BINUS UNIVERSITY

    Ini Dia Rahasia Sukses Menjadi PR Consultant di Era Digital Terkini

    Public relations atau yang lebih dikenal dengan sebutan humas (hubungan masyarakat) adalah salah satu jurusan yang difavoritkan di BINUS UNIVERSITY. Selain memberikan peluang kerja yang luas di berbagai bidang dan perusahaan, program internship atau magang untuk mahasiswa public relations juga cenderung mudah didapatkan.

    Karena banyak perusahaan yang membuka kesempatan internship untuk mahasiswa PR, banyak orang yang kemudian melupakan pentingnya magang langsung di perusahaan yang bergerak di bidang PR consultant. Padahal dengan ikut magang di perusahaan yang berhubungan khusus dengan hubungan masyarakat, kamu bisa menimba ilmu lebih dalam lagi.

    Sebelum menentukan pilihan internship yang akan kamu ambil, simak terlebih dahulu berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau ikut magang di perusahaan PR consultant. Apa saja?

    Internship

    • Berhadapan Langsung dengan Dunia PR yang Sesungguhnya

    Magang di perusahaan PR consultant akan menempamu langsung pada bidang ilmu yang kamu pelajari di kampus. Berbagai materi kuliah seperti media relations, publication hingga crisis and issue management akan kamu temukan langsung. Karena langsung dipraktekkan di lapangan, ilmu kamu akan semakin matang.

    • Bertemu dengan Beragam Jenis Klien

    Karena perusahaan PR consultant bergerak di bidang humas secara umum, maka klien yang dihadapi pun beragam. Kamu akan diperkenalkan tentang bagaimana caranya menghadapi klien hingga langkah-langkah pitching. Selain itu, bertemu dengan banyak orang akan menambah jaringan kamu.

    Magang di perusahaan PR consultant akan mempertemukanmu dengan klien dari berbagai bidang. Ada perusahaan asuransi, industri alat berat hingga makanan semua bisa ditemukan. Dengan pengalaman ini, kamu bisa menentukan passion kamu sehingga kamu tahu di perusahaan mana kamu ingin bekerja setelah lulus nanti.

    • Sebagai Sarana Latihan Event Management

    Saat mengikuti program internship di perusahaan PR consultant, selain bertemu dengan banyak klien, kamu juga akan diundang ke berbagai acara atau event. Kalau kebetulan perusahaan tempat kamu magang menyediakan jasa event management, ini akan menjadi sarana belajar yang baik. Ruang lingkup peserta dan lingkungan kerja yang berbeda juga akan memberikan pengalaman tersendiri. Salah satu materi yang bisa kamu kerjakan untuk event adalah membuat press release.

    • Praktek Langsung Media Monitoring

    Banyak mahasiswa yang kuliah jurusan public relations beranggapan bahwa media monitoring hanyalah tentang membuat kliping. Faktanya di lapangan, tugas yang harus kamu lakukan lebih kompleks dan terarah. Ada rumus yang harus kamu gunakan tergantung medianya. Dengan program internship ini, kamu akan tahu bahwa tugas media monitoring tidak hanya merekap dan menghitung, tapi juga membaca semua berita yang berhubungan dengan klien maupun perusahaan tempat kamu magang.

    • Menambah Soft Skill

    Selain kemampuan yang sifatnya hard skill alias pengetahuan, kamu juga akan ditempa secara soft skill. Ada setidaknya 3 soft skill yang akan terasah jika kamu magang di perusahaan PR consultant. Skill itu antara lain adalah multitasking (mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus), under pressure (mampu bekerja di bawah tekanan) dan juga menepati deadline atau tenggat yang sudah ditetapkan oleh klien.

    Program internship atau magang ini memang berguna untuk memberikan gambaran tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan magang, kamu bisa tahu apa saja yang harus kamu lakukan dan persiapan apa saja yang harus kamu miliki sebelum mulai bekerja. Efeknya, saat benar-benar terjun nanti, kamu lebih mudah beradaptasi sehingga bisa melakukan semua tugas dengan baik.

    BINUS UNIVERSITY@MALANG sebagai salah satu kampus terbaik yang memiliki jurusan Public Relations tidak hanya akan mencetak lulusan dengan kemampuan akademik yang baik. Berbagai program internship di dalam dan luar negeri yang disiapkan akan membuka cakrawala dan pengalamanmu menjadi lebih luas lagi.