Uang merupakan suatu hal yang tidak terlepas dari kehidupan manusia walaupun tidak semua hal dapat dibeli dengan uang, namun uang memiliki peranan penting bagi keberlangsungan hidup manusia seperti membeli makanan, memenuhi kebutuhan rumah tangga, membayar biaya perkuliahan, dan lainnya. Sehingga memang penting bagi setiap orang termasuk generasi millennial dalam melakukan perencanaan keuangan yang dapat berdampak pada kehidupan. Di tengah situasi dunia yang selalu berkembang tidak dipungkiri kebutuhan para millennial pun semakin meningkat seperti banyak dari mereka yang ingin selalu up to date terhadap teknologi, fashion, sampai pada otomotif. Melihat situasi dan kondisi tersebut, tidak menutup kemungkinan para millennials memiliki pengelolahan keuangan yang buruk sehingga dapat berdampak negatif untuk masa depannya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian generasi millennial mengenai pentingnya perencanaan keuangan, maka Binus University mengadakan webinar yang mengusung tema Financial Planning for Millenials yang dibawakan oleh Bapak Toto Rusmanto, M.COMM, Ph.D. selaku Head of Accounting Program BINUS @Bekasi. Webinar tersebut merupakan bagian dari acara virtual terbesar di Indonesia yaitu Binus Education Virtual Expo.

Melalui webinar Financial Planning for Millennials, para millennials dapat belajar mengenai perencanaan keuangan yang benar, mengevaluasi perencaan tersebut, sampai pada melakukan investasi. Mungkin banyak orang bertanya mengapa harus melakukan perencanaan keuangan, alasannya karena agar hidup bisa lebih terencana dan berkecukupan serta dapat hidup secara mandiri bahkan bisa berbagi untuk orang lain. Selain itu, dengan perencanaan keuangan yang baik hidup dapat lebih bahagia di masa sekarang dan yang akan datang. Selain mempelajari alasan pentingnya menerapkan perencanaan keuangan, pada webinar ini juga mempelajari cara merencanakan keuangan. Para millennials harus mengenali terlebih dahulu kondisi keuangannya saat itu serta mengetahui asset dan hutang yang dimilikinya. Lalu, para millennials bisa membuat daftar kebutuhan dan keinginan dengan mementingkan kebutuhannya terlebih dahulu. Kebutuhannnya sendiri dapat dibagi menjadi 3 yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kemudian, pada webinar ini juga diajarkan cara melakukan evaluasi dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti apakah uang selalu tidak cukup untuk membayar hutang, sudah bekerja selama bertahun-tahun tetapi tidak memiliki tabungan, suka berhutang untuk menutup hutang lama, dan sering berhutang ketika terdapat kebutuhan mendadak.  Dalam merencanakan keuangan, para millennials juga dapat melakukan investasi yang pada akhirnya dapat berguna untuk masa depannya. Terdapat beberapa pilihan investasi yaitu logam mulia, reksa dana, properti, nabung saham atau emas, dan deposito, dengan banyaknya pilihan investasi para millennials dapat mengalokasikan uangnya untuk hal yang lebih berguna daripada hanya untuk memenuhi keinginannya saja seperti membeli pakaian, smartphone, dan lainnya.

Dengan demikian, webinar yang dikemas secara interaktif dan edukatif tersebut memang memiliki manfaat bagi para millennials yang membutuhkan pengetahuan seputar perencanaan keuangan. Dengan perencanaan keuangan yang baik dan benar, para millennials dapat mulai menabung dan berinvestasi untuk kebutuhannya di masa mendatang. Sehingga di kemudian hari, mereka sudah memiliki dana yang cukup dan dapat hidup secara mandiri tanpa bergantung dengan keluarga ataupun orang lain.