Siapa yang kangen kampus BINUS @Bandung? Sejak pandemi merebak dan PSBB diberlakukan, semua aktivitas perkuliahan di kampus pun otomatis terhenti. Mahasiswa BINUS UNIVERSITY wajib menjalani kuliah online sembari tetap di rumah saja. Tidak ada yang tahu sampai kapan pembelajaran di rumah ini terus dilakukan mengingat angka kasus COVID-19 masih terus bertambah.

Bagi Binusian menjalankan perkuliahan secara online bukan hal asing. Sudah lama BINUS UNIVERSITY mengaplikasikan berbagai teknologi terkini guna mempermudah aktivitas mahasiswa di kampus dan di luar kampus. Kamu juga pasti terbiasa memberdayakan laptop untuk menyelesaikan tugas-tugas.

Namun, sekarang makin banyak lho aplikasi smartphone yang bisa menunjang perkuliahan kamu. Cocok dipakai saat kamu belum sempat buka laptop, inilah lima aplikasi keren yang bisa membuat kuliah online makin mudah.

  • Google Drive

Kuliah

Semua ponsel Android pasti mempunyai Google Drive. Aplikasi ini bertugas menyimpan seluruh dokumen kuliah atau foto di cloud drive sehingga tidak memenuhi memori internal smartphone. Bahkan, kamu bisa melakukan sinkronisasi Drive juga di laptop. Kamu bisa mengerjakan atau mengedit kembali tugas-tugas lewat ponsel saja.

Lebih menarik lagi, Google Drive bukan hanya berfungsi menyimpan dokumen saja. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Scan untuk memindai dokumen penting dan mengunggahnya ke Drive. Jadi, nggak perlu lagi install aplikasi scanner secara terpisah.

  • Google Docs dan Spreadsheets

Kuliah

Dua aplikasi ini bakal memudahkan kamu melanjutkan tugas lewat smartphone. Misalnya, saat kerja kelompok, kamu baru saja mengirim draft makalah ke teman. Ternyata temanmu berkata ada sedikit hal yang perlu ditambahkan. Tanpa perlu buka laptop, kamu bisa mengedit langsung di file Docs bersangkutan. 

Keuntungan memakai Google Docs dan Spreadsheets adalah kamu bisa mengecek riwayat perubahannya. Tidak masalah jika perlu mengganti kembali hasil ketikan ke versi dokumen sebelum diperbarui. Bahkan, kamu dan temanmu juga dapat mengerjakan file sama secara bersamaan alias real-time. Mirip seperti kerja kelompok sungguhan, bukan?

  • Oxford Dictionary

Kuliah

Sering bingung mengartikan kosakata baru saat baca jurnal penelitian, literatur, atau sumber apa pun berbahasa Inggris? Memang kamu bisa mengandalkan Google Translate, tetapi ada satu aplikasi yang bakal bikin kemampuan berbahasa Inggris kamu lebih mumpuni. Coba saja unduh Oxford Dictionary di smartphone. 

Di aplikasi ini, kamu juga bisa menemukan sinonim atau persamaan kata, serta deskripsi lengkap kata tersebut. Begitu juga dengan contoh pelafalan kata yang tepat. Jadi, kamu bukan sekadar mengetahui terjemahannya saja. Aplikasi Oxford Dictionary bisa menambah perbendaharaan kata kamu sekaligus memperlancar keterampilan berbahasa Inggris.

  • iPusnas

Kuliah

Saat menyusun makalah, ada kalanya dosen mengharuskan sumber informasi harus berasal dari buku. Ketika pembelajaran masih berlangsung offline di kampus, kamu bisa segera ke perpustakaan untuk menemukan buku yang sesuai. Bagaimana sekarang? Tenang saja, kamu bisa memasang aplikasi iPusnas.

Lewat aplikasi ini kamu dapat mencari, menemukan, dan meminjam berbagai jenis buku terkait tugas perkuliahan. Berterima kasihlah pada teknologi, sekarang kamu tidak usah repot-repot cari e-book ilegal saat butuh buku teks kuliah. Dengan mendaftarkan diri, kamu dapat meminjam maksimal dua buku selama dua hari sekaligus memberi rekomendasi buku yang tengah dibaca.

  • BINUSMAYA

Kuliah

BINUSIAN pasti nggak bisa lepas dari Binusmaya, setuju? Pembelajaran online bukan hal asing bagi mahasiswa BINUS UNIVERSITY. Kehadiran portal e-learning semakin menegaskan posisi BINUS UNIVERSITY sebagai perguruan tinggi berbasis ICT terdepan. 

Apalagi, sejak BINUSMAYA bisa diakses melalui smartphone dalam bentuk aplikasi Android dan iOS, kegiatan perkuliahan pun jadi praktis dan mudah. Semua bisa dilakukan lewat ponsel, seperti mengecek jadwal dan mengunduh materi perkuliahan, mengumpulkan tugas, sampai berdiskusi di forum bisa dilakukan lewat BINUSMAYA. 

Tanpa Binusmaya, bisa dipastikan kamu bakal kerepotan menjalankan kuliah. Jadi, jangan sampai kamu lupa update aplikasi ini di smartphone ya. Pasang notifikasi supaya kamu bisa segera mengetahui informasi perkuliahan terbaru.

Itulah lima aplikasi smartphone yang bisa mempermudah kamu kuliah online. Mana aplikasi favorit kamu?