkat ke kampus ya!