BINUS UNIVERSITY

    Ini Dia 6 Soft Skill Penting yang Akan Kamu Dapatkan di Jurusan Manajemen Perhotelan

    Sektor hospitality dan pariwisata adalah salah satu sektor kebanggaan Indonesia. Dengan begitu banyak peluang yang ada, industri perhotelan dan wisata kita memerlukan tenaga yang kompeten untuk ditempatkan di lapangan. Bukan hanya dari segi hard skill, soft skill juga menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting.

    Kemampuan hard skill dalam manajemen seperti akuntansi, analisis keuangan dan pemasaran memang merupakan rangkaian keterampilan yang penting. Tapi sebagai sebuah bisnis yang berhubungan dengan manusia atau people business, soft skill adalah kunci keberhasilan dalam manajemen perhotelan. Ada beberapa soft skill yang akan kamu dapatkan dengan mengambil jurusan Hotel Management di BINUS UNIVERSITY yakni:

    Soft Skill

    • Keterampilan Melayani Pelanggan

    Pelanggan adalah sumber pemasukan utama bagi sebuah hotel termasuk dana operasional dan biaya untuk membayar gaji karyawan. Karena itu, penting bagi karyawan dan manajer hotel untuk bisa memuaskan dan menyenangkan tamu. Keterampilan dalam melayani pelanggan yang baik adalah tentang bagaimana kamu bisa memahami kebutuhan pelanggan serta memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan.

    • Keterampilan Networking/Jaringan

    Salah satu soft skill yang akan diberikan dalam mata kuliah manajemen perhotelan adalah bagaimana kamu bisa membangun jaringan secara efektif. Tidak seperti kebanyakan sektor bisnis lainnya, jaringan di bidang ini bukan hanya menjadi cara untuk naik pangkat, tapi juga merangsang kunjungan berulang dari pelanggan. Kemampuan kamu mendatangkan klien setia yang bersedia datang kembali dalam jangka panjang juga akan memberimu kesempatan dalam peningkatan karier.

    • Keterampilan Berkomunikasi

    Keterampilan berkomunikasi dibutuhkan hampir di semua sektor industri termasuk perhotelan. Semakin tinggi posisi seseorang dalam hierarki, semakin penting kemampuan komunikasinya. Dalam dunia perhotelan, kamu akan dihadapkan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, usia, kebangsaan dan sifat. Karena itu, kemampuan untuk dapat berkomunikasi dengan cara yang mewakili hotel sekaligus dapat dipahami oleh pelanggan adalah hal penting yang harus kamu pelajari.

    • Keterampilan Fleksibilitas

    Tidak seperti profesi lain, bekerja di bidang perhotelan dan pariwisata menuntut pekerjanya untuk bisa bekerja pada jam-jam yang tidak biasa seperti shift malam atau akhir pekan. Kamu juga harus mampu beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dengan cepat karena situasi di lapangan yang dinamis. Karena itu, memiliki fleksibilitas tinggi merupakan atribut penting yang harus kamu miliki jika ingin berhasil di sektor perhotelan dan pariwisata.

    • Kemampuan dalam Organisasi

    Soft skill berupa keterampilan dalam berorganisasi sangat krusial dalam sektor perhotelan dan pariwisata. Dalam sektor ini, ada kebutuhan berupa permintaan mendadak yang kadang datang dari pelanggan. Kamu perlu memelihara struktur organisasi agar bisa menyelesaikan semua tugas yang ada dengan cara yang efisien.

    • Mampu Menerima Segala Tantangan

    Dalam dunia kerja di bidang apapun, tantangan akan selalu ada. Penting bagi para profesional di bidang perhotelan untuk memiliki soft skills berupa kemampuan untuk menerima tantangan, tidak peduli seberapa sulit tugas yang diberikan. Kemampuan kamu dalam menyelesaikan situasi sulit di lapangan kerja kelak, akan menjadi pertimbangan bagi pimpinan untuk menaikkan gaji atau memberi kamu promosi.

    Selain itu, penting juga bagi para pekerja di bidang perhotelan untuk memiliki positive attitude dengan menunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan. Sikap semacam ini tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan diri kamu, tapi juga bagi pemberi kerja.

    Memiliki soft skill merupakan sebuah hal mutlak dalam industri perhotelan. Dengan mengambil jurusan Hotel Management di BINUS University, kamu bisa mempersiapkan diri menjadi tenaga profesional perhotelan yang tidak hanya cakap dari segi pengetahuan, tapi juga memiliki attitude yang sesuai dengan bidang pekerjaan kamu.