Di zaman ini, teknologi sudah sangat berkembang dan berbeda jauh dengan awal mula industri terbentuk. Industri 1.0 terlahir pada tahun 1784, dimana masih menggunakan mesin dan sangat memerlukan bantuan manusia dalam menjalankan setiap aktivitas industri. Berbeda halnya dengan industri 2.0 yang sudah mulai memperkenalkan mengenai mass production, lalu industri ini terus berkembang sehingga pada tahun 1969 terlahirlah industri 3.0 dimana sudah mulai terbentuknya sistem yang otomatis dan teknologi pun semakin berkembang. Hingga pada akhirnya terbentuklah industri 4.0 yang menghasilkan berbagai macam teknologi seperti robot yang dapat membantu aktivitas manusia sampai pada teknologi Artificial Intelligence (AI).

Artificial Intelligence atau bisa disebut sebagai kecerdasan buatan adalah salah satu ilmu komputer yang mempelajari bagaimana sebuah mesin dapat melakukan pekerjasaan sama seperti manusia. Selain itu, AI juga memang dapat diterapkan pada pemerintahan dan perusahaan serta merupakan penggerak revolusi industri 4.0 yang dapat mempermudah kehidupan manusia saat ini. Pengimplementasian dari AI adalah Internet of Things (IoT) dan big data yang berguna untuk menghubungkan berbagai perangkat sehingga dapat melakukan pengotomatisasi. Selain AI, terdapat pula teknologi dimana para pengguna bisa melakukan penyimpanan data yaitu Cloud. Teknologi ini sangat berguna karena pengguna dapat mengakses ulang data ataupun file dengan mudah di mana dan kapan pun sehingga memang mempermudah kehidupan manusia.

Melihat situasi dan kondisi tersebut, maka Binus University memberikan trial class yang bertemakan Technology Trends dan dipandu oleh Ibu Jeklin Harefa sekalu Deputy Head of Computer Science Program. Trial class ini diadakan pada tanggal 25 Maret 2021 dan merupakan bagian dari Binus Education Virtual Expo (BEVE) serta berguna untuk memberikan gambaran mengenai program computer science yang ada di Binus University. Melalui trial class, peserta diharapkan dapat mengetahui perkembangan dan trend teknologi serta kurikulum yang ditawarkan oleh Binus University.

Program computer science ini merupakan salah satu program tertua yang berada di Binus University dan memang sudah diakui secara internasional, bahkan salah satu mahasiwanya berhasil membuat sebuah robot disinfektan yang berguna di masa pandemi seperti sekarang ini. Mata perkuliahan yang akan diajarkan pada program computer science adalah seputar math courses dan core computing courses dimana akan diajarkan mengenai matematika serta pemrograman. Selain belajar di kampus selama 3 tahun, para mahasiswa juga dapat belajar di luar kampus selama 1 tahun dengan terdapat beberapa pilihan seperti penelitian, magang, dan community development sehingga hal ini akan dapat sangat berguna dalam mengembangkan technical maupun soft skill yang dimiliki oleh masing-masing individu.