BINUS UNIVERSITY

    BINUS Virtual Internship Expo: Paltform Daftar Magang Kekinian bagi BINUSIAN di Masa Pandemi

    Mengikuti kegiatan magang merupakan hal penting bagi mahasiswa. Karena di dunia kerja tidak hanya ilmu saja yang dibutuhkan melainkan pengalaman juga. Contoh hal yang akan dipelajari dari pengalaman ketika mengikuti magang adalah kemampuan untuk beradaptasi dan bekerjasama dalam tim langsung di lingkungan kantor. Kurangnya kemampuan untuk beradaptasi dapat menghambat seseorang untuk memiliki karir yang baik di dunia kerja.

    Memahami pentingnya kesempatan magang bagi mahasiswa, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program inovatif yang dikenal sebagai Program (2+1)+1. Program (2+1)+1 merupakan wadah dimana para BINUSIAN dapat melaksanakan kegiatan magang di berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang merupakan partner dari BINUS UNIVERSITY. Sebelum masa magang dimulai, yang biasanya dilaksanakan pada semester 5, 6, atau 7, BINUSIAN dapat menghadiri Internship Expo. Dalam Internship Expo, BINUSIAN dapat mengunjungi masing-masing booth dari perusahaan partner dan berkonsultasi serta mendaftar langsung.

    Di masa pandemi COVID-19 saat ini, kegiatan Internship Expo tidak bisa dilakukan secara langsung di kampus seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, Internship Center BINUS UNIVERSITY berinisiatif untuk menyelenggarakan Internship Expo secara online, melalui BINUS Virtual Internship Expo. BINUS Virtual Internship Expo merupakan sebuah pameran virtual yang berfungsi sebagai wadah untuk mempertemukan mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti magang dengan perusahaan yang menyediakan kesempatan magang.

    Dr. Meyliana, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Global Employability and Entrepreneurship turut hadir dan memberikan sambutan dalam Opening Ceremony BINUS Virtual Internship Expo.

    “Magang ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa ada 40 SKS yang harus dialokasikan untuk mendapatkan pengalaman – pengalaman nyata dalam dunia industry melalui kegiatan magang.” ujar Dr. Meyliana Widjaja.

    Acara berlangsung pada hari Senin, 5 April 2021 sampai dengan hari Selasa, 6 April 2021 secara virtual dan dapat diakses melalui https://binus.ac.id/internship. Dalam acara ini, BINUS UNIVERSITY menghadirkan 40 perusahaan yang terbagi dari Perusahaan BIPP (BINUS Industry Partnership Program), Non – BIPP, dan berbagai perusahaan rekomendasi lainnya.

    Pada virtual expo, BINUSIAN dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti apply ke perusahaan, cek informasi penting dari perusahaan hingga melihat detail perusahaan. Berbagai macam kegiatan tersebut dapat kalian lakukan dengan cara mengunjungi virtual booth yang dibuka oleh perusahaan. Terdapat juga kolom chat box yang dapat digunakan untuk mahasiswa bertanya tentang hal – hal yang ingin diketahui.

    Lalu terdapat opsi event yang bisa mengarahkan mahasiswa untuk mengikuti info session. Info session merupakan sebuah sesi dimana setiap perusahaan membagikan informasi tentang lowongan magang yang bisa di lamar. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menanyakan hal yang ingin diketahui seputar lowongan magang dan benefit yang akan didapatkan selama mengikuti magang tersebut. Sesi tersebut dilaksanakan menggunakan zoom.

    BINUS Virtual Internship Expo diselenggarakan untuk membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menemukan perusahaan yang tepat yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman yang akan sangat berguna untuk mereka saat memasuki dunia kerja. Diharapkan, BINUSIAN dapat lebih mempersiapkan dirinya untuk berkarya dan berkontribusi nantinya di dalam industry melalui kesempatan magang yang merupakan bagian dari Program (2+1)+1 BINUS UNIVERSITY ini.