Zaman digital seperti sekarang memberikan banyak perubahan sekaligus tuntutan bagi perkembangan sektor bisnis dan industri. Salah satunya adalah strategi digital marketing yang wajib dimiliki setiap perusahaan. Pasalnya, dengan strategi pemasaran yang tepat, pendapatan perusahaan sudah pasti akan meningkat.

Nah, Marketing Communication atau biasa disingkat Marcom menjadi posisi yang sangat penting pada aspek ini. Tanpa seorang ahli komunikasi pemasaran, tujuan perusahaan mungkin tidak dapat tercapai, terlebih jika perusahaan bergerak di bidang pelayanan atau jasa. Inilah mengapa kemampuan komunikasi dalam bidang marketing perlu diasah sejak dini, salah satunya dengan menempuh pendidikan di jurusan Marketing Communication

Kontribusi Kerja Seorang Marketing Communication

kontribusi kerja

Melalui program Marketing Communication, kamu akan diajarkan keterampilan komunikasi dengan memanfaatkan berbagai media, baik konvensional maupun digital. Tidak hanya itu, kamu pun dituntut harus mampu merancang rencana komunikasi strategis untuk berbagai bagian perusahaan. 

Jadi, kamu harus tahu dulu, apa saja kontribusi kerja seorang Marcom di perusahaan, berikut beberapa di antaranya:

  • Bernegosiasi dengan Banyak Pihak

Ini kontribusi kerja paling utama dari seorang Marketing Communication. Negosiasi sering kali dilakukan secara langsung alias bertatap muka, sehingga seorang Marcom harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan pihak lain. Tak heran, perusahaan sering melakukan pelatihan dan memberikan standar yang ketat untuk posisi ini. 

Ketika bernegosiasi, kamu harus mampu menjelaskan keunggulan produk perusahaan dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, kamu harus mampu meyakinkan calon konsumen sehingga mereka mau menggunakan produk yang kamu pasarkan. Saat inilah, seberapa baik kamu berkomunikasi dengan orang lain akan terlihat.

  • Membina Hubungan Baik dengan Pihak Lain

Selain bernegosiasi, seorang Marcom juga memiliki tanggung jawab untuk membina hubungan baik dengan pihak lain, baik klien atau instansi. Pasalnya, bukan tidak mungkin perusahaan tempatmu bekerja akan menjalin kerja sama dengan perusahaan lainnya dalam berbagai hal, terutama jika berhubungan dengan produk. Sederhananya, seorang Marketing Communication adalah wakil perusahaan untuk menjalin kerja sama.

  • Ahli dalam Mempromosikan Produk

Keahlian ini mutlak dimiliki jika ingin berkontribusi sebagai Marketing Communication di perusahaan. Promosi berkaitan erat dengan penjualan, jadi semakin baik promosinya, semakin banyak penjualan, sehingga pendapatan pun meningkat. Artinya, kamu harus memiliki strategi pemasaran yang tepat, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pun, kamu harus mampu melihat peluang, risiko yang mungkin terjadi, dan dampak yang ditimbulkan. 

  • Kemampuan Beriklan

Kontribusi kerja ini tidak jauh berbeda dengan promosi, hanya saja media yang digunakan tidak secara langsung. Era digital ini menawarkan banyak kesempatan bagi kamu mengasah kreativitas dalam beriklan, terlebih dengan beragamnya platform sosial media. Cara beriklan pun harus menarik dengan berbagai pendekatan, baik secara hard selling maupun soft selling. Inilah mengapa kamu harus terus peka terhadap perubahan dan tren yang sedang berlangsung.

  • Pemasaran Langsung pada Klien 

Selain melalui media sosial atau memanfaatkan inbound marketing, kamu juga dituntut untuk bisa memasarkan produk langsung pada klien. Jadi, setidaknya kamu harus memiliki database klien dari perusahaan, sehingga beriklan secara langsung tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Pemasaran langsung ini salah satu caranya adalah melalui email marketing

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Marketing Communication

kontribusi kerja

Memang, kontribusi kerja bidang komunikasi pemasaran sebagian besar adalah mengenalkan dan memasarkan produk kepada calon pelanggan. Meski begitu, seorang Marketing Communication juga harus mahir menyusun rencana pemasaran, mengelola anggaran, hingga produksi press release. 

Ini artinya, kamu harus punya keahlian tertentu agar strategi pemasaran bisa berjalan baik. Beberapa keahlian yang wajib dimiliki Marketing Communication di antaranya komunikasi yang mumpuni atau public speaking, menulis, hingga mendesain. Nah, kamu bisa belajar semua itu di BINUS UNIVERSITY. 

Berbekal kurikulum belajar yang selalu up to date dengan kebutuhan industri, jurusan Marketing Communication di BINUS UNIVERSITY siap menghadirkan calon penerus yang memiliki pengalaman profesional dan internasional.