Iklan adalah suatu bentuk komunikasi satu arah yang bertujuan untuk memersuasi pembaca, pendengar, atau penonton tentang sebuah produk atau jasa. Iklan disampaikan melalui media tertentu dan diciptakan secara inovatif sehingga menarik perhatian pemirsa serta menimbulkan tindakan yang menguntungkan pembuat iklan. 

Inovatif

Kebutuhan Akan Iklan

Dunia usaha di Indonesia makin berkembang pesat. Aneka bisnis baru, mulai dari skala mikro, bermunculan meramaikan pasar dan menawarkan alternatif yang berbeda kepada konsumen. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah UMKM pada 2018 saja mencapai 64,2 juta unit dan angka ini terus bertambah.

Tentu tidak mudah untuk bersaing dan mempertahankan eksistensi, apalagi menghadapi bisnis serupa yang telah lama ada. Salah satu hal yang bisa dilakukan pengusaha agar calon konsumen memberi perhatian lebih adalah menjalankan strategi promosi yang efektif dan kreatif. 

Akan tetapi, bagaimana caranya? Promosi produk atau jasa tersebut pada umumnya diwujudkan dalam bentuk iklan, baik di televisi, media cetak, maupun media online. Kendalanya, membuat iklan bukan hal yang mudah. 

Seorang pembuat iklan membutuhkan keahlian khusus untuk menciptakan iklan yang mengesankan. Hal ini tidak bisa diabaikan karena iklan yang tidak inovatif akan sia-sia sekaligus tidak berpengaruh terhadap penjualan produk dan jasa. 

Dengan makin beragamnya jenis produk dan jasa, dunia iklan juga makin berkembang. Jika tidak kreatif, iklan mudah tenggelam, bahkan tak dilirik oleh targetnya.

 

Creative Advertising di BINUS UNIVERSITY

Mengamati kebutuhan dunia usaha akan sumber daya manusia yang piawai menjalankan periklanan kreatif, BINUS UNIVERSITY membuka jurusan DKV Creative Advertising. Desainer lulusan jurusan ini diharapkan mampu menghadapi tantangan dengan memperhatikan nilai-nilai lokal sekaligus memaksimalkan teknologi informasi saat membuat iklan.

Ada berbagai hal yang akan dipelajari mahasiswa di bangku kuliah. Mulai dari teori dan praktik desain paling dasar, seperti tata letak, prinsip desain, semiotika, bahasa visual, estetika, nilai desain, komposisi, warna, hingga material yang digunakan.

Selanjutnya, mahasiswa juga akan belajar mengeksekusi desain. Untuk itu, salah satu mata kuliah yang akan dipelajari adalah Computer Graphic. Selain itu, di sini mahasiswa juga akan mempelajari teori sekaligus praktik teknik percetakan, pencitraan digital, ilustrasi, fotografi, videografi, dan sebagainya. 

Pada tahap selanjutnya, ada pembelajaran untuk mengembangkan ide dan menyajikannya dalam berbagai media secara integral. Beberapa mata kuliah pendukung juga akan dipelajari, seperti pemasaran dan perilaku konsumen serta entrepreneurship. Jadi, kamu akan memiliki modal untuk bekerja secara mandiri setelah lulus kuliah. 

Adapun kemampuan lain yang diharapkan dari lulusan DKV Creative Advertising BINUS UNIVERSITY adalah mampu menciptakan karya kreatif dan inovatif, baik cetak maupun digital, yang memiliki nilai tambah dan estetika. 

Selain itu, melalui program perkuliahan, mahasiswa juga belajar untuk menganalisis tingkat efisiensi penggunaan material dan waktu dalam memproduksi sebuah iklan yang inovatif. Dengan keahlian yang dipelajari dan dilatih pada masa kuliah, alumninya berkesempatan menjadi wirausaha sukses.

Prospek Karier Creative Advertising

Sebelum memilih sebuah jurusan, kamu wajib mencari tahu prospek karier lulusannya. Dengan demikian, kamu dapat membayangkan tujuan akhir setelah menamatkan pendidikan di kampus. Banyak mahasiswa yang memilih jurusan kuliah tanpa perhitungan sehingga bingung setelah lulus.

Nah, untuk DKV Creative Advertising, ada banyak profesi yang bisa kamu tekuni pada masa depan, antara lain penata artistik, desainer grafis, fotografer komersial, ilustrator, videografer, atau pengusaha kreatif. Semua ilmu yang dipelajari dari bangku kuliah akan sangat mendukung pekerjaan di bidang-bidang tersebut. 

Jadi, tak perlu diragukan lagi jika jurusan ini sangat dibutuhkan pada masa kini, bahkan masa depan. Belum banyaknya profesional inovatif di bidang periklanan kreatif membuat prospeknya makin bagus. Bagi kamu yang ingin menekuni profesi ini, peluangnya masih terbuka lebar. Berani untuk mencoba?