BINUS UNIVERSITY

    Mengenal Product Designer, Profesi Cemerlang untuk Alumni Desain Komunikasi Visual

    Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar jurusan Desain Komunikasi Visual? Pasti sebagian besar mengira bahwa mahasiswa di dalamnya harus jago menggambar. Iya tidak? Sebenarnya anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, tetapi buat kamu yang tak jago menggambar tetapi kreatif dalam menghasilkan ide juga bisa kok mengambil jurusan DKV. 

    Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan program studi Desain Komunikasi Visual adalah BINUS UNIVERSITY BANDUNG atau biasa dikenal dengan nama BINUS@BANDUNG. Nantinya, setelah tamat kuliah dan menyandang predikat sebagai alumni DKV, kamu bisa mulai mencari pekerjaan dengan peluang kesuksesan karier yang besar. Menjadi product designer misalnya. 

    Mau tahu ulasan lengkap seputar product designer? Alumni DKV wajib banget menyimak informasi berikut ini.

    Apa Itu Product Designer?

    Alumni

    Dulu profesi sebagai product designer masih terdengar asing di telinga. Namun, seiring kemajuan teknologi dan menjamurnya perusahaan start-up, posisi sebagai product designer pun banyak dicari. Jadi, apa sih yang dimaksud dengan product designer itu? Sederhananya product designer adalah sosok yang berperan penting dalam menentukan sukses tidaknya sebuah produk digital di pasaran. 

    Dilansir dari laman Gojek sebagai salah satu start-up terbesar di Indonesia, produk yang baik tidak hanya memberikan manfaat secara fungsi, tetapi perlu memberikan pengalaman kepada pengguna. Tujuannya supaya pengguna merasa nyaman sekaligus memiliki keterikatan emosi dengan produk. 

    Nah, bila suatu produk mampu memberikan pengalaman yang mengesankan, biasanya user cenderung menggunakan produk tersebut secara terus menerus. Inilah yang menjadi tantangan bagi seorang product designer

    Untuk menghasilkan produk yang baik, mereka harus melakukan proses panjang mulai dari mendefinisikan kebutuhan pengguna, melakukan riset, merancang solusi (umumnya berupa fitur), membuat prototipe, sampai melakukan testing sebelum produk digital dilepas ke pengguna. Dalam praktiknya product designer akan bekerja secara tim bersama UI/UX Designer, Front-end Developer, Back-end Developer, dan Quality Assurance.

    Setelah tahu penjelasan mengenai product designer, bagi alumni Desain Komunikasi Visual yang tertarik bekerja di bidang ini juga perlu tahu apa saja tugas-tugas dari product designer berikut. 

    Tugas Seorang Product Designer

    Alumni

    Mengutip laman Interaction Design Fondation, product designer bertanggung jawab melakukan 5 proses dalam metode Design Thinking dan juga membuat product roadmap. Supaya lebih jelas, cek ulasannya di bawah. 

    • Empathize

    Guna menciptakan produk yang sesuai kebutuhan pengguna, pertama-tama sebagai product designer kamu perlu menanamkan rasa empati. Dengan demikian kamu bisa menahan asumsi dan biasmu terkait keinginan pengguna. Silakan terjun ke lapangan demi melakukan wawancara atau mengadakan riset untuk mendapatkan wawasan lebih seputar kebutungan pengguna.  

    • Define

    Dari proses pertama kamu akan menemukan hal-hal apa saja yang menjadi hambatan pengguna. Di tahap ini product designer akan memilih dan memilah kebutuhan dan masalah pengguna mana saja yang mungkin untuk diselesaikan. 

    • Ideate

    Pada proses ideate, product designer harus berpikir secara kreatif dan out of the box agar bisa menghasilkan solusi yang pas bagi pengguna. Ia juga bisa menampung ide-ide yang diberikan oleh anggota tim. 

    Di akhir fase kamu harus memilih salah satu ide yang tepat untuk diaplikasikan. Demi memudahkan proses ideate kamu bisa menggunakan beberapa metode seperti brainstorming dan mind mapping. 

    • Prototype

    Jika solusi sudah didapat, kini saatnya membuat prototipe. Prototipe sendiri adalah produk tiruan yang akan diuji dan terus diperbaiki sampai mendekati hasil yang diinginkan. 

    • Test

    Proses terakhir dari Design Thinking adalah menguji prototipe produk secara langsung kepada pengguna untuk mendapatkan feedback dan mencari kekurangan dari produk tersebut. Jika ada hal yang perlu diperbaiki, proses akan di ulang ke tahap pertama sampai tahap test. Begitu terus sampai produk benar-benar siap dirilis ke pasar. 

    • Product Roadmap

    Membuat product roadmap menjadi tugas lanjutan bagi product designer. Adapun tujuan pembuatan product roadmap adalah menggambarkan penawaran produk yang sedang dibangun serta apa saja yang harus dilakukan agar mampu menciptakan produk yang diinginkan. 

    Itulah ulasan terkait pengertian dan tugas product designer sebagai salah satu profesi yang pas untuk alumni Desain Komunikasi Visual. Selain product designer, alumni DKV juga bisa melamar pekerjaan sebagai web designer atau animator.