Setelah memantapkan hati berkuliah di BINUS UNIVERSITY Bandung, langkah berikut yang harus kamu lakukan adalah mencari kos yang nyaman. Bagi mahasiswa perantau, kamar kos jelas jadi kebutuhan mendasar. Jika salah pilih, bisa membuat kamu rugi waktu, tenaga, dan uang pastinya.

Oleh karena itu, rekomendasi lokasi kos wajib kamu kantongi. Dari tempat terdekat dengan kampus BINUS @Bandung di Paskal Hyper Square hingga tempat yang agak jauh tetapi harga terjangkau, berikut lokasi kos favorit Binusian Bandung.

Mahasiswa

  • Cicendo

Kawasan Cicendo tergolong paling dekat dengan kampus BINUS @Bandung, berjarak sekitar 2 km saja. Harga sewa kamar bervariasi sesuai fasilitas yang ditawarkan, rata-rata mulai Rp650.000 per bulan. Kamu bisa memilih kos khusus putri atau putra saja, kos campur, sampai apartemen tipe studio. 

Keuntungan tinggal di daerah Cicendo cukup banyak. Selain dekat kampus, rata-rata kos  ada di wilayah perumahan sehingga suasananya relatif tenang. Keberadaan warung makan dan minimarket juga mudah dijumpai. Pas jika kamu senang lingkungan kompleks perumahan yang hangat.

  • Regol

Berjarak sekitar 3 km dari kampus BINUS @Bandung, daerah Regol menawarkan banyak alternatif kos. Kelebihan tinggal di kawasan ini adalah dekat dengan pusat kota Bandung. Beberapa pusat perbelanjaan bisa kamu jangkau dengan mudah, seperti The Kings Shopping Center dan ITC Kebon Kelapa. Otomatis akses transportasi menuju Regol juga gampang ditemui. 

Meski dekat dengan jalan utama, tempat kos Regol masuk dalam jalan atau gang. Kebanyakan menempati perumahan, baik kamar yang menyatu dengan rumah induk maupun bangunan terpisah khusus kos. Cukup nyaman dan tenang, tetapi kamu bisa bepergian ke mana-mana berjalan kaki. Kisaran harga sewa per bulan mulai Rp500.000.

  • Andir

Jika kamu memilih daerah Andir sebagai tempat tinggal, kamu perlu melalui rute memutar untuk menuju ke sana dengan kendaraan pribadi. Pasalnya, jalan dari Andir ke Paskal Hyper Square merupakan jalanan satu arah. Padahal, kalau berjalan kaki, jaraknya tidak sampai 2 km alias sekitar 15 menit saja.

Namun, Andir masuk lokasi kos favorit Binusian Bandung karena masih dekat dengan kampus dan pusat kota. Pasar Ciroyom, misalnya, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Selain itu, banyak tempat makan enak dan murah di sekitarnya sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan. Untuk biaya sewa, kamu cukup merogoh kocek mulai Rp650.000 per bulan. Tergolong hemat lho untuk mahasiswa. 

  • Sumur Bandung

Berjarak sekitar 3-4 km dari BINUS @Bandung, kamu bisa menyewa kamar kos yang berlokasi di jantung kota Bandung. Ya, kawasan Sumur Bandung merupakan titik nol kota, sekaligus tempat berbagai landmark terkenal. Sebut saja, Monumen Nol Kilometer Bandung, Alun-alun Kota Bandung, dan Museum Konferensi Asia Afrika.

Walau dekat pusat kota, kebanyakan rumah kos berada di jalanan kecil tak jauh dari jalan utama. Suasananya relatif tenang sehingga cukup nyaman buatmu beristirahat usai melakukan aktivitas seharian. Tergantung fasilitas yang tersedia, kamu dapat menyewa kamar kos di Sumur Bandung mulai dari Rp700.000 per bulan. 

  • Bojongloa Kaler

Berjalan sekitar 2-4 km ke arah selatan Paskal Hyper Square, kamu bisa menjumpai lebih banyak alternatif kamar kos di Bojongloa Kaler. Berbeda dengan bangunan kos di pusat kota yang kadang berfungsi juga sebagai penginapan/guest house, rata-rata kamar tinggal kawasan ini menempati wilayah perumahan.

Fasilitas yang ditawarkan tentu saja beragam. Dengan harga sewa mulai Rp650.000 per bulan, kamu sudah bisa menempati kamar kos dengan kamar mandi dalam dan jaringan WiFi. Dekat dengan RS Immanuel, minimarket, dan berbagai tempat makan, akses transportasi umum ke Bojongloa Kaler relatif mudah. Jadi, tanpa kendaraan pribadi pun kamu tetap bisa leluasa bepergian.

 

Demikian lima lokasi kos favorit Binusian Bandung sebagai referensi kamu. Sekarang kamu tinggal memilih mana jurusan kuliah di BINUS @Bandung. Sebagai Kampus Teknologi Kreatif, BINUS UNIVERSITY menyelenggarakan empat program studi yang dibutuhkan industri kreatif Bandung. Calon mahasiswa bisa memilih satu di antara jurusan Creativepreneurship, Computer Science, Interior Design, dan Visual Communication Design

Jadi, mana pilihan utama kamu?