BINUS UNIVERSITY

    Wisuda ke-62 BINUS UNIVERSITY; Luluskan 6.642 Wisudawan, Jumlah Terbanyak Selama 40 Tahun Berdiri

    Jakarta, 31 Maret 2021 – “Saya mengundang secara khusus bagi Anda yang sedang bersama keluarga Anda, agar keluarga Anda memindahkan tali kuncir topi toga dari kiri ke kanan. Dan bagi Anda yang menghadiri wisuda ini sendiri, saya berikan kesempatan untuk memindahkan kuncir topi toga Anda dari kiri ke kanan. Selamat untuk Anda semua!”, arahan Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY yang juga menjadi sebagai puncak simbolisasi prosesi Wisuda 62 BINUS UNIVERSITY.

    Dengan mengusung tema “Global Citizen for Greater Nusantara”, perhelatan Wisuda ini diadakan secara daring dan dibagi ke dalam 2 shift.  Wisuda ke-62 ini memiliki jumlah lulusan terbanyak selama 40 tahun BINUS berdiri, yaitu sebanyak 6.642 Wisudawan yang terdiri dari 5.911 lulusan S1, 571 Wisudawan S2, 19 Wisudawan S3, dan 117 Wisudawan D4, dan 24 Wisudawan Profesi. Lulusan Wisuda 62 ini menambah jumlah alumni BINUS UNIVERSITY yang kini berjumlah 122.592.

    Dari jumlah Wisudawan tersebut, terdapat 111 wisudawan dengan predikat Summa Cumlaude dengan IPK sama dengan atau lebih dari 3.91 dan 4 wisudawan di antaranya meraih Penghargaan BINUS Award of Excellence dengan meraih IPK Sempurna yaitu 4.00. Pada Lulusan S1, sebanyak 68% Wisudawan S1 telah bekerja. 49 % telah bekerja di global company atau Top Nasional dan 12 % telah bekerja sebagai wirausahawan.

    Dalam perhelatan wisuda ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. memberikan sambutan dan apresiasinya kepada Wisudawan, “Perkenankan saya memberikan apresiasi kepada 6.624 Wisudawan dan Wisudawati BINUS UNIVERSITY yang telah berhasil menuntaskan studi di tengah masa pandemi. Hal ini menjadi pembuktian bahwa kalian semua generasi muda yang tangguh dalam menghadapi tantangan serta berjuang dalam menyelesaikan tugas di tengah kondisi yang jauh dari kata mudah, Kalian akan memberikan warna baru bagi keluarga BINUS UNIVERSITY yang sudah tidak diragukan lagi kontribusinya bagi Indonesia. Sekali lagi selamat bagi Wisudawan dan Wisudawati BINUS. Arungi lautan lepas dengan bekal yang telah diberikan almamater kalian!”.

    Selain itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc juga turut memberikan kata sambutan, “Kelulusan bukanlah akhir, tetapi awal dari perjalanan panjang yang akan dilewati para generasi muda penerus bangsa. Semoga Wisudawan dan Wisudawati mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama mengenyam pendidikan di BINUS UNIVERSITY dengan penuh tanggungjawab”.

    “Wisuda ini dilakukan dengan semangat untuk tetap menghargai prestasi dan keberhasilan para Wisudawan dan Wisudawati yang lulus di tahun 2020, sekaligus menyadari kondisi saat ini yang belum memungkinkan kita melakukan acara Wisuda secara langsung. Semoga acara wisuda yang kita lakukan terus memberikan manfaat dan kontribusi bagi kita semua, masyarakat, dan Negara yang kita cintai ini”, pungkas Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. dalam pidato sambutannya.

    ***

    Sekilas tentang BINUS UNIVERSITY

    BINUS UNIVERSITY merupakan perguruan tinggi berakreditasi A dari BAN-PT, mendapatkan rating 5 Stars dari QS World University Ratings dan masuk kedalam Top 1000 World University 2021 dari QS University Ranking. Dengan pengalaman selama 39 tahun membina Nusantara melalui pendidikan, BINUS UNIVERSITY memiliki 1 visi utama, yakni: “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.

    BINUS UNIVERSITY saat ini memiliki 11 kampus yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang terdiri dari 6 kampus di Jakarta, 2 kampus di Tangerang, 1 kampus di Bekasi, 1 kampus di Bandung, dan 1 kampus di Malang. Selain itu BINUS juga memiliki BINUS Online Learning yang menyediakan layanan pendidikan jarak jauh.

    BINUS UNIVERSITY berkomitmen 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung di dunia industri. Komitmen ini diwujudkan melalui program 3+1 dan program 2+1+1.

    Program 2+1+1 ditujukan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar multi-kampus dengan konsep belajar selama dua tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS di kota lain; serta 1 tahun mengambil 1 dari 5 track enrichment yang disediakan, yaitu: internship, community development, research, start-up business, atau study abroad (kuliah di luar negeri).