Pendidikan perlu direncanakan dengan baik sejak dini, terutama jika kamu memiliki impian untuk kuliah hingga S2. Jenjang S2 adalah tingkat pendidikan di perguruan tinggi setelah S1. Pada umumnya, S1 ditempuh dalam waktu 4 tahun, sedangkan S2 ditempuh dalam waktu 2 tahun. 

Enam tahun bukan waktu yang singkat. Lalu, apakah mungkin jika waktu untuk meraih gelar S1 dan S2 diperpendek? BINUS UNIVERSITY menawarkan program Master Track bagi mahasiswa yang ingin kuliah di jenjang S1 dan S2 secara berkesinambungan. Dalam hal ini, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 4,5 tahun.

Program Tersedia

Master Track

Saat ini, ada 3 prodi di BINUS UNIVERSITY yang menyediakan program Master Track. Berikut di antaranya:

  • Teknik Informatika (S1) dan Magister Teknik Informatika (S2)

Teknik Informatika BINUS adalah salah satu prodi yang telah mendapatkan akreditasi A dari pemerintah. Lebih dikenal dengan nama School of Computer Science (SoSC), ada 4 program yang bisa dipilih, yaitu Cyber Security, Computer Science, Game Application & Technology, dan Mobile Application & Technology. Hingga saat ini, banyak prestasi yang diraih SoSC melalui mahasiswa. 

Nah, jika ingin lebih mendalami bidang yang sama, kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2 yaitu Master of Information Technology. Para mahasiswa yang lulus dari program ini diharapkan memiliki kompetensi sebagai pemimpin yang penuh visi serta dapat mendesain dan mengaplikasikan teknologi informasi untuk mendorong kinerja. Prospek karier lulusan ini antara lain IT Leader, IT Innovator, atau IT Consultant.

  • Sistem Informasi (S1) dan Magister Manajemen Sistem Informasi (S2)

Jika kamu tertarik untuk mempelajari disiplin ilmu yang berhubungan dengan teknologi dikaitkan dengan masalah bisnis, prodi Sistem Informasi adalah jawabannya. Mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain Business Application Development, Information Systems Project Management, Business Intelligence, Information System Security, dan sebagainya. 

Untuk lebih melengkapi wawasanmu tentang Sistem Informasi, kamu juga dapat melanjutkan pendidikan S2 di Master of Information System Management. Lulusan program Master Track ini diharapkan dapat menjadi konsultan Sistem Informasi (SI) untuk organisasi. Kompetensi lain yang diharapkan adalah dapat melakukan evaluasi efektif atau tidaknya SI dan bagaimana efisiensi penerapan SI. 

  • Manajemen (S1) dan Magister Manajemen (S2)

Program Management di BINUS UNIVERSITY juga termasuk salah satu yang memiliki paket Master Track, khususnya jika mahasiswa ingin melanjutkan ke jenjang S2. Kuliah Manajemen melatih konsep manajemen, keahlian entrepreneurship, global mindset, serta etika dan nilai-nilai di dunia profesional. 

Nah, Master of Management akan melengkapi ilmu yang didapatkan. Fokusnya lebih tertuju kepada manajer karier awal atau profesional maupun lulusan baru yang ingin mempelajari strategi kompetitif dalam dunia bisnis. Kamu juga akan belajar mengenai teori manajemen secara total dan bagaimana hal itu diterapkan dalam praktik sehari-hari. 

Alasan Kuat Memilih Master Track

Mengapa memilih program Master Track dari BINUS UNIVERSITY? Alasan paling kuat adalah dapat “menghemat waktu”. Jika kamu membutuhkan waktu enam tahun untuk menyelesaikan pendidikan hingga jenjang S2, di sini kamu berkesempatan untuk mempersingkatnya. Dengan demikian, kamu akan lebih cepat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di dunia nyata. 

Alasan lain adalah agar kamu dapat lebih mendalami suatu bidang ilmu. Di jenjang S2 ini, ada banyak hal baru yang akan diungkap sehingga membuat wawasanmu lebih luas dan terbuka. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan diri dan menjadi ahli terbaik di bidang yang dipilih.

Selain itu, dengan memilih Program Master Track, kamu juga tidak perlu bingung lagi memikirkan rencana pendidikan. Semua telah diatur dalam paket yang ideal hingga kamu lulus S2. Namun, karena sifatnya berkesinambungan, pastikan pilihan kamu benar-benar telah dipertimbangkan, ya. Semoga bermanfaat!