Business Analytic BINUS UNIVERSITY merupakan bagian dari School of Information System dan mendapatkan akreditasi A. Meskipun saat ini kebanyakan orang membutuhkan mahasiswa dengan kemampuan internet memadai, soft skill yang ditawarkan program studi ini masih dibutuhkan oleh berbagai jenis perusahaan.

Tentang Program Studi Business Analytic

Kuliah

Ketika membuka program Business Analytic, tujuan utama BINUS UNIVERSITY adalah menghasilkan lulusan berkualifikasi internasional yang berfokus pada bisnis berbasis Teknologi Informasi. Jurusan ini mendidik mahasiswa segala hal tentang analisis bisnis, termasuk di dalamnya metodologi pembelajaran terapan dan pendekatan lansung.

Dalam sebuah perusahaan, Business Analytic atau Analisis Bisnis merupakan sebuah kegiatan dengan tujuan utamanya membantu perusahaan memberdayakan  manusia, infrastruktur, ataupun modal secara sistematis. Inilah mengapa mata kuliah Business Analytic memiliki fokus pada banyak hal. 

Dalam mata kuliah Analisis Bisnis, beberapa hal yang bakal kamu pelajari adalah studi tentang metode, pendekatan, alat, dan kemampuan yang digunakan untuk mengolah data atau informasi penting sebuah perusahaan. Informasi tersebut nantinya digunakan dalam setiap pengambilan setiap keputusan bisnis agar mendapatkan hasil maksimal.

Pada sebuah perusahaan, hasil kerja Business Analyst kerap dijadikan panduan dalam menentukan segmentasi pelanggan, harga produk serta layanan, dan melakukan penyesuaian harga pasar agar nilai saham meningkat. Jadi bisa dibilang, bidang studi ini mempelajari inti dari sebuah industri.

Sebagai salah satu jurusan populer di BINUS, lulusan program studi Business Analytic memiliki peluang kerja yang cukup besar. Hal ini didukung oleh adanya program khas BINUS UNIVERSITY, yaitu 2+1+1. Program ini pada dasarnya dibuat untuk menyiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

Program 2+1+1 adalah program kuliah khas BINUS UNIVERSITY yang mewajibkan mahasiswa untuk menempuh pembelajaran selama 2 tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS lain, dan 1 tahun enrichment program pilihan (penelitian, proyek startup, pengabdian sosial, studi ke luar negeri, dan internship). 

Adapun beberapa mata kuliah yang harus ditempuh selama masa studi adalah:

  1. Character Building
  2. Business Process Fundamental
  3. Introduction to Financial Accounting
  4. Introduction to Programming
  5. Business Application Development
  6. Service Management Fundamental
  7. Data and Information Management
  8. Advanced Information System Analysis and Design
  9. Business Intelligence
  10. Sosial Informatics
  11. Research Method in Information Systems
  12. Knowledge Management
  13. Business Analytics

Prospek Karier Program Studi Business Analytic

Kuliah

Sebagai World Class University, BINUS UNIVERSITY senantiasa berupaya dalam menghasilkan lulusan berkualitas, yang tidak hanya kompeten di bidang studinya tetapi juga mampu menciptakan lapangan usaha baru bagi masyarakat. Jadi, tidak perlu heran apabila selain menjadi karyawan perusahaan, lulusan program kuliah Business Analytic banyak yang menjadi pengusaha atau CEO Startup.

Di perusahaan pun, peluang lulusan Business Analytic cukup besar. Setidaknya ada beberapa prospek karier sebagai referensi bagi kamu yang sedang menempuh studi di jurusan Business Analytic, di antaranya:

  1. Data Analyst

Tugas profesi ini adalah bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka-angka pada sebuah data agar menjadi laporan atau informasi penting. Informasi tersebut akan menjadi referensi bagi perusahaan dalam mengambil setiap keputusan.

  1. Research Analyst

Tugas utama reasearch analyst adalah meneliti, menganalisis, menyediakan data tentang kondisi pasar, ekonomi, serta beragam informasi penting lain yang berhubungan dengan perusahaan tempat bernaung.

  1. Analytics Consultant

Profesi ini memiliki tanggung jawab dalam menyediakan solusi inovatif bagi konsumen dan pemilik usaha.

  1. Manajer Pengelolaan Data

Manajer pengelolaan data atau data management manager bertanggung jawab dalam mengawasi sistem data serta jaringan perusahaan. Tugas utamanya adalah mengatur, menyimpan, serta menganalisis informasi penting terkait perusahaan secara profesional.

  1. Consumer Banking Analytics

Tugas consumer banking analytics adalah mempersiapkan analisa tentang keuangan agar konsumen dapat melakukan investasi. 

Jadi, tertarik untuk menempuh kuliah di jurusan Business Analytic BINUS UNIVERSITY? Semoga informasi di atas bermanfaat.