Memadukan jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi, program double degree yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY mampu menjawab tantangan global dalam dunia bisnis dan teknologi informasi. Kombinasi dari keduanya akan mempersiapkanmu menjadi ahli di bidang akuntansi sekaligus menguasai sistem informasi yang diperlukan di era digitalisasi seperti sekarang ini.

Keunggulannya tak berhenti sampai di situ saja. Jurusan yang sudah mendapatkan akreditasi nasional dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini juga menawarkan sejumlah keunggulan lain yang dapat kamu jadikan modal utama untuk meniti karier. Berikut adalah beberapa benefit yang bisa kamu peroleh saat menjadi bagian dari jurusan Information Systems and Accounting BINUS. 

Program

  • Kurikulum yang Unik dan Tepat Sasaran

Jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi menghadirkan kurikulum double degree yang memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari dua bidang ilmu dalam satu masa studi. Seluruh pembelajaran dilakukan dalam waktu yang sama dengan program strata satu pada umumnya. Setelah menyelesaikan studi, lulusan dari jurusan ini akan memperoleh dua gelar sekaligus, yakni Sarjana Komunikasi (S.Kom.) dan Sarjana Ekonomi (S.E.).

Kurikulum yang ditawarkan terdiri dari 202 Sistem Kredit Semester (SKS) yang melibatkan prinsip ilmu akuntansi serta sistem informasi. Kurikulum unik yang tepat sasaran ini menyusun proses pembelajaran berbasis IT untuk sistem analisis dan konsep finansial lanjutan. 

  • Program yang Dapat Menyesuaikan dengan Tantangan Global

Tak hanya menghadirkan kurikulum terbaik, sistem pembelajaran yang ditawarkan program double degree ini juga disusun agar dapat sesuai dengan kebutuhan global.

Salah satu visinya adalah menciptakan lulusan yang mampu mengembangkan industri maupun korporat berbasis prinsip akuntansi dan sistem informasi. Lulusan tersebut diharapkan dapat bersaing sekaligus berkolaborasi dengan industri-industri global yang sudah dikenal secara internasional. Hal ini bukan hal yang sulit untuk diwujudkan karena pembelajarannya pun sudah menerapkan sistem pendidikan kelas dunia.

  • Pengembangan Soft Skills Unggulan

Jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi tidak hanya membina mahasiswa dalam pemahaman teori dan penerapan prinsip finansial. Saat menjadi bagian dari program ini, kamu pun dapat mengembangkan berbagai soft skills unggulan yang akan berguna saat memasuki dunia kerja. 

Seperti yang diterapkan dalam jurusan lain, BINUS UNIVERSITY membentuk lulusan yang memiliki kemampuan analitis dalam pemecahan masalah. Khusus untuk jurusan ini, lulusannya juga akan dibentuk untuk memiliki karakter unggul serta keterampilan memecahkan masalah dengan menggunakan perspektif finansial dan sistem informasi. Keahlian tersebut nantinya dapat diterapkan ketika kamu memilih bekerja di perusahaan maupun mengembangkan usaha sendiri.  

  • Modal Penting untuk Berbagai Profesi Keahlian

Karena merupakan program double degree, kuliah di jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi dapat dijadikan modal utama untuk menguasai berbagai keahlian secara profesional. Lintas bidang ilmu finansial dan teknologi informasi yang kamu dapatkan selama masa perkuliahan menyediakan cakupan bidang pekerjaan yang lebih luas setelah lulus nanti.

Sebagai contoh, kamu bisa menjalani profesi di institusi keuangan sekaligus perusahaan berbasis sistem informasi yang bergerak di bidang finansial. Kamu juga bisa mengembangkan keahlian sebagai auditor sekaligus konsultan IT untuk sektor bisnis. The possibilities are endless—dan itu semua bisa mulai kamu kembangkan sejak masa kuliah.

  • Prospektif Kerja Menjanjikan

Berdasarkan hasil survei yang melibatkan testimoni lulusan dengan gelar ganda, prospektif kerja yang tersedia terbilang lebih menjanjikan. Untuk jurusan Sistem Informasi dan Akuntansi, tercatat sebanyak 48% lulusannya sudah memperoleh pekerjaan ketika diwisuda. Dari jumlah tersebut, sebanyak 42% lulusan telah bekerja di perusahaan, sedangkan sisanya—sebanyak 6%—mampu mengembangkan usaha sendiri.

Jenis perusahaan yang menyediakan jenjang karier bagi lulusan Sistem Informasi dan Akuntansi juga beragam. Lulusannya dapat bekerja di perusahaan lokal, nasional, maupun multinasional.

Itulah beberapa keunggulan yang ditawarkan program Information System and Accounting di BINUS UNIVERSITY. Dengan berbagai keunggulan tersebut, double degree program ini bisa dijadikan salah satu target utama untuk melanjutkan studimu.

Kamu akan mendapatkan kombinasi ilmu dan keahlian yang banyak dibutuhkan dalam bidang bisnis dan akuntansi di masa depan. Lulusannya pun sudah terbukti memiliki daya saing tinggi untuk terlibat dalam dunia kerja yang sesungguhnya.