KOMPAS.com – Lembaga pemeringkatan universitas dunia Webometrics Ranking of World Universities kembali merilis daftar universitas terbaik dunia, termasuk di Indonesia, di tahun 2021. Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol. Pada tahun ini, terdapat sekitar 31 ribu perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

Di tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali meraih peringkat tertinggi dalam daftar perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics yang dirilis pada Januari 2021. Di tingkat dunia, UGM menempati peringkat 810. Peringkat yang diperoleh UGM ini diperoleh melalui penilaian yang dilakukan webometric yang terdiri atas tiga indikator yakni impact atau visibility, openness atau transparency, serta excellence.   Berikut daftar 10 kampus swasta terbaik di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan Webometrics 2021:

  1. Bina Nusantara (Binus) University
  2. Telkom University
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  4. Universitas Gunadarma
  5. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  6. Universitas Dian Nuswantoro
  7. Universitas Narotama UNNAR Surabaya
  8. Universitas Kristen Satya Wacana
  9. Universitas Islam Indonesia
  10. Universitas Mercu Buana

Sumber : https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/31/082926071/10-perguruan-tinggi-swasta-terbaik-indonesia-2021-versi-webometrics?page=all#page2