BINUS UNIVERSITY

    Ini Dia Peluang Kerja Menjanjikan Mahasiswa Jurusan Mobile Application and Technology!

    Persaingan untuk mendapatkan kerja kian berat. Fenomena ini dihadapi oleh hampir setiap kalangan masyarakat, termasuk mereka yang baru lulus kuliah. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 mengungkapkan kalau jumlah sarjana berstatus pengangguran mencapai angka 5,67% dari total 13 juta orang yang belum mendapatkan kerja di Indonesia. Oleh karena itu, calon mahasiswa perlu memikirkan secara matang ketika ingin memilih program kuliah. 

    Alih-alih memilih jurusan yang populer, kamu dapat mempertimbangkan untuk berkuliah program kuliah kekinian dan para alumninya dibutuhkan para pelaku industri. Salah satunya adalah jurusan mobile application and technology. Di sini, kamu dapat belajar tentang cara membangun aplikasi mobile secara mendetail. BINUS UNIVERSITY yang terkenal sebagai kampus inovatif dan gudangnya para entrepreneur, adalah salah satu perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. 

    Prospek kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan program studi mobile application and technology sangat menjanjikan. Bahkan, kemampuanmu bakal diburu oleh para perusahaan besar. Pilihan karier yang bisa kamu jalani juga beragam dan menawarkan gaji tinggi. Dari sekian banyak opsi, berikut ini 5 pekerjaan terbaik yang dapat kamu pilih: 

    Mobile Application and Technology!

    #1. Mobile App Developer

    Selepas menjadi alumni mobile application and technology, kamu bakal mempunyai keahlian dalam membangun aplikasi mobile. Kamu bisa memanfaatkan skill tersebut dan bekerja sebagai seorang mobile app developer. Kamu dapat memilih untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android ataupun iOS. 

    Tugas dan tanggung jawab utama seorang mobile app developer adalah membangun aplikasi berbasis mobile. Selain itu, kamu juga harus memonitor performa aplikasi tersebut sehingga tidak memiliki banyak gangguan. Sebagai tambahan, kamu juga bakal dibebani tanggung jawab dalam memberi rekomendasi perubahan atau penambahan perangkat baru berkaitan dengan aplikasi. 

    #2. UI/UX Designer

    Pilihan karier selanjutnya adalah bekerja sebagai UI/UX designer. Berbeda dengan mobile app developer yang memiliki tanggung jawab berkaitan dengan teknis aplikasi, di sini kamu bertanggung jawab untuk mendesain tampilan antarmuka aplikasi. Kamu harus memastikan kalau tampilannya intuitif dan mudah dioperasikan. 

    Pekerjaan sebagai UI/UX designer termasuk salah satu pekerjaan impian generasi muda saat ini. Tingkat kebutuhan tenaga desainer UI/UX juga sangat tinggi, mencapai 6.800 lowongan kerja pada kurun sepanjang tahun 2018. Potensi gaji yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan ini juga cukup menjanjikan, mencapai angka Rp5-8 juta per bulan. 

    #3. Software Tester

    Peluang kerja tidak kalah menarik dari alumni mobile application and technology adalah menjadi seorang software tester. Tugas utama yang bakal kamu emban kalau menempati posisi kerja ini adalah melakukan pengujian dan sekaligus menganalisis perangkat lunak. Dari hasil analisis tersebut, kamu dapat melakukan penilaian berkaitan dengan performa ataupun keberadaan bug di dalamnya. Tak lupa, kamu juga perlu mengevaluasi setiap fitur yang ada di aplikasi. 

    Bekerja sebagai seorang software tester, kamu tidak hanya perlu memiliki keahlian berkaitan dengan bahasa pemrograman. Pilihan bahasa pemrograman yang dapat kamu kuasai untuk menjadi software tester cukup beragam. Kamu bisa memilih bahasa pemrograman python, C++, Java, Ruby, ataupun PHP. Sebagai tambahan, kamu juga harus mempunyai tingkat ketelitian tinggi dalam mencari celah dalam sebuah aplikasi. 

    #4. IT Consultant

    Kemampuan dalam membangun aplikasi dari lulusan program kuliah mobile application and technology dapat pula dimanfaatkan sebagai modal kerja sebagai IT consultant. Bukan itu saja, kamu juga perlu membekali diri dengan berbagai keahlian lain untuk bisa bersaing di bidang pekerjaan yang satu ini, di antaranya adalah kemampuan menyelesaikan permasalahan, komunikasi yang baik, menganalisis kebutuhan teknologi sistem IT, dan lain sebagainya. 

    #5. Entrepreneur

    Terakhir, kamu dapat memilih karier sebagai seorang entrepreneur. Kemampuan dalam membangun aplikasi dapat kamu manfaatkan untuk bekal mendirikan startup. Dengan berkuliah di BINUS University, kamu bakal bisa dengan mudah memperoleh pembekalan berkaitan dengan dunia entrepreneurship. Ditambah lagi, BINUS terkenal sebagai kampus yang menjadi tempat kuliah para pendiri startup dan unicorn di Indonesia. 

    Itulah 5 prospek kerja menjanjikan yang dapat kamu manfaatkan ketika memilih berkuliah di program studi mobile application and technology. Peluang kerjanya sangat menarik dan menjanjikan, bukan?