Sebuah hunian harus mampu membuat para penghuninya merasa betah dan nyaman. Karena itu, suatu ruangan sebaiknya dirancang dengan sangat cermat. Ilmu khusus yang digunakan untuk mendesain interior ruangan supaya tampak serasi adalah desain interior.

Melalui sentuhan tangan seorang desainer interior, sebuah ruangan atau hunian secara keseluruhan dapat menampilkan kesan yang berbeda. Tak heran jika profesi ini cukup banyak diminati.

Asyiknya Belajar Desain Interior!

Kuliah

Memiliki keahlian untuk mendesain interior rumah tentu tidak datang begitu saja. Selain belajar secara otodidak, kamu juga dapat menempuh pendidikan formal atau kuliah di perguruan tinggi. 

Apa saja yang akan kamu pelajari jika menyandang status sebagai mahasiswa di jurusan ini?

  • Memahami Prinsip Dasar Desain Interior

Seorang desainer interior wajib memahami prinsip-prinsip dasar pada sebuah desain. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan oleh desainer dalam menata suatu ruangan. Prinsip-prinsip ini antara lain berkaitan dengan garis, bentuk, bidang, ruang, cahaya, warna, pola, dan tekstur. 

Artinya, seorang desainer interior harus mampu memadukan warna yang tepat, memilih tekstur yang sesuai, menentukan cara pencahayaan suatu ruangan, dan sebagainya. Tujuannya supaya penataan ruangan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Di BINUS UNIVERSITY, salah satu kampus swasta di Indonesia yang menawarkan jurusan Desain Interior, prinsip-prinsip tersebut juga dipadukan dengan teknologi terbaru, eco design, dan kearifan lokal. 

  • Mendesain Furnitur dan Aksesori Interior

Melalui pembelajaran di program perkuliahan jurusan Desain Interior, kamu juga dapat mengasah keterampilan mendesain aneka furnitur yang dibutuhkan di sebuah rumah. Bahkan, ada pula ilmu berharga berupa cara mendesain aksesori interior.

Baik teori maupun praktik yang dilakukan dapat menjadi modal bagi kamu saat bekerja maupun memutuskan membangun usaha furnitur yang bernilai. Peluang untuk berkecimpung di bisnis aksesori interior juga masih terbuka lebar. 

  • Mengkomunikasikan Ide dalam Bahasa Visual

Tidak semua orang dapat mengkomunikasikan ide-ide yang dimiliki agar dapat dilihat, didengar, atau dibaca orang lain. Nah, melalui sejumlah mata kuliah di jurusan ini, kamu akan dilatih untuk mewujudkan ide yang dimiliki dalam bentuk visual sehingga mudah dipahami orang lain. 

  • Membangun Usaha

Salah satu hal menarik yang tak boleh dilupakan adalah pelajaran mengenai entrepreneurship. Tiap mahasiswa yang kuliah di jurusan ini pun wajib mengikuti pembelajaran untuk berwirausaha. 

Entrepreneurship merupakan tren yang diperkirakan akan makin melonjak pada waktu-waktu mendatang. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan dunia bisnis yang makin pesat.

Nah, jika dihubungkan dengan kuliah di jurusan Desain Interior, kamu akan dibekali dengan kemampuan membangun usaha berbekal keahlian yang dipelajari.

Program Desain Interior BINUS UNIVERSITY

Kuliah

Kamu dapat memilih BINUS UNIVERSITY sebagai perguruan tinggi pilihan untuk menjadi pijakan awal menjadi desainer interior. Ada dua konsentrasi program yang disediakan dan dapat dipilih berdasarkan tujuan dan minat, yaitu Commercial & Hospitality Design dan Furniture and Interior Design Accessories

Commercial & Hospitality Desain menawarkan kemampuan untuk mendesain ruang pelayanan maupun komersial, seperti apartemen dan perumahan, toko, restoran, kantor, hotel, rumah sakit, atau sekolah. 

Furniture and Interior Design Accessories memberikan pembelajaran tentang kemampuan mendesain furnitur dan aksesori untuk hunian maupun komersial. Hal ini tak bisa dilepaskan dari nilai-nilai ergonomis, fungsional, dan estetikanya.

Untuk itu, beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari dari jurusan ini adalah Sense of Design, Interior Drawing, Art Principles, Building Component Theory and Regulation, Interior Technical Drawing, Interior Presentation Techniques, Sustainability in Design, Drafting and Detail Construction, dan Entrepreneurship: Ideation.

Jadi, setelah mengetahui asyiknya belajar di jurusan Desain Interior, apakah kamu makin tertarik? Yuk, segera tentukan pilihanmu dan nikmati masa-masa kuliah yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk masa depan.