Sebagai World Class University, BINUS UNIVERSITY berusaha mengikuti perkembangan zaman dengan membuat inovasi pendidikan yang cukup mumpuni. Termasuk di antaranya, membuka program studi berbasis teknologi informasi. Bagaimanapun juga, perkembangan digital beberapa dekade belakangan membuat banyak orang tertarik untuk terjun di bidang ini.

Inilah mengapa mereka yang memiliki soft skill khusus di bidang TI memiliki peluang besar dalam memperoleh pekerjaan. Hal tersebut menjadi dasar BINUS UNIVERSITY dalam merumuskan sistem pembelajaran. 

Di BINUS UNIVERSITY sendiri, ada banyak jurusan yang fokus pada pendidikan terkait teknologi informasi. Dua di antaranya adalah Information System dan Cyber Security. Meskipun fokus kedua program studi ini sama, masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lainnya. Information System atau Sistem Informasi fokus pada penerapan teknologi informasi pada suatu organisasi, sedangkan Cyber Security fokus pada sistem keamanan TI di suatu perusahaan.

Untuk lebih mengenal setiap jurusan, mari kita bedah keunggulan program studi Information System dan Cyber Security.

Information System

Soft Skill

Sudah bukan hal aneh lagi apabila banyak orang yang rancu dengan jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Meskipun dasarnya sama, kedua jurusan ini fokus pada bidang yang berbeda. 

Secara teknis, Information System berhubungan dengan teknologi aplikasi inteligen untuk mengatasi permasalahan pada suatu bisnis. Jika TI bersifat teknis dan keilmuan, Information System lebih menekankan pada pengelolaan. Namun, soal soft skill keduanya sama-sama mengembangkan keahlian serupa, yaitu keterampilan mengoperasikan komputer dan memanfaatkan internet. 

Di BINUS UNIVERSITY, program studi Information System mengajarkan ilmu pengetahuan  dan aplikasinya di bidang teknologi informasi. Kurikulum jurusan ini cukup khas karena dibangun di atas tiga hal, yaitu:

  1. Komputer
  2. Manajemen
  3. Bisnis

Untuk mendukung hal itu, mahasiswa jurusan Information System mengembangkan pengetahuan mereka melalui beberapa mata kuliah, seperti administrasi bisnis, pengembangan dan pemasaran produk, sistem informasi akuntansi, serta perilaku organisasi.

Hal ini didukung pula dengan pengembangan beberapa soft skill, di antaranya pemrograman jaringan komputer, pengembangan software, keterampilan membangun aplikasi sistem informasi, basis data, coding, dan lain sebagainya. Lulusan program studi Information System biasanya memiliki kesempatan karier di bidang bisnis dan teknologi.

Namun, karena di BINUS UNIVERSITY terdapat program khusus 2+1+1, peluang mahasiswa Sistem Informasi dalam mendapatkan pekerjaan pun lebih luas. Program wajib tersebut tidak hanya fokus pada teori, tetapi praktik langsung di lapangan.

Mahasiswa yang mengikuti program 2+1+1 akan mengikuti perkuliahan selama 2 tahun di kampus BINUS UNIVERSITY asal, 1 tahun di kampus BINUS UNIVERSITY lain, dan 1 tahun program enrichment pilihan, yaitu penelitian, proyek bisnis (startup), pengabdian sosial, studi di luar negeri, dan magang di perusahaan nasional atau multinasional.

Jadi, jangan heran apabila mayoritas lulusan dari jurusan Information System di BINUS UNIVERSITY langsung diterima kerja, bahkan sebelum mereka diwisuda. Adapun bidang kerja yang kerap menggunakan lulusan program studi ini adalah:

  1. Analis program
  2. Analis sistem
  3. Perancang sistem
  4. Konsultan
  5. IS Strategic
  6. CIO (Chief Informaton Officer)

Selain itu, lulusan BINUS UNIVERSITY sangat berkualifikasi menjadi enterpreneur di bidang teknologi berkat pembekalan soft skill selama berkuliah.

Cyber Security

Soft Skill

Perbedaan Information System dan Cyber Security lainnya tampak dari materi yang diajarkan selama berkuliah. Fokus Cyber Security lebih pada menciptakan sistem keamanan pada program yang dibuat atau dikelola oleh mahasiswa jurusan Information System.

Jadi, kedua jurusan tersebut pasti saling terkait dan membutuhkan. Karena fokus pada pengelolaan keamanan sistem, beberapa mata kuliah yang diajarkan pada program studi ini adalah Algorithm & Programming, Cyber Forensic, Network Programming, Computer Security Foundation, Cyber Security Analysis & Method, dan Secure Web Programming.

Soal soft skill, Cyber Security juga terbantu dengan adanya program 2+1+1 BINUS. Jadi, sama halnya dengan lulusan dari jurusan Information System, peluang lulusan program studi ini untuk mendapatkan pekerjaan begitu menyelesaikan kuliah cukup besar. Biasanya bidang kerja yang menggunakan lulusan jurusan Cyber Security adalah System Operation Manager, Security Consultant & Analyst, dan Programmer.

Jadi, jurusan mana yang menarik menurut kamu? Information System atau Cyber Security?