Buat kamu yang merasa berjiwa kreatif, jangan sia-siakan potensi tersebut. Akan lebih baik kalau kamu mencari jurusan kuliah yang sesuai supaya kemampuanmu itu bisa diasah. Nah, salah satu kampus yang bisa memberikan fasilitas terbaik untuk berkembang adalah BINUS UNIVERSITY. Perguruan tinggi ternama di Indonesia ini punya jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) New Media khusus untuk calon mahasiswa yang ingin belajar desain digital, interaksi, serta media cetak. 

Tak perlu khawatir soal prospek karier. Lulusan DKV New Media punya peluang untuk terjun ke dalam 5 pekerjaan berikut ini. Cek ulasannya yuk!

  • Content Creator

Mahasiswa

Saat menjalankan sebuah bisnis, seorang pengusaha perlu memikirkan strategi pemasaran yang tepat salah satunya adalah membuat content marketing. Nah, supaya content marketing tidak melenceng dari strategi pemasaran, maka dibutuhkan seorang content creator yang ahli dalam menciptakan konten, baik berupa artikel, foto, video, atau infografik untuk diunggah di media sosial, Youtube, e-mail, maupun blog.  

Buat mahasiswa jurusan DKV New Media, inilah profesi pertama yang cocok untukmu. Untuk menjadi content creator andal, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya adalah mampu menciptakan ide-ide kreatif, punya kemampuan riset yang baik, memahami SEO, serta memiliki skill komunikasi yang apik.   

  • UI/UX Designer

Mahasiswa

Seiring menjamurnya produk digital seperti website dan aplikasi mobile, kini mulai bermunculan profesi baru yang banyak dicari oleh perusahaan, salah satunya adalah UI/UX Designer. 

Dalam pembuatan produk digital UI/UX Designer memiliki tanggung jawab untuk membuat user flow—langkah-langkah yang harus dilakukan user dalam menggunakan sebuah produk digital, merancang desain tampilan yang mencakup tipografi, warna, dan layouting dalam bentuk wireframe, dan membuat prototipe yang nantinya akan disampaikan kepada front-end developer. 

Guna menjadi UI/UX Designer yang baik kamu juga perlu memahami konsep Human Computer Interaction (HCI) serta memiliki softskill berupa problem solving dan mampu berempati terhadap user

  • Animator

Mahasiswa

Secara sederhana, animator diartikan sebagai seseorang yang bertugas membuat animasi. Lebih dari itu, seorang animator memiliki tanggung jawab merancang karakter yang ekspresif agar bisa menciptakan emosi sesuai alur ceritanya.

Di sisi lain, animator juga bertugas membuat storyboard—sketsa gambar yang disusun secara urut sesuai naskah cerita. Adapun tujuan pembuatan storyboard adalah membantu seluruh anggota tim yang terlibat untuk menangkap inti cerita.

Beberapa software penunjang yang harus dikuasai oleh seorang animator adalah Adobe Premier, Adobe After Effect, Autodesk Maya, dan Autodesk 3ds Max. Selain itu, calon animator juga perlu tahu bahwa animasi dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, yaitu animasi 2D, animasi 3D, stop motion, dan motion graphic. 

  • Fotografer

Mahasiswa

Peluang kerja bagi mahasiswa DKV New Media selanjutnya adalah fotografer. Menurut pengertian, fotografer adalah seseorang yang ahli mengabadikan momen dalam jepretan foto menggunakan kamera analog maupun digital. 

Dilihat dari ruang lingkup kerjanya, fotografer berkaitan erat dengan dunia event, seperti lamaran, pernikahan, dan wisuda. Di sisi lain seorang fotografer juga bisa bekerja di bidang periklanan serta jurnalistik untuk majalah, koran, atau portal berita online. 

  • Ilustrator

Mahasiswa

Pilihan karier terakhir yang cocok untuk mahasiswa DKV New Media adalah ilustrator. Ilustrator sendiri bertugas menginformasikan gagasan atau pesan yang ingin disampaikan menggunakan media visual. Umumnya, seorang ilustrator paling tidak memiliki keahlian dalam menggambar atau membuat ilustrasi digital. 

Beberapa bidang pekerjaan yang bisa ditekuni oleh ilustrator adalah membuat ilustrasi komik cetak maupun digital, ilustrasi forensik yang bertugas menciptakan gambar buronan hukum berdasarkan keterangan saksi/korban, ilustrasi medis, dan ilustrasi untuk storyboard. Tinggal tentukan deh, bidang ilustrator mana yang paling kamu kuasai. 

Itulah 5 karier yang cocok buat mahasiswa jurusan DKV New Media. Tertarik untuk menekuni jurusan kuliah satu ini? Cek program kuliahnya melalui situs resmi BINUS UNIVERSITY untuk mendapatkan informasi lebih jelas seputar kurikulum hingga peluang kerja yang tersedia selain 5 karier di atas.