BINUS UNIVERSITY

    Mahasiswa, Ini 6 Pilihan Agar Kamu Siap Bersaing di Dunia Kerja

    Perasaan bahagia dan lega kerap dirasakan mahasiswa yang baru saja wisuda dari perguruan tinggi. Namun, di balik semua itu, banyak mahasiswa merasa resah karena akan menghadapi dunia karier. Pasalnya, sebagian dari mereka tidak mempersiapkan diri selagi masih kuliah.

    Mengantisipasi masalah tersebut, BINUS UNIVERSITY melalui Enrichment Program membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman nyata. Tak hanya di dunia kerja, tetapi juga di bidang entrepreneurship.

    Dalam perspektif Dr. Meyliana, S.Kom., M.M., pengalaman selama Enrichment Program dapat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa serta kompetensinya. Ada enam track yang bisa dipilih, yakni Internship, Entrepreneurship, Community Development, Research, Study Abroad, dan Further Study.

    Perspektif

    Internship

    Internship merupakan Enrichment Program yang paling diminati oleh mahasiswa. Pasalnya, track ini memberikan pengalaman selayaknya bekerja di perusahaan. Dengan demikian, mahasiswa memiliki gambaran mengenai kariernya di masa depan.

    Berdasarkan penuturan Dr. Meyliana, S.Kom., M.M., cara bergabung di track Internship ada dua. Pertama, mahasiswa melaksanakan Internship di perusahaan yang telah menjadi partner BINUS UNIVERSITY. Sementara cara kedua, mahasiswa memilih sendiri perusahaannya.

    Sebelum mahasiswa magang di perusahaan tersebut, BINUS UNIVERSITYmelakukan pengecekan lokasi dan suasana kerjanya. Jika dianggap memenuhi kriteria, mahasiswa ditempatkan satu per satu sesuai bidangnya.

    Biasanya, magang dilakukan selama kurang lebih satu tahun. Mahasiswa akan melakukan pekerjaan sesuai mata kuliah yang ditempuh dengan total 32 SKS. Jika memiliki kinerja bagus, bisa jadi perusahaan merekrut kamu setelah lulus.

    Entrepreneurship

    Meski kuliah di kampus yang sama, tidak semua BINUSIAN ingin bekerja di perusahaan. Beberapa dari mereka memiliki cita-cita menjadi pebisnis hebat. Karena itulah, BINUS UNIVERSITY menghadirkan track Entrepreneurship untuk membantu mahasiswa meraih impiannya.

    Selama mengikuti track tersebut, kamu akan dibimbing business coach sesuai bidang keilmuan masing-masing. Para coach memberikan arahan seputar cara membuat perencanaan bisnis sampai strategi menjalankannya.

    Kamu juga akan belajar tentang venture capital secara detail. Namun, sebelum track dimulai, mahasiswa wajib mengikuti pre-inkubasi. Dalam proses tersebut, mahasiswa dibimbing oleh coach untuk mematangkan ide bisnisnya.

    Community Development

    Community Development merupakan track yang mengasah kepekaan sosial mahasiswa melalui program-program pengabdian masyarakat. Track tersebut didasarkan pada tiga pilar, yakni pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

    Salah satu program yang mengacu pada tiga pilar tersebut adalah BINUS Bangun Desa. Kegiatan pertama kali diselenggarakan tahun 2016. Tujuannya untuk mengembangkan potensi daerah, semisal wisata, pendidikan, serta kearifan lokal.

    Selain BINUS Bangun Desa, ada juga program Bina UKM yang fokus pada pemasaran produk dan penerapan teknologi. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, mahasiswa juga bisa mengikuti Bahasa Asing, Pelatihan Kewirausahaan, dan Microsoft Office.

    Research

    Bagi mahasiswa yang berminat di bidang penelitian, tersedia track Research. Selama kurang lebih dua tahun, mahasiswa dibimbing oleh peneliti terbaik dari dalam maupun luar negeri.

    Tak hanya melahirkan inovasi, tetapi mahasiswa juga dibimbing untuk memberikan solusi atas masalah perusahaan. Tentu saja, studi kasus yang diberikan disesuaikan dengan bidang keilmuan masing-masing peserta track Research.

    Study Abroad

    Jika ingin mendapatkan pengalaman di luar negeri, kamu bisa memilih Study Abroad. Track ini dilaksanakan sesuai perjanjian pertukaran mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengikuti studi di luar negeri secara gratis.

    Banyak manfaat yang bisa didapatkan selama mengikuti Study Abroad. Salah satunya mahasiswa bisa mempelajari budaya baru. Selain itu, mahasiswa berkesempatan memperluas jaringan global sebagai modal berkarier di masa depan.

    Further Study

    Setiap mahasiswa memiliki tujuan berbeda dalam menempuh pendidikan tinggi. Ada yang berorientasi ke pekerjaan, status sosial, hingga peningkatan sumber daya manusia. Karena itu, BINUS UNIVERSITY memberikan fasilitas track Further Study untuk melanjutkan studi ke jenjang master.

    Melalui track tersebut, mahasiswa bisa mengetahui sistem edukasi S2 di luar negeri, mulai dari proses pendaftaran, cara mendapatkan rekomendasi, dan sistem pembelajaran di sana.

    Setiap pilihan ada tujuannya; dalam perspektif Dr. Meyliana, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Global Employability &Entrepreneurship BINUS UNIVERSITY, mahasiswa harus menentukan track sesuai minat dan bidang keilmuan masing-masing.