Jakarta, 25 Februari 2021 – Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi secara global mendorong perubahan pada berbagai sistem tak terkecuali sistem pendidikan. Pendidikan dengan pembelajaran tatap muka yang sebelumnya menjadi metode utama beralih menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring.  Dengan kata lain, covid-19 telah mengubah cara belajar mengajar serta pengembangan akademik dari setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Menjawab tantangan tersebut, hari ini (25/2) NUNI (Jejaring Universitas Nusantara) berkolaborasi dengan Forum Rektor Indonesia mengadakan diskusi panel webinar dengan judul Pendidikan Tinggi di Indonesia menghadapi Pandemi: Strategi Efektivitas Pembelajaran Daring dan menghadirkan Pimpinan Perguruan Tinggi sebagai Panelis dan dihadiri oleh Pimpinan serta Dosen dari perguruan tinggi di Indonesia.

Bertindak sebagai moderator, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY yang mengulas best practice pembelajaran daring yang diterapkan oleh 4 Pimpinan perguruan tinggi yaitu Prof. Dr. Rina Indiasturi, S.E., M.SIE. selaku Rektor Universitas Padjajaran; Prof. Dwia Aries Tina Paluhulu, MA selaku Rektor Universitas Hasanuddin; Johan Eka Priyatna, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor Universitas Senata Dharma; dan Dr. Fauzan, M. Pd. Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Malang.

Diskusi ini membahas solusi dan saran strategis kepada perguruan tinggi, pemerintah, dan masyarakat terkait dengan perkembangan, regulasi dan peningkatan mutu pendidikan di Tanah Air serta bagaimana perguruan tinggi mengatasi perubahan kegiatan belajar mengajar dikarenakan pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada para panelis dan rekan-rekan atas diskusi hari ini. Kita banyak belajar dan mendapatkan banyak pemahaman serta semangat yang baru. Saya mengajak Ibu Bapak untuk fokus melahirkan generasi yang memiliki kemampuan berinovasi. Ini dapat juga dijadikan momentum bagi kita untuk bertransformasi untuk menjadi lebih baik”, pungkas Prof. Harjanto yang sekaligus menutup diskusi panel.

Jejaring Universitas Nusantara (NUNI), sebuah konsorsium yang terdiri dari 21 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang berdiri pada tahun 2011 dan memiliki visi menjadi jejaring kerjasama paling terkemuka antar universitas di Indonesia yang mendorong daya saing bangsa di arena persaingan global melalui kolaborasi akademik.

***

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi :

Gandy Pratama Jaya

Public Relations
Phone                    : 021-5345830 ext. 2224
Cell                         : 0815 19498085
Email                      : gandy.jaya@binus.edu
Website                 : binus.ac.id