BINUS UNIVERSITY

    Belajar Buat Aplikasi dari Nol, Cerita Sukses Diaz Hasilkan 4 Aplikasi iOS dalam 9 Bulan

    Hadir sejak tahun 2018, Apple Developer Academy menjadi akademi kelas dunia  pertama di Asia Tenggara yang bertujuan memfasilitasi peserta dalam mengembangkan perangkat lunak sesuai dengan ekosistem Apple. Bagi pemerintah Indonesia, keberadaan pusat inovasi ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat agar bisa bersaing di era industri 4.0. 

    Hingga saat ini sudah ada tiga Apple Developer Academy yang tersebar di wilayah Indonesia, salah satunya adalah Apple Developer Academy di kawasan BSD City, Tangerang yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY. Bagi BINUS UNIVERSITY kerja sama tersebut dianggap sebagai salah satu cara untuk menciptakan lulusan terbaik. 

    Apple Developer Academy @BINUS sendiri merupakan bagian dari program (2+1)+1, adalah program unggulan yang memungkinkan BINUSIAN terjun langsung ke masyarakat dan dunia kerja. Melalui program ini, para BINUSIAN yang telah lulus diharapkan lebih siap bekerja di lapangan. 

    Buat kamu yang tertarik mengikuti program enrichment dengan menjadi peserta magang akademi ini, yuk, simak pengalaman M.Diaz Darmawan—BINUSIAN 2020 dari program studi Management yang berhasil lolos menjadi peserta Apple Developer Academy @BINUS.

    Memegang Peran Sebagai UI/UX Designer & Researcher

    Kelas Dunia

    Selama periode akademi selama 9 bulan, Diaz memegang peran sebagai UI/UX Designer & Researcher dalam timnya. Buat kamu yang belum tahu mengenai posisi tersebut, UI/UX Designer & Researcher memiliki tanggung jawab dalam merancang tampilan dan menentukan cara agar produk digital yang dibuat dapat digunakan oleh pengguna secara mudah.

    Dalam kesehariannya sebagai UI/UX Designer & Researcher, Diaz memiliki sejumlah tugas penting yang harus ia kerjakan, seperti:

    • Melakukan riset terkait permasalahan yang timbul di masyarakat
    • Mendefinisikan solusi dari masalah yang didapat dari poin pertama dengan cara brainstorming.
    • Merancang alur proses sekaligus tampilan dari produk digital yang akan dikembangkan.
    • Melakukan user testing untuk mencari plus minus produk yang telah dibuat
    • Melakukan re-design sesuai feedback yang didapat dari poin sebelumnya

    Suka Duka Menjadi Bagian dari Apple Developer Academy @BINUS

    Kelas Dunia

    Ada banyak suka duka yang dialami Diaz ketika bergabung sebagai peserta akademi kelas dunia ini.  Bekerja sebagai UI/UX Designer & Researcher menuntutnya untuk selalu peka terhadap kebutuhan pengguna sekaligus wawasan luas mengenai teknologi. Karena program kuliah yang ia ambil sama sekali tidak berhubungan terkait teknologi, Diaz harus berusaha lebih keras agar bisa mengembangkan produk digitalnya dengan baik. 

    Adapun pengalaman berkesan yang tidak dapat dilupakan menurut Diaz adalah ketika bertemu dengan peserta lain dari background pendidikan yang berbeda, orang-orang penting di perusahaan Apple, hingga mendapatkan pinjaman gadget Apple terbaru. 

    Satu lagi pengalaman menakjubkan yang dirasakan Diaz adalah saat melakukan presentasi proyek akhir di depan juri dan para juri menyukai ide-ide miliknya. Seakan semua jerih payahnya terbayar lunas lewat apresiasi para juri. 

    Itulah sekilas pengalaman M.Diaz Darmawan sebagai peserta akademi kelas dunia, Apple Developer Academy @BINUS.  Oh iya, selain magang di Apple Developer Academy @BINUS, selama enrichment program (2+1)+1 kamu juga bisa memilih alternatif lain, seperti belajar merintis usaha dari nol, melakukan kegiatan sosial bersama Teach for Indonesia, membuat penelitian, sampai kesempatan belajar di luar negeri selama satu tahun. Menarik bukan? 

    Dengan adanya program (2+1)+1, hingga kini BINUS UNIVERSITY berhasil mencetak lulusan yang mampu berkarier secara global di industri ternama di dalam dan luar negeri, menjadi pengusaha sukses, serta menjembatani BINUSIAN yang ingin melanjutkan studi S2 ke luar negeri.

    Buat kamu yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas dan sedang mencari universitas terbaik untuk melanjutkan pendidikan, BINUS UNIVERSITY bisa menjadi pilihan. Informasi lebih lengkap seputar program studi yang tersedia di masing-masing, kamu bisa langsung cek ke website resminya di sini.