Dalam dunia modern saat ini tidak dipungkiri pemakaian smartphone dan internet meningkat setiap tahunnya, bahkan menurut data yang berasal dari Data Reportal tahun 2021 menyatakan bahwa sebanyak 5,22 miliyar orang menggunakan smartphone, 4,66 miliyar orang merupakan internet user, dan 4,2 miliyar orang menggunakan media sosial. Selain itu, penggunaan smartphone di Indonesia sendiri pun cukup mengagetkan karena jumlah pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia terbukti dari data yang didapatkan pada tahun 2021 menyatakan bahwa jumlah penduduk di Indonesia yaitu 274,9 miliyar orang sedangkan jumlah pengguna smartphone  adalah 345,3 miliyar orang. Hal ini mengindikasikan bahwa mayoritas penduduk di dunia sudah menggunakan smartphone untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya seperti berbelanja, melakukan pembayaran, bahkan belajar. Pada umumnya untuk mengakses dan mendapatkan berbagai manfaat dari sebuah platform online, para pengguna harus memberikan sejumlah data pribadi kepada platform tersebut sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa dapat terjadi pencurian data pribadi oleh pihak yang tidak berwenang.

Oleh karena itu, BINUS UNIVERSITY melalui acara virtual exponya mengundang Bapak Drajad Wiryawan., SE., MM., CEH., CHFI untuk membawakan webinar yang bertemakan “Pentingnya Keamanan Sistem Informasi di Era Digital Terkini”. Webinar ini memaparkan mengenai solusi dalam meminimalisir terjadinya pencurian data pribadi sehingga data tersebut dapat tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang. Selalu mengikuti security principle dalam sebuah platform, meng-update antivirus dan software, melakukan back up data dan informasi, mengontrol akses ke perangkat elektronik yang dimiliki, menjaga jaringan Wi-Fi tetap aman agar tidak bisa diakses oleh orang umum, menetapkan batasan dalam mengakses data secara otomatis, dan mengganti password platform secara berkala merupakan beberapa solusi yang ditawarkan untuk mencegah terjadinya pencurian data dan informasi pribadi.

Dengan mengikuti webinar “Pentingnya Keamanan Sistem Informasi di Era Digital Terkini”, para peserta dapat lebih memperhatikan mengenai pentingnya keamanan data pribadi sehingga pada akhirnya dapat meminimalisir terjadinya pencurian data. Hal ini memang sangat penting untuk diperhatikan terlebih lagi terdapat banyaknya data yang dijual belikan di pasar ilegal yang mengharuskan setiap orang untuk setidaknya mengetahui solusi dalam meminimalisir terjadinya pencurian data.