BINUS UNIVERSITY paham pentingnya bantuan finansial untuk calon mahasiswa yang ingin merasakan kualitas pendidikan kampus tersebut. Beasiswa kuliah tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari potongan uang pendidikan hingga bantuan finansial berdasarkan prestasi. 

Penasaran beasiswa apa saja yang tersedia untuk mahasiswa? Berikut beberapa kesempatan untuk mendapat bantuan finansial bagi periode belajar tahun 2021/2022.

Kuliah

  • Beasiswa Potongan Biaya Sumbangan

Biaya sumbangan masuk universitas sering menjadi momok, tetapi tidak dengan BINUS UNIVERSITY.  Calon mahasiswa berkesempatan mendapat potongan hingga 50 persen, berlaku untuk kuliah di kampus Jabodetabek, Malang, atau Bandung. Walau hanya tersedia pada periode tertentu, potongan ini tentu sangat membantu dalam meringankan biaya masuk universitas.

Karena bukan merupakan beasiswa penuh, syaratnya cukup sederhana. Calon mahasiswa harus mengikuti Tes Potensi Keberhasilan Studi pada jadwal yang ditentukan. 

  • Binusian Community Scholarship

BINUS UNIVERSITY sangat mementingkan semangat komunitas, dan hal ini tercermin dalam salah satu beasiswanya. Binusian Community Scholarship adalah beasiswa untuk anggota keluarga mahasiswa atau alumni BINUS UNIVERSITY. Walau bukan beasiswa penuh, ada potongan biaya sumbangan yang bisa mencapai 25 hingga 50 persen. Lumayan untuk meringankan biaya masuk.

Ada beberapa syarat agar calon mahasiswa bisa mendapat beasiswa ini, mulai dari menunjukkan bukti ijazah atau kartu mahasiswa keluarga, hingga mengikuti Tes Potensi Keberhasilan Studi. Calon mahasiswa juga harus berstatus anggota keluarga inti dari mahasiswa atau alumni BINUS UNIVERSITY tersebut. 

Saat ini, BINUS UNIVERSITY membuka program beasiswa komunitas untuk tahun ajaran 20021/2022. Proses pendaftaran bisa dilakukan secara daring agar lebih mudah.

  • The Widia Scholarship

Inilah salah satu beasiswa kuliah paling terkenal di BINUS UNIVERSITY. Beasiswa ini tersedia untuk calon mahasiswa dengan prestasi istimewa. Ada beberapa tipe calon penerima beasiswa yang dijadikan kandidat Widia Scholarship, yaitu:

  • Finalis atau pemenang kompetisi, kejuaraan, dan Olimpiade internasional 
  • Finalis atau pemenang kompetisi dan kejuaraan tingkat nasional
  • Perwakilan Indonesia dalam ajang atau kompetisi internasional

Beberapa penerima beasiswa kuliah ini telah menunjukkan prestasi di berbagai bidang, misalnya kompetisi renang dan bulu tangkis. Akan tetapi, calon mahasiswa tetap harus lulus Tes Potensi Keberhasilan Studi sebagai salah satu syarat utama penerimaan beasiswa ini.

  • Beasiswa Primary Teacher Education

Primary Teacher Education Scholarship adalah beasiswa khusus calon mahasiswa yang ingin menempuh Pendidikan Guru Sekolah Dasar di BINUS UNIVERSITY. Tidak seperti ketiga beasiswa sebelumnya, beasiswa ini menawarkan pembiayaan penuh untuk program kuliah empat tahun. 

Calon mahasiswa yang mengincar beasiswa ini harus menunjukkan nilai rata-rata di atas 70 setiap semester selama kelas 10 dan 11 atau sederajat. Syarat lainnya misalnya wajib lulus Tes Potensi Keberhasilan Studi serta sesi wawancara. Beasiswa ini memang dirancang untuk mendorong calon mahasiswa agar berkontribusi untuk masyarakat dengan menjadi tenaga pengajar berkualitas setelah lulus.

Apa yang Didapat dari Beasiswa?

Selain beasiswa pertama yang hanya memberi potongan uang sumbangan, beasiswa dari BINUS UNIVERSITY menawarkan berbagai keringanan untuk mahasiswa selama mengikuti program pendidikan, misalnya sebagai berikut:

  • Pembebasan dari kewajiban membayar dana sumbangan
  • Pembebasan dari biaya pendaftaran ulang
  • Pembebasan dari biaya peralatan program kuliah yang disediakan kampus
  • Pembebasan dari biaya pembelian seragam serta penggunaan laboratorium kampus
  • Pembebasan uang pembayaran semester pertama dan kedua
  • Pembebasan dari biaya SKS semester pertama dan kedua

Khusus untuk Widia Scholarship, pembebasan dari biaya pembelian seragam hanya berlaku untuk beberapa program spesifik seperti Turisme, Manajemen Hotel, Manajemen Bisnis Hotel, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mahasiswa juga bisa mendapat beasiswa penuh hingga semester delapan setelah evaluasi prestasi, dengan catatan IPK rata-rata setiap semester tidak boleh di bawah 3,0.

Beasiswa BINUS UNIVERSITY adalah wujud semangat kampus untuk memberikan pendidikan berkualitas lebih merata bagi calon mahasiswa yang pantas mendapatkannya. Manfaatkan beasiswa ini untuk mendapat kesempatan kuliah di kampus bermutu tanpa mengeluarkan banyak biaya.