BINUS UNIVERSITY

    Transformasi Digital Layanan Mahasiswa: Kunci Mendorong Prestasi Akademik di Era Kini

    Pencapaian akademik merupakan salah satu tolok ukur dalam dunia pendidikan tinggi di universitas. Secara nyata, pencapaian tersebut dibuktikan melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Meski IPK bukan penentu keberhasilan, minimal bisa menjadi bahan pertimbangan bagi industri dalam menyeleksi alumni perguruan tinggi.

    Mengingat pentingnya fungsi akademik, BINUS UNIVERSITY melalui Bidang Operasi Akademik dan Sumber Daya menyediakan berbagai layanan. Mengenai hal ini, Dr. Reina, S.Kom, M.M. memiliki perspektif, bahwa layanan BINUS UNIVERSITY berperan dalam pencapaian mahasiswa.

    Sosok Dr. Reina, S.Kom., M.M sebagai Wakil Rektor Bidang Operasi Akademik dan Sumber Daya pun memengaruhi keberlangsungan layanan. Mulai dari layanan Library, Online Konseling, Informasi Dua Arah, sampai dengan Alumni.

    perspektif

    Layanan Library: Fasilitas untuk Mencari Sumber Referensi

    Mahasiswa—dalam proses pembelajaran—membutuhkan sumber referensi relevan dengan perkembangan zaman dan kasus yang dihadapinya. Karena itu, Layanan Library menyediakan e-book collection, jurnal, serta penelusuran referensi.

    Penelusuran referensi dapat dilakukan dengan bantuan pustakawan. Kamu akan memperoleh berbagai literatur untuk mendukung penulis karya ilmiah maupun penelitian secara mudah. Pustakawan juga memastikan setiap literatur yang diberikan merupakan keluaran terbaru dan sesuai proyek mahasiswa.

    Untuk mencegah plagiasi karya, Layanan Library memiliki fitur pengecekan similarity. Biasanya, pengecekan dilakukan pada dokumen tesis, disertasi, paper penelitian, tugas kuliah, maupun proyek tertentu. Mahasiswa yang ingin mengecek harus mengisi formulir online melalui website BINUS UNIVERSITY.

    Selain pengecekan similarity, mahasiswa juga bisa menggunakan video tutorial untuk mengakses jurnal maupun e-book secara mandiri. Dengan video tersebut, mahasiswa lebih mudah memahami materi kurang dari satu menit.

    Layanan Online Konseling: Pendampingan oleh Konselor

    Dr. Reina, S.Kom., M.M. mengungkapkan pentingnya Layanan Online Konseling, yakni untuk mendukung mahasiswa mencapai hasil optimal dalam belajar. Namun demikian, Online Konseling dipandu oleh konselor di luar pembimbing akademik.

    Setiap mahasiswa bisa menceritakan kesulitannya kepada konselor dengan jaminan kerahasiaan. Adapun Layanan Online Konseling tersebut meliputi Tutoring, Mentoring, Career Development Advisory, dan Market Validation Channel.

    Layanan Tutoring ditujukan untuk mahasiswa yang mengalami kesulitan di mata kuliah tertentu, misalnya matematika dan programing. Jika ada kendala di mata kuliah akademik, maka mahasiswa bisa menggunakan layanan Mentoring.

    Selama Mentoring, mahasiswa dibimbing oleh para mentor dari program studi yang sama. Pendampingan berlangsung satu semester sampai mahasiswa menguasai mata kuliah tersebut.

    Sementara itu, untuk berkonsultasi seputar karier, Layanan Online Konseling menyediakan sublayanan Career Development Advisory. Dengan sublayanan tersebut, mahasiswa bisa menggali potensi dan memilih karier yang tepat.

    Karena tak selamanya lulusan BINUS UNIVERSITY meniti karier di industri, maka dihadirkan sublayanan Market Validation Channel. Pada sublayanan ini, kamu bisa berkonsultasi seputar bisnis beserta pengembangannya sesuai kemajuan zaman.

    Layanan Pendukung Enrichment Program: Bekal Mahasiswa sebelum Lulus

    Berdasarkan penuturan Dr. Reina, S.Kom., M.M., Layanan Enrichment Program wajib diikuti oleh mahasiswa di tahun ketiga. Pasalnya, program tersebut mencakup pembelajaran di luar kampus dengan tujuan meningkatkan soft skills dan nilai dalam kompetensi teknis.

    Ketika memasuki Enrichment Program, mahasiswa bisa melakukan konsultasi dalam memilih track melalui sublayanan Track Advisory. Selain itu, BINUSIAN juga akan di-support dalam proses penempatan selama Enrichment Program. Sublayanan yang tidak kalah penting adalah Student Career Assessment. Melalui sub ini, mahasiswa dipersiapkan untuk memasuki dunia industri dengan mengevaluasi hasil kerja selama Enrichment Program.

    Kemudahan Berkomunikasi Lewat Layanan Informasi Dua Arah

    Mendukung pembelajaran Multi Channel, BINUS University memastikan mahasiswa bisa berkomunikasi dua arah melalui berbagai media, mulai dari live chat, email, briefing online, hingga video conference. Khusus video conference, biasanya dilakukan untuk mendiskusikan topik-topik tertentu.

    Tak hanya untuk mahasiswa, komunikasi dua arah juga diberikan kepada orang tua melalui Portal Parents. Dalam Portal Parents terdapat dasbor yang menampilkan perkembangan mahasiswa, baik akademik, maupun nonakademik.

    Berbagai Ilmu dan Pengalaman Lewat Layanan Alumni

    Layanan BINUS UNIVERSITY diberikan mulai dari mahasiswa baru sampai menjadi alumni. Karena itu, muncul Layanan Alumni yang mencakup Alumni Engagement, Tracer Study, dan Networking & Business Coaching.

    Dalam perspektif Dr. Reina, S.Kom., M.M., Alumni Engagement bertujuan mempertemukan alumni dan mahasiswa agar bisa berbagai pengalaman. Dengan demikian, mahasiswa mendapatkan inside langsung dari seniornya mengenai gambaran karier maupun bisnis.

    Sublayanan berikutnya adalah Tracer study selama tiga tahun. Tracer Study tak hanya fokus tracking data alumni, tetapi juga meliputi info lowongan kerja dan bisnis.