Untuk mempersiapkan kebutuhan teknologi informasi di era digital, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program Global Class dengan kurikulum dan kompetensi kelas dunia. Salah satu jurusan yang diunggulkan dalam program tersebut adalah Computer Science. Yuk, kenalan lebih jauh dengan program studi ini!

Sejarah Computer Science BINUS UNIVERSITY

Kelas Dunia

Diperkenalkan pertama kali pada bulan September 1987, program studi Computer Science atau Ilmu Komputer BINUS awalnya berada di bawah naungan STMIK Bina Nusantara. Pada akhir tahun 1998, cabang ilmu tersebut dikategorikan sebagai bagian dari Departemen Ilmu Komputer BINUS UNIVERSITY. 

Seiring perkembangan teknologi digital di era milenium baru abad ke-21, jurusan Computer Science kembali diperbarui dengan menghadirkan program Global Class yang berpusat pada pengembangan kurikulum teknologi informatika kelas dunia. Tujuan utama dari program studi ini mengembangkan lulusan berkualifikasi internasional yang dapat bersaing di industri global sebagai ahli komputer kreatif dan berkompetensi.

Kurikulum Inti

Sebagai bagian dalam program Global Class BINUS UNIVERSITY, jurusan Computer Science menghadirkan kurikulum inti yang disesuaikan dengan kebutuhan industri global. Pengembangannya tidak hanya mengacu pada Kurikulum Nasional untuk Perguruan Tinggi, tetapi juga memadukan sejumlah standar pendidikan lain dari kompetensi di dalam maupun luar negeri.  

Salah satu acuan kurikulum yang digunakan adalah standar ilmu komputer internasional berdasarkan Association of Computing Machinery (ACM) yang berpusat di New York, Amerika Serikat. Beberapa konten dalam kurikulum inti juga dikembangkan dengan mengikuti tren pasar global saat ini sekaligus sasaran kompetensi dari berbagai universitas ternama di dalam dan luar negeri.

Kombinasi dari sejumlah aspek di atas menciptakan kurikulum ilmu komputer berkualitas yang terdiri lima kelompok ilmu atau kompetensi. Kelima kelompok tersebut meliputi pemahaman ilmu matematika (sains) sebagai fondasi, pengembangan karakter untuk menciptakan lulusan profesional, penerapan ilmu komputer dan teknik informasi, mata kuliah konsentrasi, serta pengembangan keterampilan wirausaha dan dunia kerja.  Seluruhnya diharapkan bisa menjadi bekal lulusan dalam bersaing di era global.

Mata Kuliah Konsentrasi

Salah satu bagian dari kurikulum kelas dunia yang ditawarkan program Global Class Computer Science BINUS UNIVERSITY adalah mata kuliah konsentrasi. Tujuannya memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendalami berbagai topik dan bidang keilmuan yang sesuai dengan passion mereka di bidang ilmu komputer. 

Ada tujuh pilihan mata kuliah konsentrasi yang tersedia:

  1. Software Engineering
  2. Intelligent Systems
  3. Database Technology
  4. Network
  5. Applied Networking (CISCO)
  6. Interactive Multimedia
  7. Applied Database

Seluruh pilihan tersebut sesuai dengan kebutuhan ilmu komputer dan teknologi informasi di era global. Intelligent Systems dan Software Engineering, misalnya, menghadirkan program yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan software dan Computer Intelligence (CI). Produk akhirnya, kamu bisa menemukan solusi berbasis ilmu komputer untuk berbagai masalah modern yang banyak dirasakan saat ini. 

Program Enrichment 

Selain menghadirkan kurikulum kelas dunia yang berkualitas, BINUS UNIVERSITY juga menawarkan program Enrichment yang tak kalah unggul. Program ini sebenarnya tersedia di seluruh jurusan dan departemen dengan menyasar mahasiswa tingkat akhir yang siap lulus. Tujuannya untuk menyiapkan lulusan berdaya saing tinggi yang bisa mengembangkan usaha sendiri atau berkontribusi efektif di dunia kerja sesungguhnya.

Sebagian besar jurusan lain menawarkan lima pilihan program Enrichment, termasuk program penelitian (Research) dan kewirausahaan (Entreprenurship). Namun, Enrichment untuk program studi Ilmu Komputer Global Class hanya difokuskan pada tiga pilihan berikut: 

  • Internship 

Kegiatan magang atau internship bertujuan untuk menyiapkan lulusan Ilmu Komputer sebagai sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Saat mengikuti program ini, kamu bisa merasakan bagaimana serunya bekerja di perusahaan ternama sekaligus memahami budaya kerja mereka. Programnya sendiri meliputi Industrial Experience in Information Technology, Information Technology Practice in Industrial Experience, dan EES in Information Technology Industry.

  • Community Development

Pengembangan komunitas juga dibutuhkan untuk mencapai target penerapan ilmu komputer dan teknologi informasi. Oleh karena itu, kamu bisa ikut berkontribusi dengan menerapkan Community Outreach Project Implementation, Community Outreach IT Project Design, serta Employability and Entrepreneurial Skills in Computer Science Community.

  • Study Abroad

Tak hanya di BINUS UNIVERSITY, program Enrichment juga bisa dilakukan di sejumlah universitas pilihan di luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus mempelajari berbagai intercultural skill yang diperlukan dalam pengembangan ilmu komputer global.

Dengan pembelajaran kelas dunia dan kurikulum berbasis global, Computer Science Global Class BINUS pasti dapat menciptakan lulusan terbaik yang ikut berkontribusi untuk kemajuan masa depan. Kamu pun bisa menjadi bagian dari program studi ini.